Tempat Wisata

Gereja Ayam : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Nama The Chicken Church mulai dikenal luas sejak menjadi lokasi syuting AADC 2. Tempat ibadah yang dibangun sejak tahun 1990-an ini menawarkan pemandangan yang sungguh unik. Tidak hanya desain bentuk luar gereja, pemandangan yang bisa dinikmati dari puncak mahkota memang sangat eksotis. Tidak mengherankan jika tempat ini menjadi tujuan wisata yang populer.

Gereja Ayam

Atraksi Gereja Ayam

1. Mengejar matahari terbit

Berlokasi di Bukit Rhema, tempat wisata ini memang menjadi spot yang tepat untuk hunting sunrise. Untuk menikmati matahari terbit, pengunjung harus datang pagi-pagi sekali. Dan ini hanya mungkin pada hari Sabtu dan Minggu. Karena di hari lain gereja ini buka jam 6 pagi. Jadi hati-hati untuk hari sebelum datang.

2. Wisata edukasi melihat koleksi lukisan

Tidak sah mengunjungi tempat wisata ini tanpa melihat lukisan di dalam gedung gereja. Di dinding, pengunjung dapat menikmati lukisan dengan berbagai tema pendidikan. Mulai dari nasionalisme hingga bahaya narkoba hingga cara hidup. Yang tentunya sangat menarik untuk diabadikan dalam lensa.

3. Photo hunting di mahkota gereja

Salah satu daya tarik Gereja Ayam adalah bentuk mahkota di puncaknya. Tempat ini menjadi spot foto yang populer bagi pengunjung. Waktu terbaik untuk mengambil foto di sini adalah pada pagi hari saat matahari sudah terbit. Namun, untuk merasakan fenomena magis ini, pengunjung harus datang pagi-pagi sekali.

Hal ini dikarenakan antrian untuk memasuki tempat tersebut biasanya cukup panjang. Dan akses jalannya cukup sempit, sehingga pengunjung harus antre dengan tertib. Meski begitu, rasa lelah akan terbayar begitu sampai di puncak. Dari puncaknya Anda bisa melihat keagungan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Puncak Suroloyo.

4. Wisata Kuliner

Banyak juga warung yang menjajakan aneka jajanan tradisional di kawasan wisata ini. Jadi jangan sampai ketinggalan. Menu yang biasa dijual antara lain singkong goreng dengan sambal. Lalu ada lagi Angkringan yang menjual makanan khas seperti nasi kucing. Pengunjung tidak perlu takut kelaparan.

5. Santai

Menawarkan pemandangan perbukitan yang indah. Tempat ini juga cocok sebagai tempat rekreasi. Setelah lelah menelusuri jalanan berbatu, Anda bisa duduk di warung makan dan mencicipi jajanan khas Magelang. Ditemani minuman hangat dan makanan sambil menikmati sejuknya angin pegunungan. Dijamin bikin betah.

6. Wisata Sejarah

Gereja Ayam merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki nilai sejarah tinggi. Di sini Anda bisa menculik Informasi tentang sejarah bangunan dan makna filosofis bangunan tersebut, serta pemilihan desainnya. Tentunya catatan ini akan menjadi kenangan yang mengesankan. Apalagi jika Anda berasal dari luar kota.

7. Berburu foto

Menawarkan desain fotogenik klasik. Tempat ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi para penggemar kegiatan foto. Dari halaman gereja ada banyak sisi yang bisa dijelajahi. Selain itu, desain motif yang dikenakan terlihat cukup unik. Cocok sebagai objek foto atau tempat untuk bergaya. Sangat layak dikunjungi.

8. Wisata Religi

Pada awalnya bangunan ini berfungsi sebagai tempat ibadah. Di sini Anda dapat mengunjungi beberapa peninggalan agama. Salah satunya adalah motif salib yang terletak di langit-langit gereja. Selain mengejar keindahan alam dan spot foto yang bagus. Berbagai hal religi juga bisa Anda jelajahi di sini.

9. Berfoto dengan burung hantu

Dalam perjalanan menuju gereja yang terletak di Bukit Rhema ini, wisatawan akan disapa oleh burung hantu. Anda bisa berfoto dengan burung hantu tersebut sebelum memutuskan untuk mendakinya. Untuk mengambil foto bersama dengan burung, Anda hanya perlu menjadi sukarelawan.

Pendirian Gereja Ayam

  • Taman
  • Toilet
  • Stan pinggir jalan
  • jip

Biaya masuk ke Gereja Ayam

  • Harga tiket untuk penduduk: Rp 25.000
  • Biaya masuk untuk orang asing: Rp 50.000

(Diperbarui April 2023)

Jam buka gereja ayam

  • Buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore

Lokasi dan rute menuju Gereja Ayam

Terletak di Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang – Jawa Tengah. Gereja yang dibangun sejak tahun 1990 ini sebenarnya cukup mudah dijangkau. Selain itu, lokasinya tidak jauh dari tempat wisata populer candi Borobudur dan Phuntuk Setumbu yang terkenal dengan matahari terbitnya.

Jika ingin mengikuti wisata gereja berbentuk ayam ini, Anda bisa mengambil jalan menuju Candi Borobudur. Kemudian, dari pertigaan di kawasan Borobudur, ambil saja jalan menuju selatan. Sesampainya di pertigaan Phuntuk Setumbu, belok kanan dan ikuti jalan utama. Saat Anda melihat pertigaan, segera belok kiri dan lanjutkan menanjak. Kemudian lanjutkan saja dengan mengikuti jalan utama.

Tidak jauh dari perempatan kecil Anda akan menemukan tanda “Parken”. Di mana Anda bisa memarkir kendaraan Anda di sana? Setelah itu, pengunjung harus berjalan kaki 5 menit menanjak.

Gereja Ayam adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan. Terutama yang sedang dalam perjalanan menjelajahi daerah Magelang dan sekitarnya. Anda juga bisa datang ke sini saat mengunjungi Borobudur karena jaraknya tidak terlalu jauh. Untuk menuju tempat ini Anda bisa menggunakan transportasi umum, e.g ojek atau kendaraan pribadi.

Denah lokasi Gereja Ayam

Tips mengunjungi Gereja Ayam

Tambahkan lebih banyak kesenangan dan nilai liburan Anda dan keluarga di Gereja Ayam. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Gereja Ayam adalah liburan panjang.
  • Ajak orang-orang tersayang ke Gereja Ayam untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan layanan agen perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Gereja Ayam.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Gereja Ayam.

Galeri foto gereja ayam

Gereja AyamGereja Ayam Sumber: instagram.com/bukitrthema/Gereja AyamGereja Ayam Sumber: instagram.com/bukitrthema/kegembiraan pengunjungMengendarai mobil melalui jalan-jalanPenyewaan tempat fotoSpot foto di depan gerejaTempat foto di atas gerejaPotret dari atas gereja

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button