Tempat Wisata

Flory Village, destinasi wisata alam dan institusi pendidikan populer di Sleman

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Plaosan, Desa Tridadi, Kec. Schleman, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Tentunya dengan adanya Kampung Flory Sleman ini tidak hanya akan membuat banyak wisatawan senang karena memiliki destinasi liburan baru, tetapi juga akan membuat masyarakat sekitar senang karena bertujuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Tempat wisata ini terbukti sangat populer dan digemari terutama di daerah Sleman sendiri, banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke desa ini. Ada banyak keseruan yang bisa kamu temukan saat berada di tempat ini.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin berkunjung ke tempat tersebut, perlu membaca ulasan di bawah ini. Karena di bawah ini atraksi yang ditawarkan Kampung Flory, fasilitas yang tersedia, rute, harga tiket dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat ini dijelaskan lebih detail.

Atraksi Kampung Flory

Daya Tarik Desa Flory SlemanSumber Gambar: Google Maps Nabhan Hidayat

1. Panorama desa perkebunan

Daya tarik pertama Kampung Flory adalah indahnya panorama desa perkebunan. Tentunya Anda sudah tahu tentang desa wisata yang sangat populer di Indonesia. Ada berbagai jenis konsep kreatif dan unik.

Sebagian besar desa wisata di Indonesia mengusung tema pendidikan, yang juga menghibur wisatawan. Seperti salah satunya yaitu kampung kerdil di Purbalingga.

Meski demikian, tak jarang tempat wisata mengusung konsep wisata desa modern dengan bertaruh pada spot-spot foto menarik, misalnya Kampung Selfie di Medan atau Kampung 3D di Kota Blitar. Agar tidak ketinggalan dengan kota-kota lain, kota Sleman juga telah membuat desa wisata sendiri.

Desa wisata yang dipromosikan oleh kota mengandalkan sektor pertanian, perkebunan dan perikanan dan dikenal sebagai Kampung Flory. Jika anda mengunjungi tempat ini nantinya anda akan menemukan pemandangan perkebunan yang begitu indah.

Ada banyak buah dan tanaman hias tergeletak di tempat ini. Tempat ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan membuat Anda merasa segar segera melihat tanaman hijau yang menyegarkan.

2. Wisata Edukasi

Kampung Flory juga merupakan tempat wisata edukasi yang sangat cocok untuk Anda berlibur sekaligus menambah wawasan. Awalnya kampung ini diresmikan pada tahun 2002 oleh seorang warga yang kemudian mendirikan CV bernama Mitra Tani. Perusahaan memasok bibit tanaman berkualitas tinggi dengan sistem kloning.

Kemudian perusahaan Mitra Tani secara bertahap memunculkan ide untuk membuat desa wisata. Di sini, sebagian besar penduduk setempat sibuk menabur buah dan tanaman hias berkualitas tinggi.

Setelah beberapa lama, ide untuk melakukan wisata desa dan menyebutnya Wisata Kampung Flory akhirnya muncul. Oleh karena itu, destinasi wisata ini memiliki daya tarik agrowisata yang sangat kaya. Di tempat ini nantinya Anda tidak hanya bisa berlibur, tetapi juga menambah pengetahuan tentang jenis tumbuhan dan buah-buahan yang mulia.

Daya Tarik Desa Flory SlemanKredit foto: Instagram Teguh Suprayogi

3. Ada tiga zona minat

Tempat populer di Kabupaten Sleman ini memiliki tiga zona yang menarik untuk dikunjungi. Menempati lahan yang memiliki luas hingga 4 hektar yang terbagi dalam tiga zona berbeda. Zona pertama disebut Kadet Tani.

Beragam tanaman hias yang cantik dan menarik, wisata kuliner dan tanaman buah berkualitas ditawarkan. Zona kedua Desa Flory bernama Dewi Flory. Di zona kedua ini Anda bisa menemukan penginapan pagi bagi wisatawan yang ingin bermalam.

Homestay zona kedua ini memang cukup terjangkau bagi Anda yang ingin bermalam. Zona terakhir yang dimiliki tempat wisata yang satu ini disebut dengan Zona Agro-Buah. Bagi Anda yang menyukai buah dan ingin memetik langsung dari pohonnya, Anda bisa mengunjungi agrozone buah.

4. Masakan murah

Saat berkunjung ke Flory Village, Anda tidak perlu khawatir kelaparan dan tidak perlu membawa bekal makan siang. Karena memang banyak terdapat warung makan yang menjajakan aneka makanan untuk wisatawan yang lapar.

Anda bisa menemukan minuman dan makanan tradisional di warung-warung ini. Ada banyak menu yang bisa dipilih. Misalnya ikan segar, lele, wader, udang dan sebagainya. Untuk harga makanannya, Anda tidak perlu khawatir karena harganya yang sangat terjangkau.

Wisata kuliner memiliki keunggulan tersendiri di sini. Nantinya, nikmati hidangan tradisional yang menghadap ke kolam ikan air jernih. Ada juga terapi ikan bagi pengunjung yang ingin bersantai dengan merendam kaki dan dikelilingi oleh sejumlah besar ikan hias kecil.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kampung Flory SlemanKredit foto: Google Maps Iwan Haniyoto

Desa Flory terletak di Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat tersebut sebaiknya datang pada jam 9 pagi. Dan waktu penutupan tour ini adalah pada jam 10 malam.

Tempat ini berjarak sekitar 6 km dari Tugu Jogja Kembali. Jika Anda berkendara dari tugu menuju kawasan wisata, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Rute menuju tempat ini sangat terjangkau, sehingga Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Bagi Anda yang masih belum yakin di mana tepatnya Desa Flory Sleman ini berada, Anda bisa menggunakan Google Maps. Hal ini akan memudahkan Anda nantinya untuk menemukan lokasi tempat wisata yang satu itu.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Desa Flory SlemanSumber gambar: Google Maps Cornelius Sugito

Jika tempat wisata lain mengenakan tiket masuk, destinasi populer di Yogyakarta tidak. Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun di sini. Nantinya Anda hanya perlu membayar biaya parkir.

Bagi Anda yang ingin menginap dan merasakan keseruan tempat ini, Anda akan dikenakan biaya menginap semalam di Kampung Flory Sleman.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Flory Village

Kegiatan Desa Flory SlemanSumber gambar: Google Maps AFIF

1. Keluar

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan setelah Anda mengunjungi Kampung Flory. Salah satunya adalah Anda bisa melakukan transaksi keluar di tempat ini. Fasilitas penunjang yang dimiliki tempat wisata ini berupa wahana keluar.

Lokasi kelincahan tersedia untuk digunakan bagi siapa saja yang ingin melakukan kegiatan outbond. Baik untuk instansi yang sedang berlibur atau untuk rombongan atau komunitas.

2. Nikmati kelezatan kuliner

Seperti disebutkan di atas, tempat ini memiliki banyak warung makan yang menjual berbagai menu tradisional. Bagi Anda yang sangat menyukai makanan tradisional, berkunjung ke Kampung Flory sangat tepat.

Di sana Anda akan menemukan berbagai menu lezat. Dan menariknya, harga menunya sangat terjangkau. Sangat menarik untuk menikmati pemandangan indah sambil menyantap masakan khas Yogyakarta.

3. Pilih buah segar

Aktivitas seru di Desa Flory SlemanKredit foto: scada server Google Maps

Kegiatan ini sangat mungkin dilakukan jika Anda mengunjungi agrozone buah. Di zona ini Anda bisa menikmati buah segar dan memetiknya langsung dari pohonnya. Mendapatkan buah segar langsung dari pohonnya tentu bukan hal yang mudah. Apalagi bagi Anda yang tinggal di perkotaan.

Karena seperti yang kita ketahui, buah-buahan di supermarket tentu tidak terlalu segar. Tentu berbeda dengan Kampung Flory. Karena di sini Anda bisa memetik buah langsung dari pohonnya.

4. Berburu foto

Tentu saja, liburan tidak terasa lengkap jika tidak mencari foto. Berada di kawasan wisata yang asri dengan pemandangan yang indah tentunya akan sangat membantu bagi anda yang ingin mencari foto. Ada banyak tempat menarik dan alami yang bisa Anda gunakan sebagai background.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kampung Flory SlemanKredit foto: Instagram Teguh Suprayogi

Seperti di tempat lain, Kampung Flory juga memiliki banyak fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut memang sengaja disediakan untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Beberapa fasilitas telah disebutkan di atas. Misalnya warung makan, jalan-jalan ke luar negeri dan homestay bagi wisatawan yang ingin menginap. Selain itu, ada juga fasilitas penunjang yang bisa Anda gunakan saat berkunjung ke sana.

Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir mobil yang luas dan aman, mushola bagi umat Islam yang hendak melaksanakan salat, kolam terapi ikan dan toilet umum.

Itulah ulasan lengkap Flory Village di Sleman yang perlu Anda ketahui. Saat berkunjung ke Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri berlibur ke desa. Di sini Anda akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru tentang perkebunan dan perikanan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button