Tempat Wisata

Gili Sundak, pesona Kepulauan Kembar dan spot favorit pecinta snorkeling di Lombok

Gili Sundak, pesona Kepulauan Kembar dan spot favorit pecinta snorkeling di Lombok

Gili Sudak merupakan sebuah gili atau pulau kecil yang sering menjadi tujuan para wisatawan karena memberikan perasaan berlibur di pulau pribadi.

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sekotong Barat, Kec. Sekotong, Cab.Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pesona Gili Sudak memang tak terbantahkan. Menekankan keaslian alamnya, destinasi ini belum tersentuh oleh tangan-tangan kotor. Tidak ada kendaraan bermotor atau cidomo yang melintas di sekitar tempat wisata.

Jika mendengar kata “gili” memang erat kaitannya dengan Lombok. Bahkan, istilah tersebut sering digunakan untuk menyebut pulau-pulau kecil yang menjadi destinasi wisata di Lombok. Dengan jumlah yang sangat banyak, setiap tanggul memiliki keindahan tersendiri.

Gili yang akan dibahas kali ini sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Gili andalan di Lombok Barat ini memiliki keunikan yang akan meninggalkan kesan indah dalam ingatan wisatawan.

Daya tarik Gili Sudak

Objek wisata Gili SudakKredit foto: Google Maps Bayu Agung

Hampir semua Gili di Lombok lebih menyukai pesona pantainya. Gili ini tidak mau kalah dengan Gili lainnya, memiliki pemandangan pantai yang sangat bagus. Selain pantai, apa lagi daya tarik tanggul ini?

1. Pulau Kembar

Gili Kedis dan Sudak sering disebut sebagai pulau kembar, meskipun keduanya tidak memiliki kemiripan. Dibutuhkan dua jam perjalanan dari Kota Mataram untuk menikmati pesona tanggul ini.

Sesampainya di sana, wisatawan bisa langsung menikmati dua buah tanggul sekaligus yakni Gili Kedis dan Sudak karena letak kedua tanggul tersebut berdekatan. Untuk itu banyak pengunjung yang mampir karena tidak perlu jauh-jauh untuk merasakan dua destinasi dalam satu kali kunjungan.

2. Pasir putih dan air jernih

Memang, kawasan Gili populer dengan warna air lautnya yang jernih sehingga memungkinkan wisatawan untuk melihat “penghuni” laut dengan mata telanjang. Di dekat gili ini terdapat pantai Gili Sudak, dengan panorama yang mempesona dan pasir putih yang memanjakan mata jika dilihat dari ketinggian tertentu.

Pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk bersantai karena wisatawan dapat merasakan suasana damai dengan panorama pantai yang indah. Selain itu, wisatawan dapat melakukan aktivitas lain seperti berenang, menyelam, snorkeling, voli pantai, dll.

3. Pemandangan Bawah Air

Di Gili Sudak, wisatawan sangat disarankan untuk snorkeling atau diving. Kenapa ini? Tentu saja karena pemandangan bawah laut Gili yang mempesona. Dilihat dari permukaan memang sangat indah, apalagi berjalan lurus ke dalam.

Wisatawan akan merasakan berenang bersama ikan-ikan ditemani kawasan yang penuh dengan terumbu karang yang subur dan kaya. Biota laut yang beraneka ragam juga turut menyumbang keindahan ekosistem bawah laut.

4. Suasana Damai

Pengunjung ke tanggul ini dijamin suasana damai dan tenang. Kondisi ini disebabkan letak pulau yang cukup terpencil sehingga jarang dikunjungi pengunjung. Gili Sudak memang menjadi alternatif yang tepat bagi wisatawan yang ingin menyegarkan diri.

Melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk kota dan debu kendaraan, tanggul ini adalah tempat yang sangat direkomendasikan. Namun, saat ini belum ada homestay atau shelter yang dibangun. Sebagai gantinya, wisatawan bisa mendirikan tenda di pinggir pantai untuk bermalam.

5. Pemandangan matahari terbenam

Pohon pinus tumbuh berjejer di sepanjang pantai menambah kesan asri dan nyaman saat wisatawan berdiri di sana. Fenomena alam lain yang menjadi daya tarik tanggul ini adalah dimana wisatawan bisa melihat sunset di sore hari.

Tidak hanya itu, bagi yang menginap, pemandangan matahari terbit (sunrise) juga tak kalah menakjubkan. Inilah momen yang tepat bagi pengunjung yang hobi fotografi untuk mengabadikan momen tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gili SundakKredit foto: Google Maps Bayu Agung

Gili Sudak tepatnya berada di Sekotong Barat, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Ada empat pulau yang saling berdekatan, yaitu Kepulauan Sudak, Nanggu, Kedis, dan Tangkong.

Untuk menuju tanggul, ambil jalur ke Sekotong dari Mataram. Kemudian lanjutkan ke Gerung dan mencapai Pelabuhan Tawun selama sekitar satu jam. Lanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu ke Gili Nanggu dengan biaya sekitar Rp 250.000.

Biaya masuk ke objek wisata

Anda tidak perlu membayar sejumlah uang tertentu untuk menikmati keindahan pulau ini. Namun, wisatawan masih perlu menyiapkan beberapa loket tiket untuk menyewa perahu ke pulau atau berbelanja di tempat tujuan wisata Gili Sudak dan melakukan berbagai aktivitas.

Harga standar sangat bervariasi, sehingga pengunjung disarankan untuk membawa uang ekstra agar dapat mencicipi semua fasilitas dan kuliner yang tersedia satu per satu. Juga biaya sewa peralatan snorkeling jika tidak memiliki perlengkapan pribadi.

Aktivitas menarik di Gili Sudak

Aktivitas menarik di Gili SudakKredit foto: Google Maps Loetfi Ono

Semua destinasi wisata indah di Indonesia akan sayang untuk dikunjungi begitu saja tanpa melakukan aktivitas apapun. Sebagai salah satu Gili terindah di Lombok, berikut aktivitas yang bisa dilakukan di Gili Sudak.

1. Snorkling

Keinginan untuk snorkeling di pulau ini bukan hanya karena ada pantainya saja, tapi karena menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Wisatawan Gili Sudak akan sangat rugi jika tidak mencoba aktivitas yang satu ini.

Bagi yang belum memiliki peralatannya, sudah ada layanan persewaan yang bisa ditagih dengan harga lebih murah. Harga standar Rp 50.000 sudah termasuk jaket pelampung, masker, sirip dan snorkel.

2. Kuliner Seafood

Meski tidak ada pelayanan semalam, wisatawan bisa menikmati kelezatan seafood di beberapa warung makan di sana. Makanan laut yang tersedia pun beragam, mulai dari udang, ikan laut segar, gurita dan terkadang lobster juga dijual.

Kesegaran makanannya tidak diragukan lagi karena semua sumber makanan datang langsung dari laut di pantai Gili Sudak. Tersedia juga minuman segar alami yaitu air kelapa yang sangat nikmat jika dipadukan dengan seafood.

3. Nikmati alam

Bagi yang belum terbiasa dengan olahraga air, wisatawan masih bisa bersantai di pinggir pantai dalam suasana damai dan tenang. Ada area dengan pepohonan yang bisa dijadikan tempat duduk dengan udara laut yang segar.

Momen santai ini bisa dilengkapi dengan minum air kelapa muda segar yang tersedia di warung makan dekat pantai. Oleh karena itu, aktivitas yang satu ini bisa menyegarkan pikiran sejenak sebelum kembali beraktivitas di kota Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Gili SundakKredit foto: Google Maps Fahim Masruroh

Gili yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Sebagai destinasi wisata berbasis pulau, fasilitas terbaik sudah pasti tersedia lengkap di pulau ini. Meski bukan akomodasi mewah seperti homestay, destinasi ini menawarkan akomodasi dasar yang disebut Nirvana Gili Sudak.

Tampilan penginapannya beratap rumbia, sementara tawaran menggiurkan lainnya adalah zona pantai pribadi selama menginap. Akomodasi ini menawarkan kamar-kamar dengan kipas angin, brankas pribadi, dan area tempat duduk santai.

Ada juga restoran di beberapa sudut yang menawarkan menu makanan laut yang lezat. Menariknya, pembangunan fasilitas tersebut terletak di pinggir pantai, sehingga suasana liburan bisa lebih terasa jelas.

Selain wisata laut yang belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan, pemerintah masih memikirkan untuk mengembangkan potensi pulau yang satu ini. Untuk menarik perhatian sejumlah investor yang akan mendukung pembangunan gili, berikut lembaga pendukungnya.

  • paviliun
  • warung makan dan minum
  • daerah pohon
  • tempat perkemahan
  • Tempat duduk sederhana
  • penyeberangan perahu

Memang keindahan Gili Sudak sudah diakui sampai mancanegara. Tak hanya pemandangan indah yang ditawarkan, tapi juga sajian ikan segar langsung dari laut. Rasakan suasana liburan seperti di pulau pribadi di tempat yang satu ini!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button