Tempat Wisata

Gedung Merdeka: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kota Bandung di Jawa Barat merupakan salah satu kota yang berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Banyak bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu pentingnya Bandung bagi kemerdekaan Indonesia. Salah satu bangunan bersejarah di Bandung, Gedung Merdeka merupakan salah satu landmark kota Bandung.

Apa pendapat orang awam tentang Gedung Merdeka? Apakah sama dengan Istana Merdeka? Atau bangunan bersejarah dari masa kemerdekaan Indonesia? Daripada berspekulasi dan merenungkan pikiran sendiri, mari kita lihat bersama gedung Merdeka.

Gedung Merdeka sudah ada sejak tahun 1955. Hampir seumuran dengan kemerdekaan Indonesia. Dan ternyata gedung Merdeka merupakan salah satu bangunan bersejarah yang digunakan untuk KTT Asia Afrika tahun 1955. Bandung merupakan lokasi dimana Gedung Merdeka berada, tepatnya di Jalan Asia-Afrika No. 65 Kota Bandung.

Fasilitas Freedom Building

Bagi Anda yang ingin berlibur sambil belajar, bangunan bersejarah ini adalah solusinya. Di sana, tersedia beberapa fasilitas liburan bagi Anda untuk menjelajahi keindahan dan sejarah Gedung Merdeka. Misalnya, miniatur benda-benda bersejarah yang menggambarkan Konferensi Asia-Afrika.

Selain itu, berdiri megah perpustakaan yang diprakarsai Abdullah Kamil, duta besar Indonesia di London. Perpustakaan ini mengoleksi beberapa buku sejarah, politik, sosial, dan budaya dari negara lain, dokumen KAA, serta majalah dan surat kabar hasil pembelian dan hibah.

Selain itu, terdapat ruang audiovisual untuk pemutaran film dokumenter tentang kondisi dunia tahun 150-an, konferensi KAA dan lainnya, serta film sosial politik dan budaya di kedua negara. Ketiga fasilitas tersebut di atas merupakan fasilitas utama Gedung Merdeka saat ini. Fasilitas lain seperti patung tokoh KAA, aula, dan benda-benda bersejarah KAA juga menjadi simbol tersendiri di gedung Merdeka.

Keindahan Gedung Merdeka

Indahnya Gedung Merdeka di Bandung

Gedung Merdeka Bandung tidak hanya memiliki keindahan yang menarik perhatian wisatawan ketika pertama kali melihatnya, tetapi juga kekayaan informasi yang terkandung di dalam gedung ini, yang khusus digunakan untuk wisatawan yang tertarik dengan sejarah.

Kebesaran Gedung Merdeka memang tak terelakkan. Lantai bangunan marmer Italia yang berkilau memberikan kesan mewah dan elegan. Salah satu lounge kayu Cikenhout digunakan para pejabat negara untuk bercengkerama, dan beberapa lampu kristal yang berkilauan menggantung indah hampir di setiap sudutnya.

Sekedar mengulas sejarah singkat dibalik nama Gedung Merdeka, ternyata gedung ini dulunya bernama Societeit Concordia dan berfungsi sebagai tempat wisata dan sosialisasi para ekspatriat Belanda yang tinggal di Bandung pada masa pemerintahan Belanda. Hingga kemerdekaan Indonesia, gedung ini menjadi milik Indonesia, yang kemudian berganti nama menjadi Gedung Merdeka sebelum keterlibatan KAA.

Setelah Konferensi Asia-Afrika, gedung ini tetap beroperasi dan berfungsi sebagai tempat pertemuan dan kegiatan konferensi lainnya seperti B. Kunjungan kepada peserta Konferensi Menteri Penerangan Gerakan Non Blok 1984, pertemuan untuk memperingati setiap Konferensi Asia Afrika. Konferensi Afrika 1991, kunjungan ke peserta Asia Ministerial Conference on Tourism 1991, Seminar Regional Pasifik 2008, dan seterusnya.

Lokasi hunting foto di gedung Merdeka

Sejarah Gedung Merdeka

Gaya arsitektur klasik Gedung Merdeka menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen di sana. Salah satu yang menarik perhatian adalah eksterior gedung Merdeka. Bagian luar gedung ini biasanya digunakan sebagai lokasi syuting, foto majalah, atau foto selfie.

Spot untuk foto lainnya juga tidak kalah menarik. Bangunan ini juga harus diabadikan di zona pejalan kaki. Mengapa? Hanya duduk di sana akan membuat kita merasa seperti berada di Eropa. Penataan lampu jalan dan tempat duduk di sepanjang jalan sangat khas gaya Eropa. cita rasa Eropa Indonesia. Itulah perumpamaan.

Satu lagi. Menjelang peringatan Konferensi Asia Afrika, coba mampir sejenak ke Gedung Merdeka. Anda akan menyaksikan pemasangan penuh bendera dari berbagai negara di kedua benua dengan warna-warna cerah. Dan waktu untuk mengambil gambar.

Akses lokasi menuju gedung Merdeka

Mencapai gedung ini tidaklah sulit. Medan yang dapat dilalui juga sangat mudah dinavigasi karena tempat wisata bersejarah ini terletak di jantung kota. Jika Anda menggunakan angkutan umum untuk menuju kawasan wisata ini, Anda memiliki tiga rute yang bisa dipilih. Salah satunya berangkat dari terminal bus Cicaheum. Anda perlu naik bus kota jurusan Cicaheum-Leuwi Panjang lalu turun di terminal Asia-Afrika.

Setelah itu, Anda bisa berjalan sekitar 100 meter ke arah barat menuju Alun-alun Bandung. Namun, jika Anda berangkat dari Terminal Leuwi Panjang, naiklah bus kota jurusan Cicaheum-Leuwi Panjang. Setelah turun di halte bus Bandung Square.

Anda juga bisa berjalan 100 meter ke timur menuju Jalan Braga. Selain itu, jika Anda datang dari Stasiun Bandung Kebon Kawung, Anda bisa naik angkutan kota menuju Stasiun Hall-Genebage. Setelah turun di perempatan Jalan Braga-Nuripan, Anda juga bisa berjalan kaki sejauh 100 meter menuju Jalan Braga.

Tiket masuk gedung Merdeka

Potret gedung Merdeka di sore hari

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka gedung Merdeka

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Tips liburan di Gedung Merdeka

Tips liburan buat kamu yang mau liburan ke gedung yang ada di Jalan Asia-Afrika Bandung ini: siapkan saja kamera untuk mengabadikan benda-benda bersejarah di sana dan ber-selfie ria di sepanjang jalan. hehehe. Tapi jangan lupa tutup telinga (jika ada guide yang hadir untuk menjelaskan) dan siapkan alat tulis untuk merekam hal-hal penting yang berkaitan dengan cerita. bangunan kebebasan bandung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button