Tempat Wisata

Gunung Cikuray: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Dengan ketinggian hampir 3.000 meter atau sekitar 2.818 meter di atas permukaan laut, gunung ini dianggap sebagai gunung tertinggi di Garut dan termasuk gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung Cikuray menjadi favorit pendaki Jabodetabek.

Meski tidak jauh dari Jakarta, biaya yang dibutuhkan cukup mahal karena untuk mencapai gunung ini harus menyewa mobil atau menyewa jasa ojek yang tentunya menambah biaya perjalanan. Berbeda dengan Gunung, Salak dan Gunung Pangrango, tidak ada angkutan umum untuk menuju Gunung Cikuray.

Wisata alam ini cocok untuk para pendaki sejati, karena selain pemandangan alam yang indah dan jalur-jalur yang seru, juga ada cerita mistis di baliknya. Itu sebabnya Anda harus selalu berdoa untuk keselamatan dan tentunya Anda akan menikmati pendakian gunung yang satu ini.

Fasilitas yang ada di Gunung Cikuray

Sayang sekali Gunung memiliki potensi wisata alam yang bagus namun tidak memiliki fasilitas yang sesuai. Tidak ada fasilitas seperti base camp yang luas dan nyaman untuk beristirahat atau tidur.

Juga tidak ada fasilitas kamar mandi dan toilet gratis. Jika ingin ke toilet dikenakan biaya Rp. 3000,-. Bahkan jika Anda mendaki gunung lain, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak.

Tidak ada catu daya untuk mengisi daya ponsel dan perangkat lain. Seharusnya pemerintah daerah memperhatikan permasalahan yang ada di Gunung Cikuray agar potensinya dapat digali lebih jauh.

Keindahan Gunung Cikuray

Menurut naskah kuno, Gunung Cikuray merupakan pintu gerbang Kerajaan Pajajaran pada zaman dahulu. Pada abad ke-17, lereng Gunung Cikuray menjadi tempat tinggal para pendeta dan pusat pembelajaran berbagai jenis ilmu. Dengan adanya pusat pembelajaran ini, tempat tersebut menghasilkan berbagai jenis teks kuno yang menjadi objek penelitian para sejarawan.

Jika Anda tertarik mendaki gunung ini, Anda akan disuguhi pemandangan luas perkebunan teh khas Jawa Barat. Selain itu, udara yang sejuk disertai angin sepoi-sepoi akan membuat Anda betah berlama-lama di suasana khas pegunungan.

Jika anda datang pada musim kemarau daerah tersebut bisa sangat berdebu, namun jika hujan jalanan yang anda lewati akan licin dan tentunya becek. Banyak pengunjung mengaku senang mendaki gunung yang satu ini. Anda akan menemui jurang dan medan yang terjal.

Dengan hutan yang masih tertutup rapat oleh pegunungan dan kabut yang bisa turun kapan saja. Ini merupakan tantangan bagi para pendaki. Meski kerap angker, tempat wisata alam ini ramai dikunjungi saat liburan panjang.

Berburu foto di kawasan Gunung Cikuray

Jika Anda suka memotret, Anda harus mencoba membawa kamera beserta film pelindungnya. Namun, ada baiknya jika Anda tidak hanya memotret landscape saja, karena Anda sedang mendaki. Pikirkan keselamatan Anda.

Setelah beristirahat, Anda bisa memotret objek yang indah. Ada beberapa hewan liar yang akan Anda jumpai di sini seperti monyet dan burung-burung cantik. Jika beruntung Anda bisa memotret hewan-hewan cantik ini.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen saat sudah sampai di puncak Gunung Cikuray. Anda bisa berfoto selfie dengan teman-teman dengan latar belakang pemandangan alam yang hijau dan asri.

Biaya masuk ke Gunung Cikuray

  • Biaya masuk: Rp30.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Gunung Cikuray

Lokasi Akses ke Gunung Cikuray

Untuk mencapai Kota Garut dari Jakarta, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Anda bisa berkendara menuju Kota Garut kemudian ambil arah ke Cilawu. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, tinggalkan kendaraan Anda di dekat Cilawu dan sewalah ojek atau mobil sewaan.

Lanjut ke stasiun penyiaran dimana menggunakan jasa ojek dikenakan biaya Rp 40.000 per orang. Jika Anda datang ke sini saat liburan panjang, harga yang dikenakan juga akan meningkat.

Perjalanan menuju stasiun transmisi memakan waktu 1 jam. Saat memasuki perkebunan teh, Anda akan diminta untuk mengisi buku tamu. Baru setelah itu Anda akan menemukan pos perkebunan.

Tips berlibur ke Gunung Cikuray

  • Persiapkan tenaga dan stamina anda karena ini membutuhkan perjalanan yang memakan waktu
  • Bawa perlengkapan mendaki seperti tenda, peralatan masak, dan lainnya.
  • Anda perlu menyiapkan makanan dan minuman dan tidak membawa makanan terlalu banyak.
  • Berpakaian hangat dan tentu saja membawa jaket.
  • Pilih sepatu yang nyaman untuk Anda
  • Jangan dibuang.

Oleh karena itu review dari Gunung Cikurai Ini bisa menjadi referensi wisata alam Anda dan teman-teman. Semoga informasi diatas dapat membantu untuk melengkapi informasi anda. Bawa pulang sampah Anda dan ucapkan selamat berlibur.

Galeri foto Gunung Cikuray

Selamat datang di Gunung Cikuray
Potret Gunung Cikuray
pendaki Cikuray
Puncak Gunung Cikuray
Sunset di Gunung Cikuray

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button