Tempat Wisata

GULTIK BLOK M Kuliner legendaris Jakarta Selatan dengan harga menarik

GULTIK BLOK M Kuliner legendaris Jakarta Selatan dengan harga menarik

Harga Menu Gultik Blok M: Rp 5.000 – Rp 20.000. Jenis Menu: Makanan Tradisional, Makanan Cepat Saji, Kopi dan Teh. Jam buka: 17.00 WIB – 04.00 WIB. Nomor telepon : -. Alamat: Jl. Mahakam No.28, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 12130.

Berkeliling kota Jakarta Selatan, khususnya di kawasan Blok M, belum lengkap rasanya jika tidak mampir ke salah satu kuliner legendarisnya, yaitu Gultik Blok M. Gultik atau singkatan dari Gulai Bend Blok M sendiri sudah ada sejak tahun 1982. Jajanan kaki lima ini sebenarnya sudah menjadi ikon dari Blok M itu sendiri.

Hingga saat ini, toko legendaris ini telah memanjakan perut banyak orang dari berbagai generasi. Keunikannya terletak pada kemudahannya membawa kursi plastik bagi pengunjung. Makanan yang sangat disukai anak-anak sekolah di sekitar Blok M dan Mahakam. Hal ini cukup masuk akal mengingat harga satu porsinya sangat terjangkau hanya 10.000 saja.

Harga menu Gultik Blok M

Harga di Gultik memang cukup murah, hanya 10.000 per porsi. Meski porsinya terbilang minim, namun banyak yang mengatakan porsinya cukup memuaskan. Karena itulah stand makanan ini sangat cocok untuk berkumpul bersama teman atau pasangan. Tapi kalau mau kenyang bisa tambah 1 porsi atau ambil sate banyak.

Harga menu Gultik Blok M
Kari sapi + nasi satu porsi (campur) Rp 10.000
Kari sapi + nasi (terpisah) Rp 20.000
Aneka sate Rp5.000
Minum Rp5.000

Baca: Menu Andalan Bakso Titoti Legendaris dengan Harga Terjangkau

Jam buka Gultik Blok M

Sempat tutup pada akhir pekan selama pandemi, Gultik kini buka setiap hari. Gultik Blok M buka mulai pukul 17:00 hingga 04:00. Jika ingin menikmati makanan tanpa antre, datanglah pada hari kerja. Karena di akhir pekan biasanya sangat ramai dengan anak kecil melepas kaitan.

Jam buka Gultik Blok M
Sehari-hari 17.00 WIB – 04.00 WIB

Pilihan menu Gultik Blok M

Menu Gultik memang tidak terlalu banyak namun sebenarnya masih banyak orang yang menyukainya. Apalagi menu gulai sapi yang legendaris dijamin bikin ketagihan. Juga menu topping Sate juga akan memperkaya rasa kari. Meski menunya cukup sederhana, Gultik telah melekat di memori kolektif para pelanggannya.

Menu Kari Daging Sapi

Kari sapi Gultik Blok MGulai daging sapi. Foto: Google Maps/irene dyah Saraswati

Inilah primadona Gultik Blok M yang melegenda, yaitu gulai sapi. Menunya berisi nasi, kuah kari, bawang goreng, kerupuk dan 6-7 tusuk sate daging kecil. Namun tekstur daging sapinya sangat empuk dan rasa kuahnya juga sangat menyengat. Lalu ada juga kerupuk yang cukup banyak di kari daging dan Anda bisa meminta lebih banyak.

Kerupuknya sendiri lebih enak dicampur dengan kuah kari yang hangat. Kerupuk akan melunak, tetapi kaldu hangat bisa meresap ke dalam kerupuk. Kari sapi akan lebih nikmat jika ditambahkan 2-3 sendok sambal. Kehangatan gulai sapinya sungguh berpadu dengan hangatnya suasana saat berkumpul bersama teman-teman.

Baca: SATE MARANGI HAJI YETTY Harga terjangkau Pilihan menunya banyak

Menu sate kulit

sate kulit sate kulit. Foto: Google Maps/Fatkur Rochim

Kalau kerupuk lebih enak dimakan lembek dengan kuah karinya, bukan sate kulitnya. Sate Kulit memiliki tekstur yang renyah dan gurih, namun mudah dikunyah. Sehingga lebih nikmat disantap sebagai lauk atau bahkan sebagai hidangan penutup.

Meski demikian, porsi Hautsataé tidak terlalu besar dan ukurannya juga tidak terlalu besar. Mungkin hanya sekitar 5 kulit kecil dan bisa dilakukan dalam 2 gigitan. Namun, cukup masuk akal mengingat harganya yang hanya 5.000 dan rasanya yang enak.

Menu sate telur puyuh

Sate telur puyuh Sate telur puyuh. Foto: Google Maps/Citra Fitri Lestari

Dari semua sate yang ada di Gultik, mungkin yang paling populer adalah sate telur puyuh. Sate Telur Puyuh berisi 4 tusuk sate telur puyuh yang cukup besar. Dengan warna coklat, sate telur puyuh ini rasanya sedikit manis.

Jika tidak suka manis, Anda bisa menambahkan saus sambal atau mencampurkannya ke dalam kari dan aduk. Tapi kalau mau lebih manis bisa ditambah kecap manis. Menurut beberapa review, sate telur puyuh ini populer karena lebih mengenyangkan dibanding sate lainnya.

Sate Ati Ampela Gultik Blok M

Sate Perut Hati Sate Perut Hati. Foto: Google Maps/irene dyah Saraswati

Menu sate lain yang tak kalah enak adalah sate perut hati. Sate ati ampela biasanya terdiri dari 4 tusuk sate, tepatnya 2 ati dan 2 ampela. Rasa hati lumayan standar, seperti hati di pembuat bubur. Namun ampela terasa sangat gurih dengan tekstur yang lembut.

Ukuran lambung hati terbilang normal dan tidak sekecil kulit. Sate ini lebih enak dicampur ke dalam kari dan dicampur dengan daging sapi. Perpaduan antara ati, ampela, daging, kuah kari dan sambal menciptakan cita rasa yang unik.

sate usus

sate usus sate usus. Foto: Google Maps/Dwi Setiawati

Sate terakhir di Gultik Blok M adalah sate usus. Ukuran ususnya agak kecil dan tipis juga bisa habis dalam 2 gigitan. Meski begitu, ususnya tidak keras dan masih mudah dikunyah.

botol teh

Setelah makan gulai hangat, minum teh botol dingin akan membuat lebih nyaman. Selain itu, udara malam di Jakarta tidak terlalu dingin sehingga teh botolan dingin menjadi pilihan yang tepat. Konon, baik air maupun teh botol harganya 5.000. Jadi akan ada lebih banyak Itu sangat berharga untuk teh botol.

Perabot

Tentu saja, karena ini adalah jajanan pinggir jalan, fasilitasnya juga sederhana. Dijual di pinggir jalan, tempat duduk di sini lumayan banyak, meski basic dengan kursi plastik. Parkir juga tidak terlalu sulit jika Anda membawa sepeda motor. Tapi kalau bawa mobil bisa parkir di mall sekitar Gultik.

Lokasi Gultik Blok M

Bahkan, ada sekitar 30 Gultik di setiap sudut Blok M. Hal ini semakin menegaskan bahwa Gultik memang ada di setiap sudut Blok M. Namun, salah satu Gultik terbaik ada di seberang Hanamasa. Tepatnya di Jl. Mahakam No. 28, Kramat Pela, Kec. kby Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button