Tempat Wisata

Gereja Ayam Bukit Rhema, wisata religi dengan desain arsitektur unik di Magelang

harga tiket: 25.000 Rp Jam operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Kembanglimus, Kec. Borobudur, Cab.Magelang, Jawa Tengah; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Pastinya kalian yang pernah nonton film AADC sudah tahu kalau Gereja Ayam Bukit Rhema itu ada. Gereja di Magelang ini muncul di salah satu adegan AADC 2. Jika kita melihat sejarah berdirinya, gereja ayam ini sebenarnya berbentuk burung merpati. Gedung ini diprakarsai oleh seorang pengusaha bernama Daniel Alamsyah pada tahun 1990-an.

Karena keunikan bentuknya, banyak wisatawan yang akhirnya tertarik untuk mengunjunginya. Ada banyak hal dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat ibadah ini. Untuk mengetahui bagaimana serunya, kamu bisa menyimak ulasannya di bawah ini. Berbagai atraksi dan fasilitas yang tersedia dijelaskan secara detail dan lengkap.

Paket Tour VW ke Candi Borobudur dan Bukit Rhema

Daya tarik Bukit Rhema adalah Gereja Ayam

Daya tarik Bukit Rhema, Gereja AyamFoto Gereja Ayam Bukit Rhema di Google Maps

✦ Digunakan sebagai lokasi hunting foto

Karena nilai unik yang dibawa oleh bangunan ini, sering digunakan sebagai tempat berburu atau latar belakang dengan hasil estetika. Banyak pasangan muda menjadikan Bukit Rhema sebagai tempat pre-wedding terbaik. Hasil yang didapat pun terlihat romantis, apalagi jika dilakukan bersamaan dengan terbitnya matahari.

Banyak yang mengatakan kawasan ini sebenarnya dikenal sebagai spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Dengan cara ini Anda dapat menggabungkannya untuk hasil foto yang maksimal. Untuk mendapatkan tempat tersebut Anda harus datang lebih awal pada hari Sabtu dan Minggu, jika tidak gereja buka mulai jam 8 pagi.

✦ Simpan koleksi lukisan

Hal menarik berikutnya yang bisa ditemukan di tempat wisata ini adalah koleksi lukisan yang sangat unik dan menarik. Lukisan itu terpampang di seluruh dinding gereja. Berbagai lukisan yang terdapat di dalamnya berisi gambar-gambar bertema pendidikan sehingga dapat diperlihatkan kepada anak-anak.

Selain keunikan bangunannya, Anda juga bisa mengajak anak-anak berwisata edukasi dengan menunjukkan berbagai koleksi gambar dan lukisan di dalam gereja. Lukisan tersebut menceritakan hal-hal yang memiliki nilai nasionalisme, mulai dari perjalanan hidup orang-orang terkenal hingga bahaya penggunaan narkoba dan alkohol.

Cek Tiket Masuk Junkyard Autopark Magelang

✦ Desain arsitektur gereja bagian atas

Di bagian atas gereja Anda akan menemukan spot foto yang paling menarik, yaitu mahkota. Butuh sedikit usaha untuk melihat bagian ini, karena pengunjung biasanya berdiri dalam antrean panjang untuk melihat dan memotret mahkota. Selain itu, jalan yang sempit membutuhkan kehati-hatian saat menyeberang.

✦ Filosofi pembangunan

Karena sejarah pendiriannya pada tahun 1992, bangunan ini dianggap sebagai simbol perdamaian dan pemersatu bangsa. Meskipun disebut “Gereja Ayam”, sebenarnya ada kamar yang dirancang khusus untuk umat Islam, Kristen, Budha dan Hindu untuk berdoa, dan sangat nyaman dan tenang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gereja Ayam Bukit RhemaFoto oleh Rifqi Muhammad di Google Maps

Tidak hanya perlu memahami atraksi yang dikandungnya, tetapi juga perlu mengetahui di mana wisata religi ini berlangsung. Untuk menemukannya Anda perlu menuju kawasan Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Kawasan wisata ini sebenarnya tidak jauh dari Borobudur, sehingga bisa ditemukan oleh wisatawan mancanegara atau dari luar negeri.

Dari Candi Borobudur, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit berkendara menuju Bukit Rhema. Setelah sampai di tempat wisata, Anda harus berjalan kaki sejauh 200 meter untuk melihat Gereja Ayam.

Namun bagi yang merasa kurang kuat untuk perjalanannya bisa menggunakan fasilitas jasa jeep yang ada di sekitar kawasan wisata.

Hotel murah di Magelang

Biaya masuk dan jam buka

Untuk melihat keindahan bangunan bersejarah dan juga berwisata religi ke Gereja Ayam ini, Anda perlu menyiapkan tiket masuk sebesar Rp25.000/orang untuk turis lokal dan Rp50.000/orang untuk turis mancanegara.

Biaya ini memberi Anda kesempatan untuk menghabiskan waktu sebanyak yang Anda suka di Gereja Ayam Bukit Rhema.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan seru di Gereja Ayam Bukit RhemaFoto oleh Pramasari Wijaya di Google Maps

1. Cari foto di berbagai lokasi unik

Saat pertama kali sampai di kawasan wisata ini, Anda akan disambut oleh berbagai jenis burung Haru. Burung-burung ini bisa dijadikan kesempatan foto yang menarik di Bukit Rhema, Gereja Ayam. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar-besarnya untuk bisa mengabadikan momen bersama burung hantu. Banyaknya pilihan burung hantu biasanya menimbulkan kebingungan di kalangan pengunjung saat memilih.

Selain burung hantu, Anda juga bisa berfoto di dalam gereja, dengan background lukisan unik yang memiliki nilai edukasi. Tempat wisata unik ini pasti memberikan hasil foto yang estetik. Untuk melengkapi kebahagiaan, salah satu tempat terbaik adalah di atas mahkota burung merpati, yang bisa dilakukan bersamaan dengan munculnya matahari terbit.

2. Menikmati keindahan arsitektur Gedung Gereja Ayam Bukit Rhema

Anda tak hanya bisa mengabadikan setiap momen menarik di sekitar Gereja Ayam Bukit Rhema, tapi juga menjelajahi seluruh pelosok dan menikmati keindahan arsitekturnya. Selain itu, dari atas bangunan Anda bisa melihat lembah-lembah, hijaunya pepohonan dan juga pegunungan yang mengelilingi bukit indah ini.

3. Menunggu matahari terbit di atas gedung

Salah satu aktivitas unik yang bisa dilakukan di sini adalah menunggu matahari terbit. Untuk melakukan kegiatan ini Anda harus datang lebih awal pada hari Sabtu dan Minggu. Kecuali pada hari ini gereja ini buka dari jam 8 pagi. Pastikan Anda memahami jadwal tour di kawasan wisata religi ini agar tidak salah jalan dan kecewa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit Rhema Gereja AyamFoto oleh Giovan Pangku di Google Maps

Bicara soal fasilitas, di kawasan wisata ini Anda akan menemukan pelayanan terbaik. Fasilitas yang tersedia antara lain sebuah jeep yang dapat mengantarkan pengunjung ke Gereja Ayam. Selain itu, toilet yang disediakan di sini cukup bersih dan terawat sehingga nyaman untuk digunakan.

Perjalanan jauh tentu membuat Anda haus dan lapar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengunjungi stand makanan atau kedai kopi terdekat. Tersedia berbagai pilihan menu yang dapat Anda sesuaikan dengan selera dan keinginan. Nikmati semua jenis hidangan.

Fasilitas yang tidak kalah penting di Gereja Ayam Bukit Rhema adalah tempat ibadah lima agama di Indonesia. Walaupun namanya gereja, kamu tetap bisa menemukan tempat ibadah yang sesuai dengan ajaran agama yang kamu anut. Semuanya terpelihara dengan baik sehingga bisa dijadikan sebagai tempat ibadah yang aman dan nyaman.

Mengunjungi tempat-tempat unik sebagai destinasi wisata tentu bisa menimbulkan keseruan. Oleh karena itu, Anda wajib mengunjungi kawasan Bukit Rhema. Banyaknya keindahan dan keunikan yang dimilikinya membuat setiap orang senang untuk mengunjunginya. Jangan lewatkan kesempatan ini saat Anda berada di Kota Magelang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button