Berita Wisata

Gempa hari ini Sabtu 29 Oktober 2022 Mengguncang Cilacap, Jawa Tengah

Liputan6.com, Jakarta Gempa lagi terjadi di Indonesia. Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada pukul 20.00 WIB, gempa telah terjadi pada hari ini, Sabtu (29/10/2022).

Gempa terjadi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada pukul 08:02:45 WIB.

Saat gempa mengguncang wilayah dengan magnitudo 4,7, sejumlah wilayah juga merasakan getaran, yakni Cilacap, Kebumen, dan Yogyakarta, ketiganya dalam skala II-III MMI (Modified Mercalli Intensity).

Sedangkan lokasi gempa dilaporkan oleh BMKG pada 8,33 Lintang Selatan (LS) dan 109,09 Bujur Timur (BT). Atau tepatnya, 67 km tenggara Cilacap.

Sedangkan episentrum gempa terjadi di laut pada kedalaman 19 kilometer.

Inilah yang harus dilakukan sebelum, selama dan setelah gempa bumi.

Sebelum gempa:

– Pastikan struktur dan lokasi rumah Anda dapat terlindungi dari bahaya yang disebabkan oleh gempa bumi, seperti tanah longsor atau likuifaksi. Menilai dan merenovasi struktur bangunan Anda untuk menghindari bahaya gempa.

– Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, elevator, dan tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat berlindung yang paling aman.

– Belajar melakukan pertolongan pertama dan alat pemadam kebakaran.

– Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi jika terjadi gempa.

– Atur perabotan sehingga menempel kuat ke dinding agar tidak jatuh, runtuh, bergerak saat gempa.

– Atur benda berat sejauh mungkin ke belakang di bagian bawah. Periksa stabilitas benda-benda yang tergantung yang mungkin jatuh selama gempa bumi

– Simpan bahan yang mudah terbakar di tempat yang sulit pecah untuk mencegah kebakaran.

– Selalu matikan air, gas dan listrik jika tidak digunakan.

– Siapkan alat-alat yang harus ada di mana-mana: kotak P3K, senter/lampu bertenaga baterai, radio, suplemen makanan dan air.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button