Tempat Wisata

Gunung Bungkuk: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Gunung Bungkuk memiliki ketinggian sekitar 1.162 meter. Objek wisata ini tentunya sangat cocok bagi anda yang suka berlibur mendaki gunung. Mendaki sendiri puncak gunung ini tentu tidak mudah. Dibutuhkan tenaga yang super ekstra dan stamina yang cukup. Bagi anda yang ingin mendaki gunung ini harus terlebih dahulu meminta izin kepada kepala desa setempat dan sebaiknya meminta bantuan kepada penjaga gunung ini.

Penjaga inilah yang nantinya akan membantu Anda mencapai puncak gunung ini. Karena gunung ini memiliki akses jalan yang berbeda-beda, maka terdapat dua jalur, satu jalur yang masih ditumbuhi berbagai tanaman dan satu lagi jalur berbatu tanpa vegetasi. Kemiringan medan yang akan dilalui juga cukup ekstrim bahkan bisa mencapai 45-50 derajat. Perjalanannya cukup memacu adrenalin dan tentunya sangat melelahkan.

Satu hari saja tidak cukup untuk mencapai puncaknya, sehingga Anda pasti akan mendapatkan pengalaman tidur di bawah tenda dan di permukaan Gunung Bungkuk. Saat malam tiba, suasana juga menjadi lebih tenang dan udara menjadi lebih dingin hingga ke tulang. Disarankan membawa pakaian atau selimut tebal untuk menghalau dinginnya udara sekitar.

Keindahan di puncak Gunung Bungkuk akan semakin mempesona jika bisa melihatnya Matahari terbit.keindahan yang sungguh luar biasa. Untuk menyaksikan keindahan matahari terbit memang tidak mudah, bahkan Anda harus mendaki dengan kemiringan hampir 90 derajat. Namun semua itu menjadi lebih mudah dengan indahnya pemandangan mentari pagi. Selanjutnya dari puncak gunung ini Anda juga bisa melihat dengan jelas kota Bengkulu dengan keindahan pantainya.

Sejarah Mistik Gunung Bungkuk

Selain keindahan Gunung Bungkuk, ada pula kisah mistis di baliknya. Percaya atau tidak, konon di dalam hutan pegunungan ini terdapat makhluk yang oleh penduduk setempat disebut Anak Dalam. Gunung Bungkuk sendiri menyimpan banyak sekali sejarah dan kejadian mistis yang belum terungkap. Penduduk setempat mempercayai mitos bahwa ada makhluk hidup yang hidup di gunung ini. Dan konon Anak Dalam dulunya adalah orang yang sakti. Namun sejauh ini belum ada yang berhasil menjumpai Anak Dalam di Gunung Bungkuk.

Menurut senior Merigi Sakti, H. Hamzah, 76 tahun, mengaku semboyan tentang Anak Dalam bersifat mistis dan tidak bisa dipahami orang. Menurutnya, jika ada yang salah dalam menelusurinya, maka akan ada peringatan dan bencana bagi masyarakat.

Menurut cerita yang beredar, Anak Dalam muncul sekitar tahun 1990 dan hanya orang-orang tertentu yang bisa melihatnya. Digambarkan Anak Dalam berpakaian serba putih dan berjalan menyusuri jalan setapak. Bagi yang percaya, kemunculan Anak Dalam merupakan pertanda akan terjadi bencana di daerah tersebut. Padahal di kawasan ini terjadi musim kemarau yang cukup panjang dan banyak hutan yang terbakar, termasuk hutan di Gunung Bungkuk.

Namun menurut Kuncen Gunung Bungkuk, Indra Sakti mengakui keberadaan Anak Dalam hanya mitos belaka. Anak Dalam yang digambarkan serba putih sering duduk di atas perahu.

Ternyata tak hanya Anak Dalam saja, Gunung Bungkuk juga menurut warga sekitar dihuni oleh sepasang harimau yang merupakan penjelmaan makhluk halus. Di kawasan sekitar Gunung Bungkuk sendiri juga terdapat gua dan makam batu yang digunakan penduduk setempat sebagai tempat mengucapkan sumpah. Untuk itu, penjaga gunung ini pun menghimbau kepada pengunjung untuk tetap sopan jika ingin melihat keindahan Gunung Bungkuk.

Baca juga: Air terjunnya lebar dan dangkal, keindahannya tersembunyi di balik hutan

Lokasi Gunung Bungkuk

Gunung Bungkuk terletak di Kecamatan Pagar Jati, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Akses menuju tempat ini berjarak sekitar 4 km dari desa Komering atau melalui jalan provinsi Lubuk Sini-Pagar Jati sekitar 8 km.

Biaya masuk ke Gunung Bungkuk

  • Biaya masuk: Rp 12.000/orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan November 2023)

Jam Operasional Gunung Bungkuk

Kiat liburan

  • Bagi anda yang ingin mencoba mencapai puncak gunung tersebut, ada baiknya anda meminta izin kepada kepala desa setempat terlebih dahulu.

  • Ada baiknya Anda meminta bantuan kepada pengelola Gunung Bungkuk untuk menemani perjalanan Anda

  • Siapkan daya tahan tubuh yang cukup

  • Bawalah perbekalan secukupnya dan jangan lupa membawa pakaian yang tebal

  • Jagalah lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan

Galeri Foto Gunung Bungkuk

Potret Gunung Bungkuk
Keindahan Gunung Bungkuk dari kejauhan
Mendaki Gunung Bungkuk
Puncak Gunung Bungkuk
Potret paralayang di Gunung Bungkuk

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button