Tempat Wisata

Goa Gong: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setelah seharian bekerja selama berminggu-minggu, tentunya kita merasakan masa kebosanan dalam aktivitas sehari-hari yang tidak terganggu, baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun sekolah dan kuliah. Terkadang kita perlu menggunakan beberapa hari libur untuk menyegarkan diri dan melepaskan segala penat dan stress yang kita rasakan. Nah, buat kamu yang tinggal di Jawa Timur, tidak perlu jauh-jauh ke luar Jawa atau luar Jawa Timur untuk berlibur. Ada juga goa di Pacitan dengan pesona cantik yang bisa membuat Anda terkagum-kagum.

Goa Gong merupakan salah satu tempat wisata yang bisa Anda temukan di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, sekitar 37 km sebelah barat pusat kota Pacitan. Gua ini memiliki kedalaman sekitar 256 meter dan mengandung banyak stalagmit, stalaktit yang berusia ratusan tahun. Aktivitas vulkanik dan pergerakan panas lah yang menyebabkan terbentuknya Goa Gong dan diperkirakan terjadi ratusan hingga ribuan tahun yang lalu.

Menurut sejarah masyarakat setempat, goa ini dinamakan Goa Gong karena penduduk disana sering mendengar gema seperti suara gong yang berasal dari dalam goa. Gong sendiri merupakan alat musik perkusi dalam kesenian Jawa. Bunyi yang menyerupai gong yang berasal dari dalam goa ini merupakan hasil pantulan tetesan air alami goa yang membentur bebatuan stalaktit atau stalagmit goa. Bunyi yang dihasilkan terdengar serasi dan indah sehingga membangkitkan minat wisatawan.

Goa Gong juga memiliki kekhasan dalam bentuk ruangannya: kubah besar dengan panjang 100 meter, lebar 15-40 meter, dan tinggi sekitar 20-30 meter. Pintu masuk gua sendiri merupakan lorong pendek yang dipenuhi stalaktit dan stalagmit yang menghubungkannya dengan gua berkubah. Di dalam goa juga terdapat speleothem atau ornamen yang menghiasi ruang goa dengan berbagai bentuk stalaktit, ada yang tajam seperti tirai batu, dll. Selain itu, sebagian permukaan stalaktit juga ditumbuhi heliktit. Helictites adalah perhiasan di dalam gua yang memiliki bentuk melengkung atau seperti cacing yang tampak menentang gravitasi

Terdapat banyak stalagmit di bagian bawahnya yang permukaannya dilapisi batu-batu yang mengapung sehingga membuat ornamen-ornamen tersebut terlihat seperti ditumpuk, dan setiap koleksi ornamen tersebut diberi nama lokal yang menarik seperti Selo (batu) Jengger Bumi, Selo Paku Buwono , Selo Bantaran Angin, Selo Gerbang, Selo Citro Cipto Agung, Selo Adi Citro Buwono, dll.

Fasilitas di Goa Gong

Sedangkan fasilitas yang ada di Properti Wisata Goa Gong tidak terlalu banyak atau lengkap, ada beberapa yang bisa anda temukan seperti :

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Berjam-jam bermain-main di area goa pasti akan membuat perut Anda lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar tempat ini Anda akan menemukan warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang dibangun di sana, Anda bisa duduk santai menikmati pemandangan alam yang indah dan langit biru.

– Akomodasi

Di sekitar kawasan wisata Goa Gong, bagi Anda yang sedang mencari penginapan bisa menemukan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari toilet di luar kawasan wisata.

Berburu foto di Goa Gong

Penggemar seni foto bisa melampiaskan keinginannya untuk memotret pemandangan indah di sekitar Goa Gong. Saat Anda menjelajahi kedalaman gua ini, Anda akan melihat berbagai stalaktit dan stalagmit, yang secara alami dapat Anda arahkan ke bidikan kamera Anda. Dan saat anda bermain di wahana-wahana yang ada disana, anda bisa mengajak teman atau anggota keluarga anda untuk mengabadikan momen seru tersebut. Jika sudah puas bermain di goa, anda juga bisa pergi ke tempat lain yang juga menarik untuk anda jadikan latar foto, yaitu pemandangan sekitar yang indah. Namun perlu diperhatikan juga bahwa Anda harus berhati-hati saat berfoto selfie atau berfoto bersama teman.

Baca juga: Pantai Klayar, berwisata sambil melihat ombak yang indah

Akses jalan menuju Goa Gong

Jika Anda mengambil jalur akses dari Ponorogo, Anda bisa mengambil arah Slahung kemudian dilanjutkan ke Gemaharjo. Setelah itu, Anda bisa langsung mengambil jalur Arjosari dan melanjutkan ke Pacitan. Setelah sampai di Pacitan, menuju ke arah Punung. Dari kecamatan tidak jauh untuk menemukan lokasi Goa Gong. Bagi yang menempuh rute dari Ponorogo, diperkirakan perjalanan kesana memakan waktu sekitar 3 jam dengan jarak 110 km.

Biaya masuk ke Goa Gong

  • Harga tiket dewasa: Rp 20.000/orang
  • Harga tiket untuk anak-anak: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam Operasional Goa Gong

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan di Goa Gong

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Goa Gong semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Goa Gong adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Goa Gongx bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar selama berlibur di Goa Gong.

Galeri foto Goa Gong di Pacitan

Selamat datang di Goa Gong
Akses jalan menuju Goa Gong
Tangga menuju Goa Gong
Suasana di Goa Gong
Keindahan Goa Gong
Potret turis asing di tebing Goa Gong

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button