Tempat Wisata

Gardu Pandang Kaliurang Pandang, Spot foto keren dengan pesona alam eksotis di Sleman

harga tiket: Rp 25.000 Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Jogja sebagai daerah istimewa memiliki banyak tempat wisata alam yang cocok sebagai tempat berlibur. Salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah Gardu Pandang Kaliurang di Sleman, mungkin anda sudah pernah mendengarnya. Bisa jadi sebagian dari Anda pernah berkunjung dan menikmati semua tempat wisata tersebut.

Sesuai dengan namanya, wisata hits di Jogja ini tidak lepas dari view point dimana Anda bisa melihat aktivitas Gunung Merapi. Namun bukan hanya itu alasan pengunjung datang, ada atraksi lain yang dimiliki. Letaknya yang berada di lereng gunung membuat suasana sejuk, asri dan memiliki pemandangan alam yang sangat asri.

Memang di lereng Merapi terdapat beberapa tempat wisata yang masing-masing memiliki pesona dan kekhasan tersendiri. Jika ingin melihat bentuk dan garis besar Merapi yang khas, maka menara pengintai adalah pilihan yang tepat. Selain itu, ada juga wahana permainan anak-anak sehingga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Daya tarik Gardu Pandang Kaliurang

Atraksi Gardu Pandang KaliurangKredit foto: Google Maps Imam Malik

Gardu Induk Kaliurang Pandang memiliki berbagai objek wisata yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Sebelumnya tempat ini tidak begitu terkenal karena tawarannya kurang menarik. Namun, sejak Festival of Light (FOL), wisata menawan ini semakin populer karena atraksinya yang beragam.

1. Pemandangan alam yang indah

Daya tarik utama dari wisata sukses ini tentu saja pemandangan alam yang indah. Letaknya yang berada di lereng gunung menambah keindahan alam yang dihadirkannya. Dalam perjalanan menuju tempat wisata, Anda juga akan melihat panorama hijau semak belukar yang tumbuh subur sebagai hiasan.

Terdapat tanaman hias di beberapa tempat, meski tidak banyak, namun kehadirannya semakin menambah panorama alam Gardu Induk Kaliurang Pandang. Ada kehijauan sejauh mata memandang, tidak hanya dari semak belukar, tetapi juga dari rerumputan dan semak belukar. Area pertanian yang digunakan warga juga menghadirkan nuansa hijau yang menyegarkan.

Gugusan perbukitan juga mempercantik suasana, berkunjung ke tempat ini dijamin tidak akan membosankan. Belum lagi view Gunung Merapi yang menjadi view utama. Jaraknya yang tidak terlalu jauh membuat gunung ini terlihat begitu besar, konturnya sangat jelas.

2. Sudut pandang

Daya tarik gardu induk Kaliurang Pandang tidak lepas dari namanya sendiri. Ada empat gardu pandang di sini yang fungsi utamanya adalah mengamati aktivitas Gunung Merapi. Namun karena digunakan sebagai tempat wisata, wisatawan juga memanfaatkannya untuk melihat pemandangan alam yang menakjubkan di sekitarnya.

Ketinggian gardu pandang ini bervariasi, namun semuanya mencapai puluhan meter dengan arah pandang yang hampir sama. Semuanya menunjuk pada kemegahan Gunung Merapi serta pemandangan alam di sekitarnya. Karena berfungsi untuk mengamati apa yang terjadi di gunung, setiap titik pandang dilengkapi dengan teropong.

Pengunjung dapat menggunakan teropong ini untuk mengamati aktivitas gunung dan menikmati pemandangan sekitar. Dengan teropong Anda bisa melihat Gunung Merapi lebih dekat dan semua konturnya sangat jelas. Sebut saja Kubah, yang merupakan tempat pertama keluarnya lahar pijar dari perut gunung.

3. Taman Lampion Kaliurang

Meski tidak diadakan setiap hari, Taman Lentera bisa dianggap sebagai salah satu daya tarik Gardu Pandang Kaliurang. Seperti yang disebutkan, tempat ini tidak terlalu populer sebelum festival. Dilaksanakan dua kali dalam setahun, yaitu pada akhir tahun dan pada hari libur nasional.

Seperti namanya, Lantern Park menampilkan banyak karya seni yang terbuat dari lampion. Banyak cetakan yang dibuat, semuanya unik dan membuat setiap pengunjung ingin mengabadikan momen tersebut. Misalnya bunga raksasa yang dihiasi daun dan batang yang terbuat dari gugusan lampu yang indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gardu Pandang KaliurangSumber gambar: Google Maps Sinung Baskoro

Gardu Pandang Kaliurang terletak di lereng Gunung Merapi, namun masih mudah dijangkau karena letaknya yang strategis. Ada banyak atraksi di dekatnya, jadi menemukannya tidaklah sulit. Alamat lengkapnya Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Jarak tempuh dari pusat Kota Jogja cukup jauh yaitu sekitar 40 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam 15 menit. Sedangkan dari Alun-alun Sleman hanya membutuhkan waktu 40 menit untuk menempuh jarak 20 kilometer. Dari mana pun Anda berasal, silakan gunakan Jalan Boyong sebagai patokan utama.

Lanjutkan perjalanan ke Jalan Astorenggo, Anda akan menemukan banyak tempat wisata selama perjalanan ini. Sebut saja Kebun Binatang Interaktif Suraloka, Taman Merapi, Museum Ullen Sentalu dan masih banyak lagi lainnya. Ikuti jalan utama, ada petunjuk arah sampai tiba di lokasi.

Biaya masuk wisata alam

Untuk menikmati semua keindahan yang dimiliki oleh Gardu Pandang Kaliurang ini, Anda perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu. Tidak terlalu mahal, bahkan bisa dibilang sangat murah. Untuk wisata indah di Sleman ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah per orang.

Sebenarnya ada biaya tambahan lain yang perlu dibayarkan saat tiba dengan kendaraan pribadi. Tarif parkir yang disebutkan adalah 5.000 untuk mobil dan 2.000 untuk yang membawa sepeda motor. Harga di atas adalah untuk hari kerja, kecuali saat Festival of Light berlangsung setiap dua tahun.

Jika tidak berubah, harga tiket masuk Gardu Pandang Kaliurang Pandang saat festival berlangsung adalah Rp 25.000 pada hari aktif dan Rp 30.000 jika datang pada hari libur. Wisata alam ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Namun akan lebih baik jika anda datang pada pagi hari karena suasananya lebih alami dan pepohonan masih terlihat hijau segar.

Aktivitas menarik di Gardu Pandang Kaliurang

Aktivitas menarik di Gardu Pandang KaliurangKredit foto: Google Maps Ronald Gerry

Tidak dapat disangkal bahwa mengunjungi sebuah wisata lebih menarik ketika ada banyak hal yang harus dilakukan. Meski kali ini bukan wisata menunggang kuda, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, berikut beberapa contohnya!

1. Pengamatan Gunung Merapi

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan di Gardu Pandang Kaliurang adalah mengamati Gunung Merapi. Hampir semua wisatawan melakukan kegiatan ini karena merupakan hal yang utama. Gunung berapi aktif di Indonesia ini sangat terlihat dengan teropong. Pesonanya semakin indah ketika deretan perbukitan menemani ketinggiannya.

2. Bersantai sambil menikmati pemandangan alam

Kemudian Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang mempesona. Fenomena hijau di perkotaan tentu tidak akan Anda lihat, karena gedung-gedung tinggi biasanya mendominasi di sini. Keindahan alam ini semakin didukung dengan suasana alam yang asri dan udara yang sejuk.

3. Bermain di wahana

Memang tidak banyak permainan di Gardu Pandang Kaliurang Pandang, namun bukan berarti tidak ada. Salah satu yang bisa Anda temukan di sini adalah bianglala. Wahana ini cocok karena pemandangan alam dan kegagahan Gunung Merapi semakin terlihat saat gondola berputar di puncaknya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Gardu Pandang KaliurangSumber gambar: Google Maps Dewi Fortuna

Seperti halnya wisata pada umumnya, fasilitas penunjang pun tersedia untuk membuat pengunjung merasa lebih nyaman. Fasilitas pertama yang bisa langsung Anda gunakan begitu tiba di lokasi adalah tempat parkir. Selain itu, tersedia pula toilet bagi yang ingin membersihkan diri, musala untuk tempat ibadah dan warung bagi wisatawan yang ingin menikmati makanan khas setempat.

Jogja tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar atau sebagai daerah istimewa. Selain itu, kota yang juga disebut Yogyakarta ini juga dikenal dalam bidang pariwisata. Gardu Pandang Kaliurang hanyalah salah satunya yang menawarkan pemandangan indah Gunung Merapi dan atraksi lainnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button