Tempat Wisata

Grojogan Coban Wilis: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Mungkin dulu Blitar lebih dikenal dengan wisata sejarahnya seperti Makam Bung Karno, Museum dan Perpustakaan Bung Karno dan lain-lain, namun ternyata Blitar juga mempunyai tempat wisata lain yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung, seperti Tempat Wisata Grojogan Coban Wilis. , salah satunya

Grojogan yang dalam bahasa Indonesia berarti air terjun ini terletak di Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Lebih spesifiknya di hulu Sungai Semut di Pegunungan Kelud. Jika Anda kesini, Anda tidak hanya akan menemukan satu air terjun saja, melainkan tiga rangkaian yang menambah daya tarik tempat ini.

Air terjun yang pertama kali Anda temui dianggap paling menarik oleh masyarakat dan wisatawan karena air terjun ini meski tidak tinggi namun bentuknya bertingkat-tingkat. Kemudian air terjun kedua memiliki ukuran yang paling kecil diantara ketiga air terjun lainnya, namun hal ini tidak merusak keindahan air terjun tersebut. Kemudian air terjun terakhir yang terletak di hilir air terjun pertama dan kedua memiliki ketinggian paling tinggi yaitu sekitar 100 meter. Menurut warga sekitar, Grojogan Coban Wilis itu ditemukan oleh Pak Kastoro, warga Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Pesona tempat ini sangat indah. Anda bisa melihat tebing-tebing penuh air terjun yang berkilauan diterpa terik matahari. Selain itu, terdapat juga lapisan hijau lumut atau tanaman tertentu yang memberikan tampilan sangat indah pada dinding batu. Pepohonan peneduh di sekitar kawasan air terjun juga memberikan udara sejuk dan segar, berbeda dengan di kota besar.

Objek wisata yang satu ini biasanya disukai oleh para pecinta alam atau pramuka yang biasa melakukan aktivitas yang berhubungan dengan alam seperti camping atau aktivitas lainnya. Nyatanya, tidak mudah untuk mencapai lokasi ketiga air terjun tersebut di atas. Anda harus menempuh jalan dan jalan yang cukup panjang dengan medan berbatu dan berkelok-kelok. Anda kemudian dapat terus mengikuti jalan setapak sekitar 6-7 km yang memakan waktu sekitar 2 jam dengan berjalan naik turun 5 bukit. Saat Anda sampai di bukit kelima atau terakhir, jalan menurun dan Anda sudah sangat dekat dengan air terjun. Bahkan, di bukit ketiga, terdengar suara atau gumaman air terjun. Hanya saja suaranya merupakan suara air terjun yang pertama, perlu anda ketahui juga bahwa air terjun tersebut ada tiga, namun ujung jalan yang kita lalui sebenarnya berakhir di air terjun ketiga atau terakhir, bisa dibilang itu adalah air terjun utama.

Fasilitas di Grojogan Coban Wilis

Mengingat lokasi Coban Wilis yang masih sulit diakses, jangan berharap bisa menemukan berbagai fasilitas penunjang seperti yang biasa Anda temukan di tempat wisata lainnya. Mungkin masih sedikit fasilitas yang didapat dari rumah-rumah warga yang terletak sebelum Anda memasuki kawasan Grojogan Coban Wilis dan tentunya jarak tempuhnya cukup jauh. Fasilitas yang diberikan warga hanya berupa tempat parkir kendaraan bermotor dan toilet umum untuk wisatawan. Jika tidak, Anda pasti tidak akan menemukan fasilitas lain apalagi warung, sehingga harus menyiapkan makanan dan minuman secukupnya dari rumah.

Nampaknya pemerintah Blitar harus lebih memperhatikan objek wisata yang satu ini karena daya tariknya mampu menarik banyak wisatawan penasaran dengan Coban Wilis. Meski tak harus langsung membangun fasilitas baru, setidaknya mereka bisa memikirkan cara agar pengunjung bisa lebih mudah mengakses air terjun di sana.

Berburu foto di Grojogan Coban Wilis

Rasa haus Anda akan pemandangan alam indah yang belum terjamah tangan manusia akan terpuaskan dengan tempat-tempat menarik dan mempesona yang bisa Anda temukan di sana. Terdapat tiga air terjun yang masing-masing bisa Anda kunjungi untuk berfoto bersama teman atau keluarga, atau sekedar selfie. Karena ketinggiannya yang paling pendek, Anda juga bisa menikmati pemandangan dan sejuknya air dari jarak dekat dari air terjun kedua. Di air terjun terakhir Anda selanjutnya bisa mengambil foto panorama di sekitar Coban Wilis sambil duduk-duduk di bebatuan yang mengelilingi sungai. Namun, jika Anda tidak ingin kamera Anda rusak karena cipratan air, pastikan untuk membawa kamera yang tahan air.

Baca Juga: Wisata Kuil Monte Hair, Kagumi Keajaiban Kuil dan Danau Hijaunya

Akses jalan menuju Grojogan Coban Wilis

  • Ikuti jalan menuju Wlingi dari Blitar
  • Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Semen (belok kiri di pertigaan pertama setelah Masjid Raya Wlingi, belok kanan sampai pertigaan Perumahan Bening, belok kiri di pertigaan kedua dan ikuti jalur menuju pasar semen).
  • Ketika Anda sampai di pasar semen, ikuti pertigaan ke kiri Kawasan wisata EcoloHai (Jl Nanas)
  • Lanjutkan perjalanan menuju Patokwesi (Donomulyo).
  • Ikuti jalan setapak sekitar 6-7 km melewati 5 bukit maka Anda akan sampai di Grojogan Coban Wilis.

Biaya masuk Grojogan Coban Wilis

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Grojogan Coban Wilis

Tips berlibur di Grojogan Coban Wilis

  • Persiapkan diri Anda untuk stamina yang maksimal, karena Anda harus melewati medan yang cukup sulit
  • Kenakan sepatu yang nyaman dan tidak licin
  • Jangan lupa membawa perbekalan makanan dan minuman
  • Jangan dibuang
  • Bawalah kamera

Galeri foto Grojogan Coban Wilis

Air Terjun Coban Wilis
Potret pengunjung air terjun
Keindahan air terjun Coban Wilis

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button