Berita Wisata

GIPI Jateng: Jelang Nataru, Okupansi Hotel di Tempat Wisata Sudah Capai 80% – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ilustrasi hotel. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG – Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Tengah (Jateng) menyebutkan, menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), tingkat hunian hotel di Jawa Tengah yang dekat dengan tempat wisata mencapai 80%.

Ketua GIPI Jateng Benk Mintosih mengaku sudah banyak wisatawan yang melakukan reservasi hotel di sejumlah daerah di Jateng untuk menampung Nataru nantinya. Mayoritas hotel yang dipesan terletak di pusat kota dan dekat dengan tempat wisata utama.

Promosi Kartu Tokopedia Menjadi Asian Banker Awards 2022 Versi Kartu Kredit Terbaik

“Sudah tersedia [kenaikan okupansi hotel], khususnya di Semarang dan Solo. Bahkan, yang berada di pusat kota mencapai 60% [okupansi]Benk menjelaskan kepada Solopos.com, Kamis (15/12/2022).

Sedangkan untuk hotel dengan tingkat okupansi 80%, menurut Benk, berada di dekat lokasi wisata utama seperti dataran tinggi Dieng, kawasan kota tua Semarang dan Soloraya.

“Tawangmangu, Bandungan, Guci, Solo, Dieng sudah penuh. Ini [kamar hotel] sudah sulit ditemukan. Lengkap dalam artian sudah 80%,” lanjutnya.

Baca juga: Menyambut libur Natal dan Tahun Baru, berikut daftar 8 tol gratis

Benk merasa momen Nataru kali ini menjadi angin segar bagi pengelola hotel karena berbeda dengan dua tahun sebelumnya, atau di masa pandemi Covid-19. Karena itu, dia juga mengimbau para pelaku industri perhotelan untuk memanfaatkan momen ini.

“Kecerdikan dan kreativitas para pelaku bisnis perhotelan harus diaktifkan agar tamu tidak pergi dan betah. Dari segi persiapan, semuanya sudah dilakukan, mulai dari menimbun bahan makanan agar tidak ada kenaikan harga pada acara tahun baru, harus disiapkan,” ujarnya. -jelasnya.

Sementara itu, General Manager (GM) Park View Hotel Kota Lama Semarang Pratikno menyampaikan hal berbeda. Meski hotel berada di lokasi yang strategis, dekat dengan objek wisata kota lama Semarang, tingkat hunian hotel tidak mencapai 80%. Tingkat hunian hotel di dekat kota tua hanya 20%.

Baca Juga: Promo Hotel di Solo Bulan Ini, Diskon Tak Masuk Akal!

“Ya sangat strategis, dekat dengan kota tua yang menjadi objek wisata favorit di Jawa Tengah. Tapi reservasi ini hanya 20%, biasanya mereka pesan di hari H. Jadi mendekati hari J akan terlihat ,” ujar Pratikno yang menyiapkan 90 kamar untuk menampung wisatawan saat liburan Nataru nanti.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button