Tempat Wisata

Gua Maria Bukit Kanada, wisata religi dekat Jakarta, Oktober 2023

Gua Maria Bukit Kanada, wisata religi dekat Jakarta, Oktober 2023

Gua Maria Kanada Biaya masuk: Bebas. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Jatimulya, Rangkasbitung, Lebak, Banten, Indonesia, 42315

Gua Maria Bukit Kanada merupakan destinasi wisata religi yang tak jauh dari Jakarta. Lokasinya di Lebak, Banten. Tempat ini menjadi salah satu tujuan pelayanan keagamaan dan ziarah bagi umat Katolik.

Lingkungan yang luas dan asri menjadikannya tempat ibadah yang istimewa. Di sini Anda dapat mengadakan kebaktian yang khusyuk dan khusyuk. Suasana asri dan damai menjadikannya tempat peristirahatan yang cocok.

Biaya masuk ke Gua Maria Bukit Kanada

Pengunjung tidak perlu membayar biaya masuk apapun untuk berkunjung dan beribadah di sini. Namun, dikenakan biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

Tempat parkir ini sendiri resmi dikelola oleh kawasan Canadian Hill Maria Cave. Tergantung jenis kendaraannya, pengunjung hanya membayar biaya parkir satu kali saja. Selain itu, seharusnya tidak ada lagi biaya parkir.

Baca: GUA MARIA TRITIS Wisata religi yang tenang dan tenteram

Jam buka Gua Maria Bukit Kanada

Gua Maria Bukit Kanada merupakan objek wisata religi yang buka 24 jam sehari. Pengunjung bisa datang ke sini untuk beribadah kapan saja. Pengunjung juga bisa bermalam untuk kontemplasi atau berdoa.

Pemandangan gua Maria di Indonesia

Marienhöhle telah menjadi bagian dari tradisi keagamaan Katolik sejak zaman kuno. Tempat ini merupakan tempat ziarah dan berdoa kepada Perawan Maria bagi umat Katolik. Gua Maria sendiri merupakan salah satu destinasi ziarah karena memiliki sejarah yang menarik.

Disebut Gua Maria karena pada zaman dahulu Perawan Maria muncul di dalam sebuah gua. Perawan Maria sendiri konon menampakkan diri kepada beberapa orang terpilih. Lokasi Gua Maria yang paling populer saat ini ada di Perancis, khususnya Lourdes.

Latar belakang ini sedikit berbeda dengan keberadaan Gua Maria di Indonesia. Di sini Marienhöhle mempunyai hubungan sejarah yang erat dengan perkembangan Gereja Katolik.

Beberapa tempat populer di Indonesia adalah Gua Maria di Kuningan, Gunung Kidul dan Lembah Carmel di Cianjur. Lokasi lainnya adalah Gua Maria Bukit Kanada di Lebak, Banten.

Sejarah Gua Maria di Bukit Kanada

Patung Perawan Maria di kawasan Gua Maria. Foto: Google Maps/Agnes Dewanty

Gua Maria Bukit Kanada merupakan sebuah tempat wisata religi di Lebak, Banten. Tempat ini selalu menjadi destinasi menarik bagi umat Katolik yang ingin berziarah dan berdoa. Lokasinya cukup jauh dari keramaian, lebih tepatnya sekitar 3 kilometer dari Alun-Alun Rangkasbitung.

Tempat wisata religi ini sudah ada sejak tahun 1988. Inisiatifnya datang dari Kota Rangkasbitung dan didukung oleh beberapa pihak. Bantuan tersebut salah satunya datang dari Kongregasi Suster Fransiskan Sukabumi yang saat itu tinggal di Sukabumi.

Pembangunannya dimulai pada tanggal 1 Mei 1988. Peletakan batu pertama dilakukan oleh pastor paroki. Konstruksi selesai sekitar 3,5 bulan kemudian.

Nama “Canada Hill” sendiri bukan berarti letaknya di Kanada. Nama tersebut merupakan singkatan dari “Kampung Narimbang Dalam”. Sebelum resor wisata ini menjadi sebesar sekarang, fasilitasnya hanya sedikit. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak layanan keagamaan dan fasilitas pendukung lainnya yang ditawarkan demi kenyamanan pengunjung.

Apa yang ada di Gua Maria di Canada Hill?

Gua Kebangkitan Gua Maria, Bukit KandaPengunjung berdoa di Gua Kebangkitan di jalan kecil Gua Salib Maria di Bukit Kanada – Foto: gmaps/Raja Siswojo

Tidak sulit menemukan tempat ini karena berada di pinggir jalan raya nasional. Begitu sampai, Anda bisa langsung masuk tanpa harus membayar tiket. Sedangkan pengunjung yang membawa kendaraan dapat parkir di lahan luas yang tersedia. Perlu diingat bahwa tempat ini selalu ramai pengunjung pada hari libur.

Begitu masuk, Anda melihat warga sekitar berjualan lilin sembahyang. Nyalakan lilin ini di lokasi-lokasi tertentu di kawasan wisata.

Ada juga banyak rambu-rambu di area tersebut. Pengunjung dapat langsung masuk ke Gua Maria untuk mendapatkan layanan tersebut. Pilihan lainnya adalah berjalan-jalan di pertokoan atau melakukan tur singkat di kawasan agrowisata.

Baca : Perjalanan Wisata Religi GUA MARIA Kuningan

Tempat untuk berdoa

Tempat utama untuk berdoa tentu saja adalah area terbuka dimana Gua Maria berada. Tempat ini merupakan lapangan terbuka yang salah satu sisinya dihiasi tumpukan batu yang menjulang tinggi. Di tengahnya terdapat lubang besar yang menyerupai gua. Patung Perawan Maria berdiri di sana.

Lingkungan sekitar tampak rindang dengan pepohonan rindang. Meski berada di area terbuka pun Anda akan tetap merasakan kesejukan. Di sini Anda akan merasakan suasana meriah. Jadikan sesi ibadah lebih tenang dan khusyuk.

Di depan gua terdapat rak khusus untuk menyalakan lilin. Selain di sini, Anda juga bisa meletakkan lilin dan berdoa di tempat lain. Sebut saja Gua Kebangkitan dan Kolam Salib. Tempat-tempat ini terletak di sekitar Gua Maria.

Masih di dekat gua terdapat pendopo besar yang berfungsi sebagai aula. Kegiatan keagamaan sering berlangsung di sini dengan banyak pengunjung.

Mendaki di jalur ziarah

Setelah sholat anda dapat melanjutkan ibadah haji. Gua Maria Bukit Kanada sendiri menawarkan dua jalur ziarah. Yaitu Jalan Salib Besar dan Jalan Salib Kecil.

Jalan Salib Besar memiliki rute yang lebih panjang. Ada 14 pemberhentian di sini. Dengan rute ini, Anda tidak perlu khawatir kepanasan. Deretan pohon rindang membuat kawasan ini sejuk dan rindang.

Jalan Salib Kecil memiliki rute yang lebih pendek. Jika Anda tidak bisa berjalan jauh, Anda bisa memilih rute ini. Estimasi waktu berjalan kurang lebih 10 menit. Sebaliknya, Great Way of Cross memakan waktu hingga 45 menit.

Kedua jalur ziarah tersebut terdiri dari jalan setapak yang dilapisi paving blok. Jalannya bersih dan arahnya jelas. Kedua sisi jalan dikelilingi pepohonan rindang.

Pariwisata lainnya

Usai salat, wisatawan bisa menikmati wisata lagi di sini. Salah satunya dengan mengunjungi kawasan agrowisata yang tersedia. Hibur diri Anda saat bermain di taman kelinci atau kolam koi. Lihatlah oleh-oleh yang tersedia dengan mengunjungi Toko Rohani atau Toko Tanaman Hias.

Harap diingat bahwa pengunjung tidak diperbolehkan makan atau minum di area Gua Maria. Jika lapar, kamu bisa mengisi perut di kantin. Berbagai jenis makanan dan minuman tersedia di sini.

Perabot

Fasilitas Canadian Hill Maria Cave meliputi tempat parkir, toilet umum, dan paviliun relaksasi dengan stopkontak. Kemudian fasilitas utamanya adalah kapel, balai pertemuan dan jalur ziarah dengan jalur yang terpelihara dengan baik. Fasilitas lain yang tersedia antara lain jalur khusus pengguna kursi roda dan bangku yang dapat dipinjam pada jam salat.

Lokasi Gua Maria di Bukit Kanada

Gua Maria Bukit Kanada terletak di Jalan Nasional, Desa Jatimulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. Lokasinya satu kawasan dengan Akper Yatna Yuana Lebak.

Lokasi objek wisata ini cukup mudah dijangkau dari Jakarta menggunakan kendaraan umum. Gunakan saja KRL Tanah Abang-Rangkasbitung. Turun di Stasiun Rangkasbitung, Anda hanya perlu menggunakan ojek atau ojek online yang tersedia. 10 menit kemudian Anda sampai di lokasi.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button