Berita Wisata

Gubernur mencermati ARSINUM di Mattirotasi Pinrang, selain untuk memenuhi kebutuhan warga juga wisatawan

Gubernur mencermati ARSINUM di Mattirotasi Pinrang, selain untuk memenuhi kebutuhan warga juga wisatawan

Pinrang, sulselprov.go.id – Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman didampingi Kepala Biro Perkimtan Sulsel, Iqbal Suhaeb dan Bupati Wajo, Andi Irwan Hamid meninjau instalasi teknologi pengelolaan air siap minum (ARSINUM) di desa pesisir Mattirotasi, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Minggu 13 November 2022 .

Fasilitas ini diresmikan bulan lalu saat rapat paripurna DPRD dalam rangka HUT ke-353 Sulsel. Direvisi untuk memastikan bahwa instalasi berfungsi dengan baik dan digunakan oleh masyarakat. Peningkatan kualitas air sangat penting, terutama air minum bagi penduduk desa ini.

“Semoga kehadiran arsinum membawa manfaat yang besar bagi masyarakat pesisir kita, sehingga dapat menikmati air minum yang aman dan layak,” kata Andi Sudirman.

Selain itu, fasilitas ini juga meningkatkan ekonomi pariwisata desa ini karena terdapat objek wisata Pantai Harapan Ammani.

Karena persediaan air tersedia melimpah. Memenuhi kebutuhan 40 pengusaha kuliner, terutama di hari Sabtu dan Minggu yang sibuk.

“Selain itu kawasan wisata, pengunjung butuh air bersih dan sehat,” ujarnya.

Kepala Perkimtan Sulsel Iqbal Suhaeb menjelaskan, fasilitas ini mampu menghasilkan 5-6 meter kubik air bersih per hari dengan jam operasional 8 jam.

“Di Pinrang ada yang mendukung ketersediaan air minum di kawasan pesisir yang juga menjadi tempat wisata,” ujarnya.

Sebelumnya, air bersih datang dari daerah lain. Kualitas air di tempat ini kurang baik, asin untuk diminum. Kalau kering, airnya kering.

Bupati Andi Irwan Hamid mengakui, fasilitas yang sudah berjalan selama dua bulan ini banyak membantu dalam memenuhi kebutuhan warganya.

“Sangat membantu warga kita di sini, warga saya di pesisir, karena air di pesisir tidak terlalu bagus, asin,” ujarnya.

“Dengan Arsinum tentu airnya bagus karena airnya bersih. Apalagi bisa langsung diminum. Syukur kita punya Arsinum ini,” ujarnya.

Total tahun ini ada 10 titik ARSINUM di 8 kabupaten/kota. Diberikan kepada masyarakat pulau, daerah pesisir dan daerah rawan air minum yang layak dan aman.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button