Tempat Wisata

Full Sightseeing Alun-Alun Purwakarta di Pusat Kota Desember 2022

Harga Tiket Masuk Alun-alun Purwakarta: Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat : Purwamekar, Nagri Tengah, Purwakarta, Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia, 41114.

Alun-alun Purwakarta merupakan fasilitas umum sekaligus objek wisata di Purwakarta. Tempat ini merupakan salah satu tujuan rekreasi yang paling diminati oleh masyarakat atau wisatawan. Kawasan ini selalu ramai dengan berbagai kegiatan dan acara rekreasi. Wisatawan bisa bersantai di taman untuk melihat berbagai jenis boneka yang ada di sini.

tiket masuk

Alun-alun Purwakarta dapat diakses oleh semua orang tanpa membayar tiket masuk. Sebagai fasilitas umum sekaligus objek wisata, tempat ini tidak memberlakukan tiket masuk. Hal ini menjadikan tempat tersebut sangat cocok sebagai tujuan wisata murah.






Biaya masuk
tiket masuk Gratis

Baca Juga: 12 Destinasi Wisata Terbaik di Purwakarta

jam buka

Alun-alun Purwakarta terbuka untuk umum 24 jam sehari, setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi atau sore hari untuk menghindari panas terik. Kawasan ini biasanya ramai dikunjungi pada akhir pekan dan hari libur nasional.






jam operasi
Setiap hari 24 jam

Alun-alun Purwakarta

Ikon persegiAir mancur yang terkenal dan salah satu daya tarik Alun-alun Purwakarta – Foto: Gmap/Listhiaa Yashinta

Alun-alun Purwakarta merupakan fasilitas umum yang menjadi salah satu ikon kota Purwakarta. Hotel ini terletak tepat di pusat kota dan bersebelahan dengan Taman Air Mancur Sri Baduga yang terkenal. Seperti kebanyakan tempat, tempat ini berada di area yang sama dengan beberapa kantor pemerintahan. Diantaranya Kantor Bupati dan Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta.

Baca: Taman Air Mancur SRI BADUGA 6 Kegiatan Unggulan

Bentuk alun-alun saat ini merupakan hasil revitalisasi. Dilihat dari kejauhan, suasananya kini lebih mirip taman. Fasilitas publik ini memang dirancang sebagai tempat pertemuan yang nyaman bagi masyarakat. Selain itu, tempat ini juga berfungsi sebagai tempat rekreasi sederhana.

Ruang hijau

Tanaman hias hiasBeragam jenis tanaman hias menambah keindahan dan kenyamanan di sekitar lapangan – Foto: Gmap/Hidayatull Musbarr

Di Indonesia, keberadaan alun-alun kota merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan kota. Seperti itulah tempatnya di Purwakarta. Tempat ini menjadi pusat berbagai aktivitas dan keramaian. Kumpul-kumpul santai dan acara besar berlangsung di sini.

Alun-alun ini sering menjadi tujuan kegiatan rekreasi sederhana. Tanpa harus mengeluarkan banyak uang, pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan nyaman. Bermain di sekitar air mancur, jogging atau sekedar berfoto.

Kelompok usia yang berbeda akan menemukan aktivitas mereka sendiri di sini. Berbagai fasilitas pendukung dan tempat rekreasi tersedia. Alun-alun adalah ruang di mana setiap orang dapat dengan bebas melakukan aktivitasnya.

Taman di alun-alun

Taman Maya datarPendopo di Taman Maya Datar – Foto: Gmap/Satria Bagus Purnama

Alun-alun Purwakarta dihiasi dengan rangkaian taman yang indah. Diantaranya Taman Maya Datar dan Taman Pancawarna. Keduanya berada di bagian selatan alun-alun.

Pendirian taman-taman ini bertujuan untuk menciptakan ruang yang ramah publik di dalam kantor-kantor pemerintah. Ruang kantor yang kaku tidak hanya terbatas untuk karyawan saat ini. Masyarakat umum dapat dengan nyaman menikmati kawasan alun-alun ini berkat keberadaan taman-taman tersebut. Apalagi taman-taman tersebut juga menjadi magnet tambahan bagi wisatawan di Purwakarta.

Taman-taman ini menawarkan suasana teduh dari berbagai tanaman hias. Aneka pohon palem, perdu dan tanaman hias mempercantik sekaligus menyejukkan. Deretan bangku-bangku mengundang Anda untuk beristirahat dan bersantai. Jalannya lebar dan nyaman untuk jogging atau bersepeda.

wisata religi

Masjid PurwakartaNama Baing Yusuf yang berperan menyebarkan Islam di Purwakarta diabadikan sebagai nama masjid agung seberang Alun-alun Purwakarta – Foto: Gmap/Alif Fairuz

Sebuah bangunan megah berdiri di sisi barat. Bangunan ini tak lain adalah Masjid Raya Baing Yusuf. Masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai fasilitas umum tetapi juga menjadi tujuan populer untuk wisata religi.

Pembangunan masjid ini merupakan salah satu penanda sejarah penyebaran agama Islam di Purwakarta. Didirikan pada tahun 1926, masjid ini dinamai sesuai karakter. Dia adalah Syekh Baing Yusuf yang membantu menyebarkan Islam di kota tersebut. Makamnya berada di samping masjid dan selalu ramai dikunjungi peziarah.

Meski sudah beberapa kali direnovasi, namun ciri khas bangunannya masih terlihat jelas. Di bagian dalam terdapat empat pilar besar sebagai penyangga. Bagian lain yang tersisa adalah dua menara berkubah yang mengapit bangunan utama. Umat ​​Islam bisa beribadah di sini sambil menelusuri sejarah Islam.

galeri boneka

Salah satu sudut Galeri WayangMelihat kesenian wayang di Galeri Wayang yang tidak jauh dari alun-alun – Foto: Gmap/Ramdhani F

Tempat lain yang tidak boleh dilewatkan di alun-alun adalah Galeri Wayang. Galeri ini merupakan tempat di mana terdapat berbagai jenis wayang. Koleksi yang dihadirkan berasal dari berbagai daerah. Pengunjung dapat melihat wayang Betawi, wayang golek, wayang kulit dan wayang ilalang.

Selain melihat koleksi boneka, pengunjung juga bisa mendapatkan informasi detail tentang wayang. Masyarakat dapat mengetahui sejarah dan ciri-ciri wayang. Galeri hanya tutup pada hari Senin. Jam berkunjung dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore.

Wisata kuliner

Sate Maranggi khas PurwakartaKuliner khas Purwakarta Sate Maranggi mudah ditemukan di sekitar alun-alun – Foto: Gmap/Rizka Rizlia

Wisata kuliner juga bisa dinikmati di sekitar alun-alun. Pusat keramaian seperti alun-alun memang menjadi lokasi strategis untuk bisnis. Termasuk bisnis resto kuliner dan juga oleh-oleh khas Purwakarta.

Tidak jauh dari alun-alun, wisatawan akan menemukan banyak restoran. Tentunya yang wajib dicoba adalah sate Maranggi, kuliner andalan kota ini. Jangan lupa juga untuk membeli makanan ringan sebagai oleh-oleh. Semua kuliner lezat ini bisa ditemukan di sekitar alun-alun.

Fasilitas di Alun-alun Purwakarta

Fasilitas di Alun-alun Purwakarta adalah toilet, tempat parkir, bangku dan pendopo. Tempat ibadah umat Islam terletak di Masjid Raya Baing Yusuf. Kios, warung makan kecil, restoran, dan toko suvenir bertebaran di sekitar alun-alun.

Lokasi Alun-alun Purwakarta

Alun-alun Purwakarta terletak di Desa Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Pengunjung dapat mengakses dari Jalan Bapak DR.Kusumahatmaja, Jalan Rusa I atau Jalan Ganda Negara. Lokasi dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum karena berada di pusat kota.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button