Tempat Wisata

Floating Market Lembang, destinasi wisata unik dengan konsep menarik di Bandung

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 09.00-18.00 WIB, Alamat: JL.Grand Hotel No.33E, Kec. Lembang, Kab.Bandung Barat, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Pembicaraan tentang destinasi wisata di Lembang sepertinya tidak ada habisnya. Selain sebagai kebun binatang, tebing atau perbukitan, kawasan yang masih berada di Bandung ini juga memiliki lokasi lain yaitu Floating Market Lembang. Namanya berasal dari warung di sana tempat para pedagang berjualan dengan angkutan kapal. Namun tidak seperti pasar terapung Lok Baintan, di sini hanya pedagang yang menggunakan perahu. Sedangkan pembelinya masih di darat yaitu di tepi sungai.

Konsep yang dianut membawa pesona dan daya tarik tersendiri, tak heran jika sejak dibuka hingga sekarang sudah ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Padahal objek wisata yang satu ini saat itu belum luas dan hanya memiliki tempat yang terbatas. Karena antusias warga dan pengunjung yang selalu ramai, pengelola akhirnya melebarkan sayap dengan menambahkan beberapa tempat yang kini bisa dinikmati wisatawan.

Meski berada di perkotaan, lokasinya berada di dataran tinggi, jadi udaranya masih cukup dingin jika tidak memakai jaket. Areanya cukup luas sehingga memungkinkan pengunjung menjelajahi semua sudut yang tersedia. Meskipun Anda sedikit lelah, Anda masih memiliki perasaan seru yang tidak Anda dapatkan di tempat lain.

Daya Tarik Pasar Terapung Lembang

Daya tarik pasar terapung LembangSumber Gambar: Google Maps sasanka dutta

Yang menarik banyak pengunjung untuk datang tidak lain adalah daya tarik Pasar Terapung Lembang itu sendiri. Di sini kami telah mengumpulkan lebih banyak informasi!

1. Konsep yang menarik

Tentunya konsep yang dibuat menjadi daya tarik tersendiri dimana terdapat pasar terapung atau apapun sebutan objek wisata tersebut yaitu pasar terapung. Pengunjung bisa merasakan sensasi makan di pinggir danau dengan gaya pemesanan yang unik. Penjual di atas kapal dengan cepat melayani pembeli yang ada.

Tidak perlu mencari tempat duduk sendiri, karena pengunjung dapat menyantap makanan yang telah dipesan di tempat yang telah disediakan. Seperti halnya restoran, pengunjung dapat memesan terlebih dahulu dan kemudian duduk di kursi yang telah dipilih sebelumnya.

2. Cuaca dan Kondisi Lingkungan

Mungkin bukan daya tarik bagi penduduk lokal. Namun, bagi pendatang dari luar daerah terutama saat cuaca panas, lokasi pasar terapung Lembang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Lokasinya yang masih dekat dengan pegunungan dan perbukitan kecil membuat suasana sejuk dan menyegarkan.

Apalagi dengan banyaknya pepohonan di sekitar lokasi, suasana sejuk pasti tercipta. Selain itu, pemandangan alam sekitar juga tidak boleh diabaikan. Pepohonan yang rindang dan hijau seolah tak lepas dari pandangan.

3. Tempat romantis

Daya tarik pasar terapung LembangSumber gambar: Google Maps Martinus Andrew..

Tak sedikit pengunjung yang datang karena antusias dengan daya tarik tempat yang romantis, terutama bagi pasangan muda dan anak muda. Tidak salah, tempat-tempat seperti pasar terapung bisa dijadikan tempat ngobrol sambil mengisi perut kosong.

Keberadaan taman pelangi juga bisa dijadikan alasan, pasangan yang berkunjung bisa menghabiskan waktu di sana untuk berfoto. Bunga warna warni yang indah juga bisa membuat suasana semakin romantis.

4. Banyak tempat unik

Selain pasar terapung yang unik, masih banyak tempat lain yang tak kalah unik dan menarik. Diantaranya adalah Lembang Mini Town, Rabbit Park, Miniatur Kereta dan Kampung Kandang. Tak kalah unik dengan persewaan kostum ala Jepang dan Korea. Pengunjung dapat menggunakannya untuk foto yang dapat diunggah ke akun media sosial mereka.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pasar TerapungKredit foto: Instagram light world

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung, menemukan lokasi pasar terapung Lembang tidaklah sulit karena masih berada di kawasan perkotaan. Pertama tuliskan alamat Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Selanjutnya, Anda bisa mengambil jalur alternatif dengan mengarahkan kendaraan ke Kota Lembang. Setelah itu, kembali ke Bandung melewati Masjid Raya Lembang dan berakhir di pasar. Kemudian lurus saja sampai ada pertigaan menuju Bandung, Anda bisa melihat petunjuk arah selanjutnya. Lokasinya dekat pertigaan, jadi pastinya tidak sulit untuk menemukannya.

Biaya masuk objek wisata

Tiket masuk pasar terapung LembangKredit foto: Google Maps Travel oleh Nina

Setelah sampai di tempat wisata, Anda bisa langsung menuju loket untuk membeli tiket masuk. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, satu orang biayanya hanya 20.000 rupiah untuk hari biasa. Sedangkan hari libur bisa sampai 25.000 rupiah.

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir sebesar 5.000 rupiah untuk sepeda motor dan 10.000 rupiah untuk mobil. Ada berbagai jenis arena permainan atau wahana di dalam situs, yang juga harus dibayar secara terpisah, yang berarti belum termasuk biaya masuk.

Aktivitas Menarik di Floating Market Lembang

Aktivitas Menarik Floating Market LembangKredit foto: Google Maps Mochammad Nurul Huda

Dengan atraksi di atas, ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Mulai dari permainan anak-anak, bersantai di tepi danau dan juga atraksi di sekitarnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca ulasan berikut ini dengan seksama!

1. Nikmati suasana dan kuliner di pasar terapung

Saat Anda berada di Floating Market, Anda tidak perlu membeli makanan atau minuman apapun. Tidak apa-apa untuk sekedar duduk-duduk menikmati suasana, atau bisa juga dijadikan sebagai spot foto. Konsep yang dibangun cocok untuk setiap kegiatan. Dengan perpaduan wisata kuliner dan pemandangan danau, dijamin suasana asri yang menggoda.

Ada satu hal menarik yang tidak ditemukan di tempat lain dalam hal wisata kuliner, yaitu sistem belanja. Anda harus membeli koin terlebih dahulu untuk top up. Nanti kamu dapat kartu saat membelinya, sama seperti kartu debit.

2. Gaya Jepang dan Korea

Hal-hal yang berbau Jepang dan Korea tidak pernah mati. Kecerdasan manajer memanfaatkan kesempatan yang satu ini untuk menjadi kantor pusat. Anda dapat menyewa kostum ala Jepang atau ala Korea di lokasi yang telah ditentukan. Banyak pengunjung yang membidik spot ini, terutama kaum muda dan wanita. Jadi harus antri, karena jumlah kostumnya jauh di bawah jumlah pengunjung.

Jika Anda juga tertarik dengan keunikan spesimen ini, siapkan 75.000 rupiah sebagai mahar sewa. Dengan jumlah ini Anda akan menerima satu set kostum termasuk sepatu dan aksesoris.

3. Mengelilingi danau dengan perahu

Tidak hanya berupa perahu yang dengannya Anda dapat mengelilingi danau, tetapi juga kano, perahu kayuh dan perahu kano. Anda bisa melihat lokasi pasar terapung Lembang dari sudut yang berbeda. Selain jalan-jalan, Anda dan keluarga bisa menikmati pemandangan air berupa ribuan ikan yang hidup di dalamnya. Kadang-kadang Anda juga bisa memberinya makan, jadi bawalah makanan ikan atau roti juga.

Untuk rincian harga sewa transportasi air dapat dikatakan cukup baik. Kano yang bisa digunakan untuk dua orang dikenakan biaya 50.000 rupiah. Sedangkan kano seharga 70.000 rupiah, bisa menampung empat orang. Ada juga sepeda air yang biaya sewanya 50.000 rupiah dan bisa digunakan oleh dua orang. Semuanya berdurasi 30 menit jadi pastikan Anda tidak membuang waktu.

4. Bermain dengan kelinci di taman kelinci

Tidak hanya sesuatu yang berhubungan dengan alam, tetapi ada juga yang berhubungan dengan hewan. Anda dan keluarga bisa mengunjungi taman kelinci yang akan membuat anak-anak senang dengan mamalia lucu ini.

Ada jalur yang telah ditentukan, setiap jalur yang dilalui akan menemukan beberapa kelinci di dalam kandang dan beberapa di luar kandang. Hal ini memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi langsung dengan mereka.

Untuk bisa masuk ke area tersebut, siapkan uang tunai 20.000 rupiah untuk satu orang. Tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan melihat keceriaan si kecil saat jalan-jalan di Tama Rabbit.

5. Naik becak dan mobil mini

Aktivitas Menarik di Floating Market LembangKredit foto: Google Maps Andy Denmark

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan anak-anak di tempat wisata Pasar Terapung Lembang adalah mengendarai becak mini. Tidak hanya becak, tetapi juga mobil mini yang bisa Anda kendarai. Satwa buruan jenis ini memiliki jalur tersendiri yang bisa dijadikan sebagai sarana transportasi di sekitar tempat wisata alam ini. Cukup sumbangkan 20.000 uang tunai untuk melihat betapa bahagianya anak Anda dengan mainan baru mereka.

6. Jelajahi kota mini

Kota mini dengan konsep Eropa melengkapi aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan, terutama untuk anak-anak. Dengan harga 25.000, Anda dan keluarga dapat menjelajahi kota dalam waktu singkat. Waktu yang dibutuhkan memang singkat karena hanya berupa kota mini, tidak sebesar kota pada umumnya.

7. Aktivitas foto

Baik foto maupun video, dua aktivitas ini tidak boleh dilupakan saat berlibur. Apalagi tempat wisata yang mengusung konsep modern yang unik ini menawarkan banyak tempat yang bisa digunakan untuk kegiatan tersebut. Misalnya Taman Pelangi dimana Anda dapat mengaturnya sebagai latar belakang yang indah penuh dengan bunga berwarna-warni.

Permainan kostum dalam gaya Jepang dan Korea yang dibahas di atas juga cocok sebagai media fotografi. Pemandangan indah di luar studio tidak kalah menarik dari Rainbow Garden. Pemandangan yang dimaksud mengusung konsep negeri sakura, di mana banyak pohon bambu menghiasi kolam kecil di dekatnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pasar Terapung LembangKredit foto: Google Maps Septia Kholimatussadiah

Lokasinya cukup luas sehingga memungkinkan untuk melakukan fasilitas yang lengkap. Untuk fasilitas wajib yang bisa Anda dapatkan yaitu mushola, toilet dan tempat parkir. Selain ketiga fasilitas tersebut, keberadaan Joglo dan Saung di beberapa tempat dapat dijadikan sebagai tempat beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Kedua ukuran tersebut berbeda, sehingga kapasitasnya juga berbeda. Saung hanya dapat digunakan oleh 4 sampai 5 orang sedangkan Joglo memiliki kapasitas lebih karena juga lebih besar.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas factory outlet untuk membawa pulang oleh-oleh, baik berupa snack maupun aksesoris. Ada juga susu Lembang dengan rasa yang enak. Anda bisa mengunjungi gerai ini kapan saja karena buka setiap hari selama tempat wisata tersebut tidak tutup.

Pastikan untuk menyempatkan diri mengunjungi Pasar Terapung Lembang, terutama saat Anda berada di Lembang, Bandung. Di mana lagi kalau bukan di sana, banyak hal seru yang bisa dilakukan dengan lokasi unik dan kreatif yang memadukan keindahan alam dengan konsep bangunan modern. Sedikit tips tambahan, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan dan keselamatan Anda agar perjalanan Anda tidak terganggu.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button