Berita Wisata

Gubernur Kalsel Serukan Pelestarian Situs Geopark Meratus – ANTARA News Mataram

Banjarmasin (ANTARA) – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pelestarian situs Geopark Meratus yang saat ini sedang diupayakan menjadi UNESCO Global Geopark. “Ada 50 situs di Geopark Meratus yang terbagi dalam beberapa bagian seperti situs takbenda, budaya, infrastruktur, situs alam, geologi dan sosial ekonomi,” katanya kepada Banjarmasin, Rabu.

Saat ini Pemprov Kalsel terus mensosialisasikan pentingnya bagi setiap orang untuk melestarikan mahakarya Taman Bumi atau Geopark Meratus yang telah mendapat pengakuan nasional dan saat ini diperjuangkan dunia internasional.

Menurut gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu, sumber daya alam terbarukan saat ini diunggulkan. Bidang pariwisata yang menjadi bagian dari program tersebut menjadikan Meratus Geopark sebagai pilar dalam menjaga dan melestarikan kekayaan alam Kalimantan Selatan.

Diantara situs Geopark Meratus yang menjadi obyek wisata alam unggulan adalah Gua Liang Bangkai di Kabupaten Tanah Bumbu dan Air Terjun Mandin Mangapan di Kabupaten Banjar. Gubernur berharap agar keindahan kedua situs ini tetap terjaga dan pengunjung selalu diawasi agar tidak merusaknya, khususnya keberadaan flora dan fauna yang hidup di sekitarnya.

Baca Juga: Lembaga Lakukan Penelitian Artefak yang Ditemukan di Geopark Meratus
Baca Juga: Geopark Tambora Gelar Geowisata Untuk Pariwisata Berkelanjutan

Diketahui bahwa Geopark atau Taman Bumi merupakan kesatuan wilayah geografis yang unik, dimana situs geologi dan bentang alamnya dikelola secara holistik.
Komponen pengembangan kawasan Geopark meliputi pengembangan masyarakat, pengembangan ekonomi dan konservasi.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button