Tempat Wisata

Gumuk Pasir Parangkusumo, Tempat Wisata Alam Hits & Terbaru di Jogja

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Pantai J L. Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Cab.Bantul, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Negeri Bantul Yogyakarta selalu penuh kejutan dalam segala hal, baik kuliner, sejarah maupun alam. Contoh panorama alam adalah Gumuk Pasir Parangkusumo yang saat ini banyak dikunjungi wisatawan. Bagi Anda yang saat ini berada di Jawa Tengah khususnya Jogja tidak ada salahnya untuk melihat-lihat tempat wisata ini agar Anda tahu persis apa saja yang bisa Anda nikmati.

Dalam bahasa setempat gumuk berarti bukit yang tinggi dengan volume yang cukup banyak. Jadi jelas objek wisata yang menjadi topik utama kali ini adalah gumuk pasir dengan ketinggian yang lumayan, sehingga menyerupai bukit mini. Karena letaknya di kawasan Parangkusumo, maka disebut Gumuk Pasir Parangkusumo.

Proses alami terbentuknya bukit pasir ini oleh letusan Gunung Merapi dan Merbabu. Abu vulkanik yang dikeluarkan gunung saat erupsi akhirnya terbawa aliran sungai Opak, Progo, dan berbagai sungai di sekitar gunung. Proses ini berlangsung selama bertahun-tahun, sehingga pasir menumpuk dengan tekstur halus. Volume yang sangat besar akhirnya membentuk gundukan yang menyerupai gurun Sahara atau Timur Tengah.

Daya Tarik Gumuk Pasir Parangkusumo

Objek Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo, JogjaKredit foto: Google Maps Agung Nugraha

Pengunjung yang datang ke tempat tersebut belum tentu datang jika tidak ada daya tariknya. Setiap objek wisata pasti memiliki sesuatu yang menarik dan alasan mengapa layak dijadikan tujuan alternatif atau bahkan tujuan utama. Sama halnya dengan Gumuk Pasir Parangkusumo, ada beberapa objek wisata yang semakin menarik minat wisatawan.

1. Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo

Daya tarik pertama tentunya adalah keindahan gumuk pasir yang terbentuk karena proses alam. Dari kejauhan, tumpukan pasir halus itu tampak menyerupai gurun pasir. Bentuknya memang tidak beraturan karena proses alaminya, justru melalui bentuk inilah keindahan alam tersingkap dari berbagai sudut.

Meski jarang ditumbuhi tanaman di sekitar lokasi, namun keindahannya tetap bisa dinikmati. Wisatawan yang datang tidak hanya melihat tempat tersebut, sebagian besar memanfaatkan keindahannya untuk mengabadikan momen liburan. Di beberapa tempat terdapat ayunan dan tempat duduk yang dibangun oleh pemerintah untuk pengunjung yang ingin bersantai menikmati keindahannya.

2. Pemandangan Pantai

Lokasinya yang dekat dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok memberikan daya tarik tersendiri bagi tempat wisata ini. Pengunjung dapat dengan jelas melihat keindahan pantai meskipun terletak di bukit pasir Parangkusumo. Memiliki luas sekitar 2 km, terbentang dari muara Pantai Parangtritis hingga Panati Depok, membuat pengunjung puas dengan proses alam yang terjadi.

Angin jelas dirasakan wisatawan, begitu pula suara ombak yang mendekati bibir pantai. Di satu tempat, pengunjung merasakan dua kesan wisata alam yang berbeda, yaitu menginap di padang pasir dan pantai dengan panoramanya yang tidak diragukan lagi. Bahkan hingga saat ini, gundukan pasir unik ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.

3. Fenomena matahari terbenam

Banyak wisatawan yang datang ke pantai ini dengan tujuan utama menikmati keindahan sunset. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan saat berada di tempat wisata yang indah ini. Anda tidak perlu berada di pantai karena matahari sedang surut dan Anda dapat melihatnya dengan jelas meskipun posisi Anda saat ini berada di atas gundukan pasir.

Karena lokasi ini, pengunjung dapat merasakan seperti melihat fenomena matahari terbenam seolah-olah berada di Gurun Sahara. Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo semakin terlihat saat matahari yang memancarkan sinar jingga menerpa gumuk pasir dan terjadi pantulan yang tidak biasa. Variasi warna yang berbeda juga didapat saat benda lain menghalangi cahaya. Misalnya kebiruan akibat pantulan awan atau malah agak putih terang akibat pembiasan air laut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat gumuk pasir Parangkusumo, JogjaSumber Gambar: Google Maps Nanang H

Pengunjung yang baru pertama kali berkunjung ke Jogja atau bukan penduduk lokal akan kesulitan menemukan lokasinya. Jadi pastikan Anda menuliskan alamat lengkapnya di Jl. Pantai Parangkusumo Rt. 1, Grogol 10, Kretek, Bantul, DI Yogyakarta. Setelah itu, Anda tinggal mencari rute yang tepat menuju objek wisata tersebut. Tergantung dari mana Anda berasal, ada banyak rute akses.

Misalnya, jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, silakan ambil rute Jalan Parangtriris. Lanjutkan perjalanan ke selatan hingga menemukan jembatan panjang yang masih berada di jalan utama. Silakan belok kanan sebelum memasuki Pos Retribusi dari Pantai Parangtritis. Tidak jauh dari pertigaan tersebut terdapat papan besar bertuliskan Gumuk Pasir Parangkusumo yang berarti Anda sudah sampai di objek wisata tersebut.

Lain halnya jika Anda datang menggunakan kendaraan umum yang akses jalan rayanya terbilang lebih mudah. Dari arah mana pun Anda datang, silakan menuju ke Terminal Giwangan sebagai titik pertama untuk menemukan lokasinya. Selanjutnya, naik bus menuju Parangtritis dan akan membawa Anda ke terminal. Namun, Anda bisa turun tepat di depan objek wisata jika memberi tahu pengemudi sebelumnya.

Biaya masuk ke objek wisata

Kartu Gumuk Pasir Parangkusumo, JogjaSumber gambar: Google Maps Video Jancuk

Anda mungkin mengira tawaran Gumuk Pasir Parangkusumo akan memaksa Anda membayar biaya tinggi. Sebenarnya tidak demikian, bahkan Anda bisa berpartisipasi dengan membayar minimal 10.000 rupiah untuk satu orang. Harga tersebut belum termasuk parkir kendaraan yaitu 3.000 rupiah untuk sepeda motor, 10.000 rupiah untuk mobil dan 20.000 rupiah untuk bus.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07:30 – 18:30. Tarif dan jam operasional di atas dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan Manajer. Namun yang jelas harga yang ditawarkan sangat murah jika dibandingkan dengan pengalaman seru yang bisa didapatkan di tempat wisata tersebut.

Kegiatan menarik di bukit pasir

Aktivitas Gumuk Pasir Parangkusumo di JogjaKredit Foto: Google Maps Jelajahi Jogja

Kegiatan yang biasa dilakukan pengunjung tempat wisata unik ini sebenarnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung yang datang ingin menikmati tidak hanya keindahannya tetapi juga berbagai aktivitas di dalamnya. Bahkan ada aktivitas yang hanya bisa dilakukan di gumuk pasir ini. Artinya, objek wisata lain tidak menyajikannya karena keterbatasan fasilitas. Berikut hal menarik yang bisa dilakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo!

1. Sandboarding yang Menyenangkan

Pertanyaan sederhana, adakah tempat wisata lain yang menawarkan aktivitas menarik seperti sandboarding? Tentu tidak, karena objek wisata ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara. Artinya kegiatan yang jarang ditemukan di lokasi wisata lainnya. Nikmati serunya sandboarding di atas papan yang mampu memompa adrenalin. Meski tidak ada salju, Anda juga bisa bermain snowboard di gundukan pasir.

Untuk menikmati permainan ini Anda perlu menyewa skateboard khusus seharga 70.000 rupiah. Namun, jika ingin lengkap dengan pemandunya, Anda harus membayar 100.000 rupiah. Harganya masih jauh lebih murah dari pengalaman dan sensasi yang Anda dapatkan. Selain snowboard, ada juga alat keselamatan yang bisa didapatkan secara gratis dan masih termasuk dalam paket sewa papan.

Seluncur es di atas pasir memang tidak mudah, dibutuhkan keahlian khusus untuk menaklukkan pasir tersebut. Alasannya karena teksturnya yang tidak semulus salju membuat papan mudah meluncur tanpa ada tekanan. Ada beberapa trik khusus di sini yang perlu dipelajari. Namun jangan khawatir, ada pemandu yang akan mengajari Anda cara menjadi sandboarder profesional.

2. Mengendarai sepeda motor trail

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo adalah bersepeda trail. Seperti sandboarding, menaklukkan lereng pasir dengan roda bundar tidaklah mudah. Salah sedikit saja, motor langsung selip. Demi kenyamanan para wisatawan, sepeda trail ini sedikit dimodifikasi agar mudah dikendarai di atas pasir.

Sedikit lebih mahal dari sewa sandboard, Anda harus membayar biaya sewa sebesar 120.000 rupiah. Dalam hal ini tidak ada pemandu khusus jadi tolong ajari diri Anda sendiri bagaimana cara menaklukkan gundukan pasir yang menjadi penghambat utama kesenangan aktivitas yang Anda lakukan. Baik trail bike maupun sand boarding bisa memacu adrenalin dan sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai tantangan.

3. Di sekitar pantai

Aktivitas Seru Gumuk Pasir Parangkusumo, JogjaKredit Foto: Google Maps Yanuar Deddy Iskandar

Menariknya, lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo tidak hanya dekat dengan satu pantai saja, melainkan ada tiga pantai yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekaligus. Tiga pantai yang dimaksud adalah Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis, dan Pantai Cemara Sewu. Wisatawan puas menikmati keindahan dan segala aktivitas yang bisa dilakukan di gosong bisa berpindah ke pantai. Dari ketiganya tentu saja Pantai Parangkusumo yang paling dekat dengan jarak beberapa puluh meter saja.

4. Tempat foto yang menggemaskan

Tidak lengkap rasanya jika tidak menyertakan aktivitas foto saat mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo. Bagaimana tidak, ada banyak tempat di mana Anda bisa membuat background foto yang memukau. Sebut saja gundukan pasir seperti pekerja di Sahara. Anda dapat mengambil sudut yang tepat untuk mengambil foto yang indah. Apalagi jika Anda datang saat senja, saat ini pancaran sinar matahari perpisahan membuat suasana semakin indah dan romantis.

Spot yang tak kalah menarik adalah adanya tumbuhan purba yang jatuh di tengah gurun pasir. Tempat ini sering digunakan untuk duduk santai bagi sebagian wisatawan yang penat dari aktivitasnya. Karena spotnya cukup menarik, banyak juga pengunjung yang menggunakannya sebagai background foto untuk dibagikan di media sosial utama mereka.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Gumuk Pasir Parangkusumo, JogjaSumber Gambar: Google Maps Dimas Aldhi Pradana

Setiap tempat wisata yang selalu ramai pengunjung pasti menawarkan fasilitas yang memadai. Jangan khawatir jika berada di Gumuk Pasir Parangkusumo karena fasilitasnya cukup lengkap. Untuk membersihkan diri, silakan gunakan toilet yang terletak di sudut fasilitas wisata. Selain itu, terdapat juga tempat parkir luas yang mampu menampung ratusan sepeda motor dan puluhan mobil

Bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan ibadah, tersedia mushola yang bisa digunakan tak jauh dari lokasi. Pengunjung yang merasa lapar juga tidak perlu khawatir, banyak warung yang menjual makanan. Baik makanan berat maupun ringan, semuanya tersedia dengan harga terjangkau. Ada juga minuman seperti teh, kopi dan juga ice cream maker yang siap melepas dahaga.

Sedikit tips bagi anda yang ingin mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo. Karena cuaca pantai atau laut, Anda harus mengenakan pakaian yang nyaman. Pilih warna yang paling terang dan hindari warna gelap seperti hitam. Jangan lupa membawa topi atau payung bagi Anda yang tidak tahan dengan cuaca panas. Seperti yang Anda ketahui, akomodasi jarang terjadi setelah Anda tiba di tempat wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button