Tempat Wisata

Goa Gong di Pacitan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Menjelajahi keindahan alam Jawa Timur memang tidak ada habisnya. Di Jawa Timur terdapat banyak tempat wisata alam yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau kerabat. Diantaranya adalah Taman Nasional Baluran, Batu Night Carnival, Green Bay atau Teluk Hijau, wisata petik apel di Malang dan lain sebagainya. Bisa dibilang, tempat wisata ini tidak akan habis dan membosankan.

Goa Gong

Dari sekian banyak tempat wisata di Jawa Timur yang bisa kita jumpai, Goa Gong merupakan salah satu tempat wisata paling unik di Indonesia bahkan benua Asia. Goa Gong sendiri merupakan goa biasa yang ada di Pacitan, Jawa Timur. Bahkan, ada banyak gua di kawasan ini. Namun, setiap gua memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Sama seperti Gua Gong, yang satu ini memiliki gua

Daya Tarik Goa Gong

Batu yang terdengar mistis

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung apa yang dimaksud dengan batu berdentang saja. Intinya banyak orang yang sering mendengar suara gong di goa ini. Gong sendiri merupakan alat musik dari daerah Jawa. Karena keunikannya itulah, goa ini dinamakan Goa Gong.

Nyatanya, fenomena ini masih menjadi misteri bagi sebagian orang. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut oleh Pak Wakino dan rekan-rekannya, mereka menyimpulkan bahwa goa ini memiliki potensi wisata yang sangat bagus. Karena Goa Gong menawarkan tampilan yang sangat eksotik dengan stalaktit dan stalagmitnya.

Perpaduan warna cerah di Goa yang menarik

Daya tarik lain yang bisa Anda temukan di Gua Gong adalah penempatan lampu warna-warni yang sangat menarik. Warna warni lampu warna merah, hijau, jingga, ungu dan biru ternyata bisa menambah nilai estetika goa ini. Sangat indah Anda akan mengira warnanya tampak nyata meskipun itu adalah warna cahayanya. Warna yang menarik dan lengkap ini bisa dijadikan titik foto.

Formasi stalaktit dan stalagmit

Stalaktit dan stalagmit terbentuk oleh sedimen di dalam air yang menetes di dalam gua. Nah, di goa gong ini terdapat banyak sekali stalagtit dan stalagmit. Dan pemerintah sendiri berusaha menjaga kemurnian stalaktit dan stalagmit dengan memasang pagar di sisi-sisinya. Kombinasi lampu warna-warni yang menonjolkan stalaktit dan stalagmit menambah daya tarik ekstra keindahan gua.

Fasilitas Goa Gong

Anda dapat menggunakan semua fasilitas tersebut. Namun, perlu diingat bahwa beberapa fasilitas mengharuskan Anda mengeluarkan lebih banyak uang. Ini termasuk, khususnya, pemandu wisata dan persewaan senter. Jika Anda membutuhkan pemandu, Anda bisa menyewanya. Pemandu gua dapat membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang gua.

Untuk senter, saya rasa tidak terlalu dibutuhkan. Namun jika dirasa jalan gua sudah mulai gelap, bisa disewa. Harga sewa senter juga cukup terjangkau hanya Rp 5000 saja per senter. Namun untuk menghemat biaya, anda bisa kok menggunakan senter pribadi anda sendiri yaitu senter handphone.

  • Biaya masuk ke Goa Gong
  • Tiket masuk dewasa: Rp 20.000/orang
  • Harga tiket untuk anak-anak: Rp 5.000/orang

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Goa Gong

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Lokasi dan rute Goa Gong

Mengakses Goa Gong sendiri juga cukup mudah. Dari Kabupaten Pacitan, menuju ke arah barat menggunakan jalan arteri Jl. NasionalIII Ikuti jalan tersebut hingga sampai di kawasan Poenoeng. Lalu belok kiri atau selatan menuju Jalan Punung – Goa Gong. Ikuti jalan tersebut kurang lebih sejauh 4 km. Setelah itu Anda akan menemukan Goa Gong.

Peta lokasi Goa Gong

Tips mengunjungi Goa Gong

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Goa Gong semakin menyenangkan dan berharga. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Goa Gong adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Goa Gong bersama orang tersayang dan rasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar selama berlibur di Goa Gong.

Galeri Foto Goa Gong

Goa Gong Sumber: travelspromo.com

Goa Gong Sumber: nativeindonesia.comAkses ke Goa GongPantai dekat GoaPintu masuk goaSpot foto di GoaWarna-warni suasana Goa

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button