Tempat Wisata

Gua Jatijajar: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata alam bersama keluarga sambil menikmati keindahan alam yang masih asri seperti di kota, Anda bisa mencoba mengunjungi Gua Jatijajar di Kebumen, Jawa Tengah. Keindahan wisata alam ini berasal dari proses alam dan anda akan takjub saat melihatnya secara langsung.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati keindahan goa ini. Goa ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata untuk menikmati liburan sekolah bersama keluarga tercinta.

Objek wisata gua Jatijajar

Setibanya di Gua Jatijajar, Ana akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan suasana yang sejuk. Untuk melihat keindahan goa anda harus menuruni anak tangga dengan kaku, namun anda tidak akan merasa terlalu lelah karena sambil berjalan anda akan melihat keindahan goa. Ada beberapa objek wisata di goa ini, yaitu:

1. Patung Dinosaurus

Ketika Anda mulai memasuki kawasan wisata setelah membeli tiket, Anda akan melihat ada patung dinosaurus di sana. Mulut patung dinosaurus ini terbuka dan air menyembur keluar dari mulutnya.

Arca ini merupakan simbol bahwa goa ini sudah ada sejak zaman dahulu. Meski bentuk patung ini menyerupai dinosaurus, bagi Anda yang membawa anak kecil, jangan takut jika si kecil ketakutan. Patung dinosaurus ini bisa menjadi tempat foto yang bagus untuk mengabadikan pengalaman Gua Jatijajar sekaligus tempat bermain air.

Air yang memercik dari patung ini berfungsi sebagai tempat bermain air dan juga untuk mengairi persawahan di sekitar goa milik warga.

2. Gua terbentuk secara alami

Gua ini merupakan salah satu situs geologi di Kebumen dan terbentuk karena proses alam. Menurut cerita, goa ini pertama kali ditemukan oleh seorang petani. Saat itu, petani sedang mencari rumput dan tanpa sengaja terjatuh ke dalam lubang. Rupanya lubang yang dimasukinya adalah langit-langit gua. Gua ini berasal dari pohon jati yang tumbuh sejajar dengan pintu masuk gua. Gua ini terbuat dari batuan kapur dan memiliki panjang gua sekitar 200 meter.

3. Diorama di dalam gua

Menurut cerita, Raden Kamandaka menggunakan goa ini sebagai tempat bertapa. Kemudian cerita Raden Kamandaka lebih dikenal masyarakat dibandingkan cerita Lutung Kasarung. Berdasarkan kisah tersebut, dibuatlah diorama di dalam goa yang mengisahkan legenda Lutung Kasarung.

Ada 8 diorama dalam dua bagian yang diwakili oleh 32 patung. Arca-arca ini tersebar mulai dari pintu masuk gua hingga pintu keluar.

Dekorasi juga ditambahkan pada bagian dalam goa agar goa terlihat lebih bagus dan memudahkan wisatawan untuk melewatinya. Misalnya jalan beton, lampu penerangan dan tangga. Meski ada jalan beton dan lampu, gua ini tidak kehilangan pesona alamnya.

4. Stalaktit dan stalagmit

Salah satu atraksi yang populer di kalangan pengunjung adalah stalaktit dan stalagmit yang terletak di sepanjang gua dan menghiasinya dengan indah. Stalaktit dan stalagmit adalah bebatuan yang terbentuk secara alami di dalam gua.

Batuan tersebut terbentuk dari air hujan yang mengendap dan bereaksi dengan batugamping. Perbedaan antara stalaktit dan stalagmit adalah stalaktit merupakan bebatuan yang menggantung dari atas goa sedangkan stalagmit merupakan bebatuan yang terbentuk di dasar goa.

5. Sungai bawah tanah

Hal yang menarik dari goa ini adalah di dalam goa ini terdapat 4 sungai bawah tanah yang airnya mengalir. Mata air yang paling disukai pengunjung adalah Kanthil Spring dan Rose Spring. Pertemuan kedua badan air tersebut kemudian terjadi melalui mulut patung dinosaurus di depan gua.

Kompleks Gua Jatijajar

Seperti wisata lainnya, Gua Jatijajar memiliki beberapa fasilitas untuk memudahkan wisatawan berkunjung. Fasilitas yang tersedia disana adalah :

Fasilitas umum

Semakin banyak pengunjung yang datang, maka fasilitas tempat wisata juga harus diperhatikan. Di sini pengunjung bisa menggunakan toilet dan masjid untuk beribadah. Tempat wisata ini juga memiliki tempat parkir yang cukup banyak untuk menampung kendaraan pengunjung.

taman

Untuk menambah keindahan tempat wisata, disini juga terdapat taman yang bisa pengunjung gunakan sebagai tempat beristirahat sambil menikmati keindahan alam Kebumen.

Biaya masuk ke Gua Jatijajar

  • Biaya masuk untuk dewasa: Rp 12.500
  • Biaya masuk untuk anak-anak: Rp 5.500

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Gua Jatijajar

  • Buka setiap hari dari jam 5 pagi hingga 10 malam

Lokasi dan jalur Gua Jatijajar

Gua ini terletak di Jalan Jatijajar, Palamarta, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda tidak perlu bingung. Dengan kendaraan pribadi Anda bisa pergi ke distrik Ayah. Dari kecamatan, tinggal ikuti jalur menuju Pantai Ayah. Setelah itu Anda akan melihat papan petunjuk menuju Gua Jatijajar.

Gua Jatijajar adalah salah satu gua terindah di Jawa Tengah. Berbagai macam atraksi dirancang untuk memberikan pengunjung perasaan puas. Berkunjung ke Kebumen belum lengkap tanpa mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini.

Peta Gua Jatijajar

Tips mengunjungi Gua Jatijajar

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Gua Jatijajar semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Gua Jatijajar adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Gua Jatijajar bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Gua Jatijajar.

Galeri foto Gua Jatijajar

Gua JatijajarGua Jatijajar Sumber: instagram.com/putriarya/Gua JatijajarGua Jatijajar Sumber: instagram.com/d_dimayanti/Selamat datang di Goa JatijajarSuasana di GoaJelajahi GoaPesona Goa Jatijajartempat foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button