Berita Wisata

Grand Kalijati, wisata permata tersembunyi baru di Pangandaran

Pangandaran

Destinasi wisata Pangandaran seakan tidak ada habisnya. Baru-baru ini ada destinasi wisata baru yang memanjakan mata setiap pengunjung, yaitu Grand Kalijati.

Obyek wisata alam ini terletak di Desa Kalijati, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Lokasinya berjarak 21,5 kilometer atau 42 menit dari Bundaran Marlin, Pangandaran. Untuk mencapai lokasi, wisatawan disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Grand Kalijati sendiri menawarkan destinasi wisata yang berbeda. Tidak hanya laut, Grand Kalijati juga menawarkan wisata perkebunan dan hutan yang indah.

Di tempat wisata ini terdapat spot batu sodong. Untuk menuju Batu Sodong, wisatawan harus berjalan kaki. Namun, jalan kaki tidak akan terasa karena diselimuti panorama dan tempat-tempat menarik dengan latar belakang pepohonan hijau.

Waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan alam Grand Kalijati adalah pada pagi hari. Wisatawan akan melihat daratan di atas awan sambil menyaksikan matahari terbit.

Belum ada biaya masuk ke Grand Kalijati. Memang objek Grand Kalijati masih dalam tahap pengembangan.

Camat Sidamulih Megi mengatakan objek wisata Grand Kalijati ini dirintis oleh para penggiat wisata di Desa Kalijati. Menurutnya, batu besar yang menyandang nama Batu Sodong itu merupakan wajah objek wisata tersebut.

“Dari atas batu karang, Anda bisa melihat keindahan lingkungan alam Pangandaran,” kata Megi kepada detikJabar. Sabtu (21/1/2023).

Dia mengatakan, kawasan Kalijati Raya merupakan tanah milik warga dan sebagian milik negara. “Rencananya baru akan dikelola proses pengembangan objek wisata alam, ke depan bisa menjadi desa wisata,” ujarnya.

Menurut Megi, Grand Kalijati menawarkan objek wisata alternatif baru di Pangandaran. Batu Sodong, daya tarik utama objek wisata ini.

“Pemukiman di sana bisa menikmati keindahan duduk di antara bebatuan, warung dan spot foto,” ujarnya.

Megi mengatakan saat ini Grand Kalijati masih dalam tahap pembangunan dan belum ada peresmian secara resmi.

“Tapi yang berkunjung selalu ke sana untuk menikmati sunrise dan sunset. Di atas Batu Sodong, Anda bisa melihat indahnya Laut Pangandaran menyapa mata Anda,” ujarnya.

Simak video “Ada TKW Kampung di Majalengka, 60% Penduduknya Bekerja di Luar Negeri”
[Gambas:Video 20detik]
(perwakilan/perwakilan)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button