Berita Wisata

Fort Rotterdam, bangunan landmark bersejarah di pantai barat…

LANGIT7.ID, Jakarta – Fort Rotterdam adalah bangunan landmark bersejarah yang terletak di pesisir barat Makassar, Sulawesi Selatan.

Fort Rotterdam adalah benteng yang berasal dari Kerajaan Gowa abad ke-16 melalui penjajahan Belanda. Kemegahan benteng ini kerap memikat hati para wisatawan. Benteng ini dibangun pada tahun 1545 pada masa Imanrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung, atau Karaeng Tunipalangga Ulaweng, raja Gowa Kesepuhan.

Konon pada awalnya bangunan benteng ini terbuat dari campuran batu dan tanah liat yang dibakar, serta berbentuk persegi khas gaya arsitektur Portugis. Belakangan benteng tersebut juga diperbesar dan mengambil bentuk baru menyerupai kura-kura, sehingga benteng tersebut diberi nama baru yaitu Benteng Pannyua.

Baca Juga: Gua Mesas, Destinasi Wisata Alam yang Istimewa di Desa Muara Satu

Tak hanya unik, benteng ini juga mengandung makna yang dalam karena menyerupai penyu yang hidup di darat dan di laut, sehingga juga dimaknai sebagai kejayaan Kerajaan Gowa yang tersebar merata di darat dan di laut. memang kekuatan yang diakui dan dihormati di seluruh lautan Indonesia.

Kemuliaan ini pun diakui sampai ke Selat Malaka. Gubernur Jenderal Speelman kemudian membangun kembali benteng yang telah hancur. Tak hanya menerapkan gaya khas Belanda pada strukturnya, Speelman menambahkan bastion lagi di sisi barat.

Benteng tersebut kemudian berganti nama menjadi kampung halaman Speelman, Rotterdam. Benteng berubah menjadi pusat penimbunan rempah-rempah, dan Gudang penting. Hal ini akhirnya menyebabkan Makassar menjadi pusat pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia bagian timur.

Saat ini Fort Rotterdam menjadi salah satu icon tujuan wisata bersejarah di Makassar, jika anda sedang berkunjung ke daerah makassar cobalah untuk mengunjungi benteng ini. Bangunan cantik dan kokoh ini bisa menjadi spot foto yang menarik untuk diabadikan.

Baca Juga: Melihat Keindahan Pulau Maitara dengan Tempat Wisata Ikonik

Jika Sahabat Surga7 ingin mengunjungi Fort Rotterdam, Sahabat Surga7 tidak akan kesulitan. Memang landmark ini berada tepat di jantung Kota Makassar, yakni di Jalan Ujung Pandang, Kecamatan Bula Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Sahabat Langit7 bisa naik angkutan umum yang tersedia di sekitar area, atau bisa juga naik taksi menuju benteng. Jika Anda berada di kawasan wisata Pantai Losari, Anda juga bisa berjalan-jalan menyusuri boulevard dan menikmati keindahannya sebelum tiba di Fort Rotterdam.

(lembut)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button