Tempat Wisata

Green Canyon, objek wisata alam penuh keajaiban di Lahat

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Pulau Penang, Kec. Pulau Penang, Cab.Lahat, Sumatera Selatan; map: pemeriksaan situs

Green Canyon Lahat sepertinya wajib menemani waktu luang Anda berlibur. Ini adalah salah satu tempat wisata paling populer di Lahat yang dikunjungi oleh banyak wisatawan setiap hari. Tidak hanya dari warga setempat, tetapi juga dari warga di luar desa. Alasan kedatangannya tentu saja penasaran dengan keindahan yang dimilikinya, begitu mempesona alami.

Seperti yang Anda ketahui, Green Canyon adalah sebuah tempat di Amerika Serikat, lebih tepatnya di Colorado. Tempat ini bisa disebut sebagai tujuan wisata utama yang tidak pernah membosankan. Formasi batuan alam yang terbentuk selama jutaan tahun merupakan pemandangan unik tersendiri. Belum lagi adanya sungai dengan air biru jernih.

Tentu butuh biaya yang tidak sedikit untuk terbang ke negeri Paman Sam itu. Beberapa orang bahkan tidak bisa datang ke lokasi. Sebagai alternatif, Anda bisa mengunjungi Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan untuk sekedar memuaskan rasa penasaran akan keindahannya.

Daya tarik yang dimiliki Green Canyon

Atraksi Green CanyonKredit foto: Google Maps Bowo Ho

Nyatanya, Green Canyon di Lahat secara teknis tidak bisa dibandingkan dengan Green Canyon di Amerika. Namun bukan berarti tidak layak untuk dikunjungi, tempat ini begitu indah dengan segala pesonanya.

1. Susunan batu yang eksotik

Daya tarik pertama yang tak pernah luput dari pandangan mata adalah bebatuan yang tersusun rapi di sepanjang aliran sungai. Batuan ini memanjang sekitar 200 hingga 250 meter. Seolah melindungi aliran sungai, batu ini berdiri begitu kokoh sehingga terlihat begitu eksotik. Warna coklat dengan tekstur tidak beraturan membuatnya semakin cantik.

Banyak wisatawan yang menggunakannya sebagai spot foto dengan cara berdiri di atasnya. Ada yang menggunakannya sebagai penopang saat ingin terjun ke sungai, terutama remaja dan anak-anak. Meski tidak terlalu tinggi, Anda harus hati-hati melakukannya karena ada bebatuan yang licin.

2. Air biru jernih

Green Canyon merupakan aliran yang masih menjadi bagian dari Sungai Ayek Lim. Warna airnya jernih, terlihat sangat kebiruan saat tidak ada orang yang bergerak di dalamnya. Pengunjung menggunakan aliran air ini untuk berenang dan bermain air karena cukup aman. Kedalamannya sekitar 60 cm, namun ada beberapa titik yang lebih dalam.

Jarak antara bebatuan dengan sisi lainnya tidak terlalu jauh, tidak lebih dari 6 meter. Pada kondisi tersebut arus sungai cukup deras, sehingga disarankan untuk berhati-hati saat melakukan aktivitas air. Jika Anda mengikuti aliran sungai hingga ke muaranya, Anda akan menemukan Curup Panjang yang juga menjadi objek wisata di Lahat.

3. Pemandangan yang indah dan hijau

Lokasi Green Canyon berada di dalam hutan yang belum terjamah oleh banyak tangan manusia. Karena itu, ada banyak keindahan untuk dilihat di sepanjang sungai yang mengalir dan bebatuan yang eksotis. Pepohonan hijau yang berjejer rapi membuat pemandangan begitu indah dan terlihat sangat hijau.

Selama perjalanan dari tempat parkir menuju lokasi, Anda juga akan melihat perkebunan kopi dan durian milik warga. Meski cukup jauh dan medannya cukup sulit karena sudut kemiringannya, dijamin tidak akan melelahkan. Juga, udaranya sejuk, seperti di pegunungan.

4. Jembatan gantung ikonik

Berikutnya adalah jembatan gantung terkenal yang menjadi daya tarik utama Green Canyon Lahat. Jembatan ini sebenarnya merupakan penghubung antara perkebunan warga yang dipisahkan oleh sungai. Namun karena bentuknya yang unik dan satu-satunya di kawasan itu, tak sedikit wisatawan yang menjadikannya sebagai kesempatan berfoto.

Berdiri di atas jembatan untuk berfoto, Anda tidak hanya mendapatkan keindahan sungai saja, tetapi juga tanaman hijau. Di sisi lain, pemandangan hijau hutan belantara pelindung wisata alam di Lahat juga cukup jelas. Meski cukup mudah karena terbuat dari kayu dan tali, dijamin aman selama dilintasi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Green CanyonKredit foto: Google Maps Bowo Ho

Untuk menikmati keindahan Green Canyon seutuhnya, silahkan menuju Pulau Pinang, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Jaraknya sangat jauh dari Palembang, Anda harus menempuh jarak lebih dari 215 kilometer. Namun, jika kebetulan berada di pusat kota Lahat, Anda hanya perlu menempuh jarak 55 kilometer saja.

Secara umum jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 45 menit dengan kecepatan kendaraan rata-rata. Rute terbaik yang harus Anda lalui adalah Jalan Lintas Sumatera. Gunakan GPS atau peta digital jika Anda belum pernah melewati rute tersebut. Saat Anda sampai di jalan sempit, harap berjalan menyusuri jalan dengan memperhatikan rambu-rambu.

Beberapa bagian jalan tidak memadai, namun masih dapat dilalui dengan kendaraan roda empat. Kehati-hatian disarankan, karena tidak jarang dijumpai jalan terjal dengan jurang di kiri dan kanannya. Setelah sampai di tempat parkir, silahkan melanjutkan perjalanan menuju tempat wisata dengan berjalan kaki atau naik ojek.

Biaya masuk ke Green Canyon

Biaya masuk ke Green CanyonKredit foto: Google Maps Bowo Ho

Green Canyon terbuka untuk umum, artinya siapa saja bisa berkunjung. Namun tentunya tidak gratis, anda harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Tidak terlalu mahal tentunya, karena hanya perlu membayar 5.000 rupiah untuk satu orang. Diperlukan biaya tambahan yaitu parkir kendaraan bermotor.

Bagi yang membawa mobil, siapkan dana tambahan sebesar 10.000 rupiah. Jika membawa sepeda motor, biaya parkir saat ini adalah Rp 5.000. Jika tidak ingin lelah berjalan jalan menuju lokasi, silahkan gunakan jasa ojek dengan tarif tetap.

Aktivitas menarik di Green Canyon

Aktivitas menarik di Green CanyonKredit foto: Google Maps Bowo Ho

Berkunjung ke objek wisata bukan hanya soal daya tariknya saja, Anda juga perlu mempertimbangkan aktivitas diving apa saja yang menarik secara lokal. Sesuai review Green Canyon di atas, saat Anda berkunjung ke air terjun, aktivitas yang bisa dilakukan tidak jauh.

1. Pelacakan tempat yang mengasyikkan

Disebutkan di atas bahwa Anda harus melanjutkan perjalanan setelah sampai di tempat parkir. Sebenarnya bisa dijangkau dengan jasa ojek, tapi sepertinya lebih seru jalan kaki. Pasalnya, ada banyak keindahan alam yang bisa Anda temukan selama berwisata. Sebut saja perkebunan kopi dan durian milik warga, serta kerapatan hutan tentunya.

2. Berenang dan bermain air

Perjalanan tidak terlalu melelahkan saat Anda tiba di lokasi. Tidak akan ada yang tahan melihat kesegaran air dari Sungai Green Canyon. Kegiatan yang menarik dalam hal ini tentu saja adalah berenang dan bermain air. Jika perlu, Anda bisa melakukan lompat tebing dari bebatuan di tepi sungai, asalkan berhati-hati tentunya.

3. Berburu spot foto yang cantik

Tentu saja, segala keindahan alam yang dimiliki oleh tempat wisata di Sumatera Selatan ini sangat sayang jika hanya dilihat secara kasat mata. Ada baiknya jika Anda menyiapkan kamera terbaik dengan kapasitas penyimpanan kosong. Pasalnya, banyak spot yang bisa dijadikan background foto. Membuat konten video juga cocok, asal bisa mendapatkan angle yang pas.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Green CanyonSumber gambar: Google Maps M. Okta

Dari segi fasilitas, Green Canyon dinilai cukup memadai. Di sini Anda akan menemukan tempat parkir yang masih menggunakan lahan dan perkebunan warga setempat. Di tempat ini Anda juga akan menemukan sejumlah toilet yang biasanya digunakan pengunjung setelah mandi dan berenang. Fasilitas lainnya adalah warung yang menjual makanan ringan dan aneka minuman.

Itulah yang bisa kami sampaikan mengenai salah satu tempat wisata paling populer di Lahat ini. Sangat penting untuk mendengarkan apa yang ditawarkan tempat wisata sebelum mengunjunginya. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Green Canyon Lahat layak dijadikan destinasi alternatif liburan keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button