Tempat Wisata

Green Canyon: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Green Canyon atau aslinya disebut Cukang Taneuh berasal dari bahasa Sunda yang berarti “jembatan tanah”. Dinamakan demikian karena terdapat jembatan darat alami yang terbentuk secara alami di tempat ini. Jembatan ini menghubungkan dua tebing di atas Sungai Cijulang. Adanya jembatan ini juga memudahkan para petani dan masyarakat sekitar untuk menyeberang dari satu tebing ke tebing lainnya. Keajaiban alam ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Menurut cerita masyarakat setempat, nama “Green Canyon” diberikan oleh seorang turis Perancis yang datang ke tempat ini pada tahun 1993. Wisatawan asal Perancis memberi nama “Green Canyon” karena tempat wisata ini memiliki air yang hijau dan berlumut serta terdapat tumbuhan yang cukup banyak sehingga pemandangannya akan sangat indah. Didominasi warna hijau sejuk.

Objek wisata yang sangat mengesankan ini sebenarnya adalah Sungai Cijulang yang mengalir melalui gua yang penuh dengan keindahan ukiran stalaktit dan stalagmit alam. Tempatnya diapit oleh dua bukit dan ditumbuhi pepohonan rimbun serta banyak bebatuan yang tersusun alami menambah keindahannya yang mempesona. Pemandangan ini ibarat lukisan alam yang sangat unik dan cukup sulit untuk ditelusuri secara langsung.

Akses ke situs Green Canyon

Untuk menuju tempat ini wisatawan harus berangkat dari dermaga Ciseureuh. Dari dermaga, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu tempel atau kayuh yang banyak tersedia di tempat ini dengan harga sekitar Rp 75.000/orang. Penduduk setempat biasa menyebut perahu itu dengan sebutan “Ketinting”. Jarak dermaga dengan Green Canyon kurang lebih 3 kilometer. Waktu perjalanan sekitar 30-45 menit.

Ketinting membawa Anda menyusuri sungai. Membelah air sungai yang hijau. Selama perjalanan anda akan disuguhi pemandangan yang tak kalah indahnya, karena banyak pepohonan yang tumbuh di tepian sungai dan terkadang anda juga bisa melihat binatang atau hewan yang hidup di tempat ini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan air terjun yang mengalir turun dari sisi tebing.

Aktivitas di Green Canyon

Ada berbagai cara untuk menikmati keindahan tempat ini. Body rafting juga ditawarkan. Apa itu body rafting? Seperti diketahui, “arung jeram” melibatkan menyeberangi sungai dengan menggunakan perahu. Berbeda dengan body rafting, Anda mengikuti arus sungai tanpa menggunakan perahu, artinya membiarkan tubuh Anda mengapung mengikuti arus sungai. Kegiatan ini cukup aman untuk dilakukan. Sebab wisatawan dibekali perlengkapan body rafting dan didampingi oleh pemandu.

Selain body rafting, Anda juga bisa mencoba terjun bebas dari bebatuan atau mencoba panjat tebing. Aktivitas ini cukup memacu adrenalin, namun Anda juga harus berhati-hati setiap saat. Di lokasi ini juga terdapat tempat persewaan ban dan jaket pelampung bagi Anda yang sekedar ingin berenang di jernihnya perairan Green Canyon. Berenang menyusuri sungai ini, Anda akan disuguhi pemandangan indah dan menjumpai sebuah gua yang langit-langitnya sudah runtuh. Pengunjung juga disuguhi dengan adanya stalaktit yang di dalamnya masih terdapat tetesan air.

Baca juga: Pantai Pelabuhan Ratu, nikmati deburan ombak di Pantai Pulau Dewata

Lokasi Green Canyon

Tempat wisata ini terletak sekitar 31 kilometer dari Pantai Pangandaran, tepatnya terletak di Desa Kertayasa di Kecamatan Cijulang Ciamis Jawa Barat. Untuk menuju tempat wisata Green Canyon, wisatawan perlu melanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu dari Dermaga Cukang Taneuh.

Fasilitas di Green Canyon

Ada banyak restoran di tempat ini yang bisa menjadi tujuan utama Anda jika lelah dan lapar karena aktivitas tersebut. Selain itu, tempat ini juga menawarkan berbagai oleh-oleh cantik yang khas dan terdapat tulisan “Green Canyon” di atasnya. Souvenir ini cocok untuk oleh-oleh dan oleh-oleh.

Tersedia juga hotel bagi Anda yang ingin bermalam. Hotel dan akomodasi di Batu Karas paling dekat dengan lokasi Green Canyon. Anda dapat mencapai properti hanya dalam 15 menit. Selain itu, lokasi hotel atau akomodasi di sekitar Pantai Pangandaran yang relatif dekat bisa menjadi pilihan bermalam.

Harga tiket Green Canyon dan jam operasional

Biaya masuknya berkisar antara Rp 150.000 hingga 250.000 tergantung paket wisata yang Anda pesan. Jam buka di tempat wisata ini adalah mulai pukul 07:00 hingga 17:00 WIB. Khusus hari Jumat, lokasi ini hanya buka pada pukul 13.00 WIB.

Tips berlibur ke Green Canyon

  • Persiapkan kondisi fisik Anda agar berada dalam kondisi prima
  • Pilih waktu liburan yang tepat. Usahakan untuk berlibur pada musim kemarau dan saat cuaca sedang cerah. Dikhawatirkan arus sungai sangat deras saat musim hujan dan air pun terlihat keruh.
  • Bawalah perlengkapan yang diperlukan dan jangan lupa membawa kamera untuk membantu Anda mengabadikan momen indah bersama keluarga, sahabat atau sahabat
  • Kenakan pakaian yang nyaman dipakai

Galeri Foto Green Canyon

Potret Green Canyon di Pangandaran
Berenang di Green Canyon
Potret pengunjung
Kegembiraan yang mendebarkan di Green Canyon
Aneka minuman siap saji di Green Canyon

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button