Tempat Wisata

Geopark Ciletuh: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Geopark Ciletuh: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Banyaknya tempat wisata di Kota Sukabumi, Jawa Barat yang diburu wisatawan dari berbagai daerah, membuat kota ini tidak pernah sepi. Mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata budaya, wisata geologi hingga wisata kuliner. Wisata geologi tidak kalah menariknya dengan wisata alam dan wisata bahari. Di Kota Sukabumi terdapat sirkuit geologi yang sudah terkenal di kalangan wisatawan yaitu Geopark Ciletuh.

Ditetapkan sebagai Geopark Nasional, taman bumi ini dianggap sebagai destinasi wisata populer di Jawa Barat. Foto-foto keindahan alam Geopark Ciletuh akhirnya tersebar di forum media dan dunia maya. Hal inilah yang membuat wisatawan penasaran untuk mengunjungi objek batu purbakala tersebut.

Geopark Ciletuh merupakan kawasan wisata batu purbakala yang diyakini tertua di Pulau Jawa. Taman bumi ini menawarkan suasana alam yang lengkap dan asri. Mulai dari persawahan, bukit, lembah, air terjun, gua, laut hingga pulau, semuanya bisa ditemukan di Geopark Ciletuh. Kumpulan objek-objek wisata yang bersama-sama menciptakan suatu keindahan yang menakjubkan, luar biasa tiada duanya.

Karena luasnya taman bumi yang mencapai puluhan ribu hektar ini, tidak cukup jika dijelajahi hanya dalam satu hari. Masing-masing objek wisata yang ada di Taman Buni ini mempunyai kelebihan tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Jarak Geopark Ciletuh dari pusat kota Sukabumi sekitar 3-4 jam.

Fasilitas di Geopark Ciletuh

Akomodasi ditawarkan atau diatur di kawasan Geopark Ciletuh keluarga angkat bagi pengunjung yang ingin bermalam. Harga bervariasi mulai dari Rp 300.000 per malam untuk 3 kamar hingga Rp 500.000 tergantung fasilitas.

Keindahan Geopark Ciletuh

Taman bumi ini menawarkan keindahan alam hijau asri yang dikelilingi bebatuan kuno. Tempat wisata yang terkenal di Geopark Ciletuh antara lain :

1. Pantai Palangpang

Di pantai yang tidak terlalu ramai ini terdapat monumen Geopark Ciletuh. Pesona alam Pantai Palangpang terletak pada hijaunya perbukitan yang mengelilingi pantai. Ditambah lagi, ombaknya yang tenang dan hamparan pasirnya yang luas membuat kita betah berada di sini.

2. Air Terjun Cimarinjung

Sungai Curug Cimarinjung cukup besar dan megah karena tebing-tebingnya terbuat dari bebatuan besar yang ditumbuhi tanaman hijau. Air terjun yang mengalir turun dari punggung bukit sungguh menakjubkan. Deretan bebatuan besar yang tersebar di sekitar air terjun menciptakan suasana Jurassic Park.

3. KTT Dharma

Di puncak ini kita bisa menikmati pemandangan Pantai Palangpang dari ketinggian. Bentuk pantai Puncak Darma ini seperti tapal kuda yang menyatu dengan Samudera Hindia. Pemandangan matahari terbenam dari puncak ini terlihat jelas, seolah lautan menelan sinar matahari seluruhnya.

4. Air Terjun Sodong

Air terjun ini sering disebut dengan air terjun kembar karena terdiri dari dua aliran air yang mengalir berdampingan. Di belakang air terjun ini terdapat kolam yang bentuknya seperti gua, oleh karena itu dinamakan Sodong. Sodong dalam bahasa Sunda artinya Gua. Tebing bebatuan air terjun ini terlihat megah dan mewah dengan warna kecoklatan.

5. Air Terjun Cikanteh

Aliran sungai Curug Cikanteh mengalir deras dan jatuh menimpa bebatuan besar di bawahnya sehingga menimbulkan pancaran air yang semakin lebar. Untuk sampai ke sini Anda perlu mendaki sekitar 15 menit.

6. Panenjoan

Destinasi wisata unggulan ini menawarkan pemandangan alam yang didominasi rumah penduduk, persawahan, dan perbukitan yang membentang hingga ke Pantai Palangpang.

7. Curug Awang

Air terjun ini menyuguhkan pemandangan air terjun yang airnya mengalir deras melewati tebing-tebing tinggi berbatu berwarna coklat. Dibawahnya terdapat kolam untuk berenang. Di sini kita juga bisa menikmati hamparan sawah hijau dan bebatuan kuno yang besar.

Berburu foto di Geopark Ciletuh

Spot foto terbaik di Geopark Ciletuh adalah Panenjoan. Di sini kita bisa melihat Geopark Ciletuh secara keseluruhan. Meski begitu, pemandangan matahari terbit dan terbenam dari Puncak Darma juga tak kalah memukau. Jangan lupa membawa lensa wide-angle dan tripod agar Anda bisa mengabadikan keindahan alam lanskap secara keseluruhan.

Biaya masuk Geopark Ciletuh

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Geopark Ciletuh

Peta Geopark Ciletuh

Tips berlibur di Geopark Ciletuh

  • Disarankan untuk memakai sepatu atau sandal jepit karena jalur di lokasi pendakian berbatu dan berpasir.
  • Dalam kondisi kering disarankan membawa masker karena banyak debu saat pendakian.
  • Jangan dibuang.
  • Jangan mencoret-coret di tebing.

Geopark Ciletuh Kota yang banyak menawarkan wisata air terjun, puncak, bukit, hingga pantai ini patut menjadi tujuan utama berlibur di Sukabumi. Mata kita dimanjakan dengan pemandangan indah dan suasana sejuk. Tentunya berlibur di kawasan wisata bebatuan ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Galeri foto Geopark Ciletuh

Selamat datang di Geopark Ciletuh
Potret Air Terjun Cikanteh di Ciletuh
Pemandangan dataran rendah dari Puncak Ciletuh
Pemandangan pantai dari Geopark Ciletuh
Keindahan air terjun di Geopark Ciletuh

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button