Tempat Wisata

Gunung Api Jaboi: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kawah Gunung Api Jaboi atau masyarakat setempat lebih mengenal Gunung Api Jaboi di Gampong Jaboi, Sabang, yang merupakan salah satu wujud kawasan sebagai tujuan wisata. Salah satu tempat wisata yang terdiri dari berbagai aktivitas yang dihasilkan oleh energi panas bumi di permukaan bumi. Menurut warga sekitar, kata Sabang berasal dari kata Shabag yang mempunyai arti tersendiri yaitu gunung berapi yang sedang meletus. Hal ini dibuktikan dengan adanya gunung berapi ini yaitu Gunung Berap Jaboi.

Pengunjung yang baru berkunjung ke tempat ini akan disambut dengan bau menyengat yang keluar dari kawah. Bau ini disebabkan oleh cairan yang mengalir ke atas, mengeluarkan zat seperti CO2, SO2, HCl, dll. Di gunung ini pengunjung bisa melihat langsung kawah yang masih aktif. Di kawah ini juga terdapat aliran air hangat yang keluar di sekitar kawah ini. Menurut penelitian, air panas di gunung ini mengandung asam sulfat, bikarbonat, dan belerang.

Semakin dalam Anda menemukan jalan yang sedikit menanjak dan menemukan parit yang cukup besar. Lanjutkan berjalan menyusuri parit ini dan di ujung parit Anda juga akan melihat sumber air yang cukup panas. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang mencoba memasak telur di pemandian air panas tersebut. Oleh karena itu, pengunjung harus selalu berhati-hati saat menjelajahi tempat ini.

Setelahnya, pengunjung juga bisa menemukan tebing yang cukup terjal, tingginya hampir 2 meter. Di kawasan ini juga terdapat bongkahan batu berwarna putih. Melewati tempat ini cukup ekstrim karena tidak ada medan datar di kawasan ini, semuanya berbatu-batu dan terkadang ditemukan bebatuan kecil yang tidak menyatu dengan bebatuan lainnya.

Apalagi pemandangan yang ditawarkan di tempat ini unik dan indah karena hampir semuanya berlatar belakang putih. Pengunjung juga dapat melihat dari dekat berbagai kawah yang masih aktif dan mencium bau belerang yang dapat dideteksi dengan indra penciumannya. Namun, kehati-hatian harus dilakukan saat melihat kawah gunung berapi ini. Berbagai jenis batu berwarna putih pun turut menghiasi pemandangan. Di lokasi ini, pengunjung yang datang tidak akan menemukan pepohonan hijau rindang. Sebab di titik inilah pepohonan akan mati akibat uap panas dan belerang yang ada di sekitar kawasan vulkanik Jaboi. Di tempat ini pengunjung bisa menemukan berbagai jenis batu dan batang pohon mati yang memiliki tekstur unik.

Wisata Gunung Api Jaboi terletak pada ketinggian antara 100 meter di atas permukaan laut hingga 200 meter di atas permukaan laut. Lokasi ini juga terbilang minim dari segi fasilitas yang tersedia. Di sini juga tidak ada tempat parkir khusus dan tidak ada warung yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman.

Pengunjung mungkin akan sedikit terkejut karena tempat ini terkesan begitu sepi. Tempat ini mempunyai pengunjung yang cukup banyak. Namun di penghujung tahun, tempat tersebut kemungkinan akan ramai dikunjungi pengunjung yang penasaran dengan keindahan dan keunikan kawah gunung berapi tersebut. Pengunjung yang datang tidak hanya wisatawan lokal atau domestik saja, namun juga wisatawan mancanegara yang terlihat di kawasan wisata Gunung Api Jaboi.

Gunung berapi yang masih aktif ini dikembangkan oleh pemerintah setempat menjadi salah satu tempat wisata alam di Pulau Weh. Hal ini mungkin diperlukan karena masih banyak warga sekitar yang belum mengetahui tempat wisata ini.

Baca juga: Pantai Lhok Geudong, pantai indah dengan rutinitas memancing

Peta lokasi gunung berapi Jaboi

Kawasan wisata Gunung Api Jaboi terletak di kawasan Gampong Jaboi yang masih termasuk dalam kawasan Sukakarya di Kota Sabang, Provinsi Nanggro Aceh Darussalam. Tempat ini berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Sabang dan perjalanan kesana hanya memakan waktu sekitar setengah jam.

Kawasan wisata alam ini bisa Anda capai dengan kendaraan roda empat. Rutenya melewati Balohan, kota pelabuhan di selatan Pulau Weh. Dari Balohan Anda bisa mengikuti jalan aspal ke arah selatan. Jalur ini termasuk jalur lingkar Pulau Weh. Dari Balohan jarak menuju Kota Jaboi sekitar 6 km. Setelah sampai di kota Jaboi, anda dapat memperhatikan tanda-tanda yang menuju ke kawasan wisata Gunung Api Jaboi.

Jam buka dan biaya masuk gunung berapi Jaboi

Jika Anda ingin mengunjungi kami, Anda bisa datang kapan saja karena tidak ada batasan jam buka. Lalu untuk HTM atau harga tiket masuknya tidak dipungut biaya, artinya gratis.

Tips berlibur di gunung berapi Jaboi

  • Pastikan Anda tetap menjaga kesehatan karena medan yang dilalui di kawasan wisata ini cukup ekstrim
  • Bawalah makanan dan minuman karena Anda tidak akan menemukan penjual makanan atau minuman di tempat wisata ini
  • Selalu berhati-hati dalam memilih liburan ke Gunung Jaboi karena gunung ini masih aktif

Galeri foto gunung berapi Jaboi

Potret Gunung Api Jaboi di Sabang
Pepohonan di Gunung Jaboi
Potret bebatuan dekat kawah
Potret kawah di gunung berapi Jaboi
Potret pohon busuk
Perburuan Foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button