Berita Wisata

Gubernur Khofifah optimistis Pantai Sijile, Situbondo akan ‘dibanjiri’ wisatawan

Situbondo (ANTARA) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa optimistis wisata Pantai Sijile di kawasan wisata Merak Baluran Situbondo akan banyak dikunjungi wisatawan karena pembangunan infrastruktur jalan yang akan membelah Taman Nasional Baluran sudah selesai.

“Tren wisata saat ini lebih ke alam. Sebelumnya, Pantai Sijile masih relatif sulit dijangkau karena infrastruktur yang kurang memadai, sehingga setelah peresmiannya harus siap dibanjiri wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” Gubernur kata Khofifah usai mengunjungi kawasan wisata Pantai Sijile Merak Baluran Situbondo.

Dalam kunjungannya, Gubernur Khofifah juga meresmikan pembangunan akses yang menghubungkan Dusun Sidomulyo dengan Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru. Jalan yang mampu menahan beban hingga 5 ton ini memiliki panjang 10 kilometer, lebar 3 meter, dan bahu satu meter.

Peresmian jalan ini mengikuti kesepakatan bersama antara Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Bupati Situbondo tentang pelestarian fungsi kawasan Taman Nasional Baluran. Termasuk melalui Kemitraan Pemberdayaan dan Konservasi Masyarakat di Kawasan Khusus Labuhan Merak (dulu HGU PT Gunung Gumitir) pada 3 September 2020.

 
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Karna Suswandi at. Senin (9/1/2023) ANTARA/Novi Husdinariyanto

“Pantai Sijile sangat indah, terumbu karang yang menampung ikan dan berbagai biota laut lainnya masih terjaga dengan baik, merupakan daya tarik yang sangat luar biasa,” kata gubernur.

Ia mengatakan keindahan pantai Sijile tidak perlu diragukan lagi, karena pantai ini masih belum terjamah yaitu masih perawan. Selain itu, ada tujuh pantai sambung lainnya di Situbondo yang juga masih belum terjamah sehingga panorama yang ditawarkan sangat alami dan asli.

“Arus air laut di pantai ini tenang, hampir tidak ada riak dan tidak terlalu dalam. Sangat cocok untuk berenang dan wisata bahari lainnya. Sehingga penduduk Jawa Timur yang berkunjung ke Situbondo harus singgah dan menikmati keindahannya. Pantai Sijile,” ujar mantan Menteri Sosial ini.

Terkait dukungan infrastruktur, Khofifah mengatakan, Pemkab Situbondo dan Pemprov Jatim akan terus melakukan upaya peningkatan aksesibilitas infrastruktur pariwisata di Situbondo.

Menurut Khofifah, Situbondo memiliki banyak pantai sehingga perlu dukungan infrastruktur untuk pengembangan sektor pariwisata.

“Pembangunan infrastruktur akan dilakukan secara bertahap, diharapkan jika sektor pariwisata terus berkembang maka kesejahteraan masyarakat sekitar juga meningkat,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button