Tempat Wisata

Gua Maria Sendangsono, destinasi wisata religi di Kulon yang penuh pesona

Gua Maria Sendangsono di Kulon Progo merupakan destinasi wisata religi yang menawarkan ketenangan dengan sumber mata air suci dan merupakan tempat ziarah yang menyentuh hati.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 09.00 – 21.00 WIB, Alamat: Semagung, Samagang, Kecamatan Banjaroyo. Kalibawang, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Jogja yang mempunyai potensi wisata alam memang selalu menarik untuk dikunjungi. Namun, tidak hanya keindahan yang bisa disaksikan di sini, tapi juga tempat wisata sejarah dan religi.

Gua Maria Sendangsono merupakan salah satu dari sedikit gua yang bisa dikunjungi di Kulon Progo. Tidak hanya bagi umat Katolik namun juga bagi wisatawan umum.

Pada dasarnya ini adalah tempat beribadah dan berdoa sekaligus. Karena suasananya yang asri dan dikelilingi pepohonan, banyak orang yang datang ke sana untuk mencari udara segar.

Karena suasananya yang tenang dan damai, tempat wisata religi di Jogja ini cocok dijadikan tempat pelarian atau pelarian dari aktivitas duniawi.

Meski berupa gua, tidak ada lubang besar di tanahnya. Batuannya hanya ada satu, tidak terlalu besar, dengan bukaan yang lebar atau ceruk yang cukup tinggi.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Batuan ini dikenal sebagai gua yang di dalamnya terdapat patung Bunda Maria. Terdapat sumber mata air atau sendang di kawasan tersebut tergantung bahasa setempat.

Daya tarik Gua Maria Sendangsono

Objek wisata Gua Maria SendangsonoFoto oleh Clemens Nugroho di Google Maps

Ribuan wisatawan mengunjungi Gua Maria setiap bulannya. Menariknya, bukan hanya umat Katolik saja yang menyempatkan diri datang ke sini. Banyak pemeluk agama lain juga tertarik karena alasan berikut!

1. Sejarah Gua Maria Sendangsono

Tempat yang kita bahas kali ini selain merupakan tempat wisata religi juga mempunyai sejarah yang panjang. Secara khusus, penyebaran ajaran Katolik pada saat itu masih sangat rendah.

Beliau adalah Romo Van Lith SJ yang merupakan sosok penting di balik banyaknya umat Katolik di Jogja. Pada tahun 1904, ia membaptis 104 warga Kalibawang dengan air suci.

Air ini diperoleh dari sumber bawah tanah, tepat di bawah pohon Angsana atau pohon Sono. Nama Gua Maria Sendangsono pun tak lepas dari asal usulnya yang artinya mata air di bawah pohon sono.

Beberapa tahun berlalu, tepatnya pada tahun 1929, tempat ini resmi dinyatakan sebagai tempat ziarah yang hanya bisa dikunjungi oleh wisatawan.

2. Arsitektur dan patung Perawan Maria

Tempat wisata religi serupa di Jogja memang banyak, namun masing-masing mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri.

Di sini Anda dapat melihat arsitektur unik di setiap bagiannya. Seluruh jalan dihiasi dengan salib yang dikenal sebagai Jalan Salib. Jalan ini akan mengarahkan wisatawan ke kawasan tertentu, termasuk gua.

Di sekitar tempat wisata Gua Maria Sendangsono terdapat warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Ada juga toko yang menjual oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Seperti di tempat lain, terdapat patung Bunda Maria yang menjadi ikon utama. Namun di sini bisa dibilang istimewa karena patung tersebut merupakan hadiah dari Ratu Spanyol.

3. Suasana alam yang asri dan damai

Seperti yang sudah disebutkan, tidak hanya umat Katolik saja yang mengunjungi tempat wisata religi ini. Banyak yang berasal dari agama lain, namun tujuannya bukan beribadah.

Mereka datang karena tertarik dengan suasana yang asri dan damai. Pepohonan peneduh berjejer rapi di sepanjang jalan, seolah menaungi kawasan sekitar.

Dengan suasana seperti itu, Gua Maria Sendangsono Kulon Progo sering dikunjungi oleh anak muda dan keluarga. Tujuannya adalah untuk piknik santai sambil melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Suasananya yang damai menjadikan tempat ini cocok untuk retret. Selain itu, udaranya segar dan sejuk, jauh dari polutan yang mengganggu.

4. Mata Air Suci

Melihat cerita di atas, objek wisata religi ini sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari keberadaan sumber air suci. Pohon Sono atau Angsana masih terlihat berdiri kokoh dengan aliran air mengalir di bawahnya.

Meski kini tak bisa dilihat karena tertutup kaca, kesegaran musim semi ini tetap bisa Anda rasakan. Sumber ini terhubung langsung dengan banyak PDAM.

Pengunjung dapat meminum air suci di Gua Maria Sendangsono atau membawanya pulang. Menurut kepercayaan Katolik, siapapun yang meminum air ini akan diberkati.

Ada juga yang percaya bahwa air ini bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit, namun hanya penyakit ringan saja.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Gua Maria SendangsonoFoto oleh Ilona Channel di Google Maps

Misalkan Anda tertarik setelah membaca ulasan diatas. Lalu bagaimana Anda mengunjungi kami? Sederhana saja, tempat wisata ini letaknya cukup strategis. Anda bisa mencapainya dari Tugu Jogja atau Alun-Alun Wates.

Dari Tugu Jogja jarak yang akan ditempuh sekitar 28 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam. Kawasan wisata Gua Maria Sendangsono juga dapat diakses dari Alun-Alun Wates dengan jarak 30 kilometer.

Perbedaannya tidak terlalu besar, keduanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan kecepatan normal. Misalnya jika Anda berada di tengah Kulon Progo, silakan menuju Jalan Mandung lalu menyusuri Jalan Pengasih.

Setelah melewati Jembatan Janti langsung menuju Jalan Jenderal Sudirman. Arahkan kendaraan ke Jalan Dekso, Jalan Kepiton dan Jalan Boro. Tujuan terakhir adalah Jalan Arah Muntilan, dimana objek wisata ini berada.

Alamat administratifnya adalah Samagang, Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Seperti tempat wisata religi pada umumnya, Gua Maria Sendangsono tidak memungut biaya masuk bagi wisatawan.

Mohon datang dengan berpakaian sopan dan rapi serta ingat bahwa ini adalah tempat ibadah. Anda hanya membayar untuk memarkir kendaraan saja, sekalipun ingin menikmati kuliner dan membeli oleh-oleh.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Gua Maria SendangsonoFoto oleh Ivonne Susiana di Google Maps

Sebenarnya bukan tempat wisata yang menawarkan wahana atau atraksi dengan latar alam yang indah. Meski begitu, masih banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Bukan hanya yang berkaitan dengan agama saja, namun masih banyak lagi seperti ulasan berikut ini!

Doa dan ziarah

Karena Gua Maria Sendangsono di Kulon Progo merupakan tempat ibadah, maka patut untuk berdoa terlebih dahulu. Anda dapat mengucapkan doa sesuai dengan keinginan dan ide pribadi Anda.

Tempat paling ideal adalah di depan patung Bunda Maria. Di dekatnya terdapat makam Barnabas Sarikromo. Jangan lupa mampir untuk berziarah.

Retret atau isolasi diri di Gua Maria Sendangsono

Suasana asri dan damai kerap dimanfaatkan pengunjung untuk berendam di Gua Maria Sendangsono Kulon Progo. Retret rohani adalah salah satu kegiatan terpenting bagi umat Katolik untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

Namun sebenarnya semua orang membutuhkan keadaan seperti ini. Sejenak Anda bisa melupakan hiruk pikuk dunia yang hanya bersifat sementara.

Bersantai dengan wisata kuliner

Aktivitas menarik berikutnya yang dapat dilakukan di Gua Maria Sendangsono adalah bersantai dengan wisata kuliner. Lingkungan yang teduh membuat kegiatan ini semakin mendukung.

Menu makanan dan minuman yang bisa dipilih juga banyak. Meski kebanyakan berupa masakan dan jajanan tradisional, namun rasanya dijamin bikin ketagihan.

Beli oleh-oleh khas Kulon Progo

Setelah menyelesaikan semua kegiatan wajib yang dirasa perlu, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh. Di depan pintu masuk Anda akan melihat toko yang menjual berbagai oleh-oleh.

Mulai dari makanan, jajanan, kerajinan tangan dan masih banyak lagi. Harganya relatif terjangkau, Anda bisa membeli dalam jumlah banyak tanpa harus memikirkan budget.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Gua Maria SendangsonoFoto oleh Charles Giovanni di Google Maps

Kawasan wisata Gua Maria Sendangsono dilengkapi dengan berbagai fasilitas penting untuk menunjang wisatawan. Lengkap sekali, Anda akan menemukan tempat parkir yang mudah diakses.

Ada juga warung, restoran, toilet, dan toko suvenir. Jika lelah setelah berjalan-jalan, manfaatkan gazebo dan bangku taman untuk duduk santai menikmati suasana.

Jogja tidak hanya menawarkan wisata alam saja, masih banyak tempat lain yang patut dikunjungi. Tempat wisata religi bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menguatkan keimanan.

Meski sekilas tampak sebagai tempat ibadah umat Katolik, Gua Maria Sendangsono Kulon Progo sebenarnya terbuka untuk umum. Jadi silakan datang dan sesuaikan tujuan perjalanan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button