Berita Wisata

Fokus pengembangan ekonomi kreatif di kota Jayapura

JAYAPURA – Untuk meningkatkan PAD Kota Jayapura yang merupakan kota jasa dan perdagangan, Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura fokus mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Jayapura.

Pengembangan ekonomi kreatif ini diawali dengan peningkatan pelayanan, dengan menggunakan sarana dan prasarana yang ada di Kota Jayapura.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Mathias B. Mano mengatakan, posisi Kota Jayapura saat ini masih sangat menguntungkan mengingat kondisi daerah otonom baru saat ini.

“Kota Jayapura adalah kota utama di Papua, Kota Jayapura adalah kota transit artinya semua kabupaten/kota di Papua, Dataran Tinggi Papua, Papua Tengah dan Papua Selatan pasti melewati Kota Jayapura, dan semua sarana dan prasarana juga lengkap di Kota Jayapura ,” ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Kamis (26/1) kemarin.

Apalagi kota Jayapura sendiri merupakan kota jasa dan perdagangan, sehingga potensi wisata kota Jayapura cukup besar dan layak untuk dikembangkan.

Khusus di Papua sendiri, setiap daerah memiliki potensi alam yang merata dan memiliki keunikan tersendiri, namun di kota Jayapura selain pengembangan destinasi wisata alam, jalan, dll.

“Saat ini kami sedang mengembangkan ekonomi kreatif, karena kami tidak memiliki potensi lain seperti emas, tembaga, dll, untuk itu kami sedang mempersiapkan diri dengan mengelola layanan komersial, menggunakan fasilitas dan infrastruktur yang ada”, lagi Beber Mathias .

Menurutnya, pengembangan ekonomi kreatif yang berkembang diawali dengan kerajinan kuliner yang ditelaah dan dihidupkan kembali di kota Jayapura untuk mendukung pengembangan pariwisata dengan memperkenalkan kuliner, budaya dan kerajinan kota Jayapura itu sendiri. (ana/gin)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button