Berita Wisata

Gubernur Khofifah mengatakan PDRB sektor pariwisata di Jawa Timur meningkat signifikan

Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor pariwisata di provinsi setempat pada 2022 akan terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Khofifah dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kota Batu, Minggu, mengatakan, kekuatan sektor pariwisata bagi perekonomian Jatim sangat potensial, yang seharusnya mampu mendorong pertumbuhan sektor lain yang ada.

“Kekuatan pariwisata bagi perekonomian Jatim sangat luar biasa,” kata Khofifah saat berbicara di East Java Tourism Awards (EJTA) 2022.

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, PDRB triwulan I tahun 2022 atas dasar harga berlaku sektor pariwisata tercatat sebesar Rp36.986,76 miliar naik menjadi Rp38.243, triwulan II Rp41 miliar, dan triwulan II Rp39.408. di kuartal ketiga. 48 miliar.

Menurutnya, ketika sektor pariwisata mengalami peningkatan yang signifikan, maka akan berdampak pada sejumlah sektor lainnya seperti perhotelan, gastronomi, transportasi, usaha kecil menengah (UKM) hingga industri kreatif.

“Dengan meningkatnya pariwisata, UKM hotel, makanan, transportasi, dan industri kreatif akan tumbuh bersama-sama,” kata Khofifah.

Ia menambahkan, selain peningkatan GDPR sektor pariwisata, juga terdapat tren peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Jatim. Tercatat hingga Oktober 2022 terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara menjadi 52,7 juta dari tahun sebelumnya yang mencapai 45,6 juta.

Tren positif sektor pariwisata Jawa Timur ini juga terus didorong oleh potensi 1.316 objek wisata yang ada. Angka tersebut meliputi 449 wisata alam, 354 wisata budaya, 513 wisata buatan dan 596 desa wisata.

“Selain itu, terdapat pula 7.889 industri wisata restoran bintang dan non bintang, 1.576 hotel dan 1.743 homestay yang tersebar di 38 kabupaten kota di Jawa Timur,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya event EJTA 2022. Tercatat ada 68 penghargaan dari 11 kategori yang diberikan kepada desa wisata, tempat wisata, kuliner, pegiat seni hingga kesenian asli Jawa Timur.

Adapun 11 kategori penghargaan tersebut antara lain Penghargaan Daya Tarik Wisata Alam, Budaya dan Buatan, Lomba Video Profil Desa Wisata dan Lomba Film Pendek Pesona Wisata Jawa Timur.

Kemudian Penghargaan Bisnis Pariwisata untuk Kategori Hotel Non Bintang, Kategori Cottage atau Homestay Pariwisata, Kategori Bisnis Rumah Makan dan Kategori Rumah Makan.

Selain itu, ada juga Penghargaan Festival Makanan Khas Jawa Timur, Penghargaan Video Profil Makanan Terbaik, Penghargaan Festival Dalang Terbaik, dan Penghargaan Warisan Budaya Takbenda (WBTB).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button