Tempat Wisata

Gunung Daik: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Gunung Daik merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di kabupaten Lingga. Selain pantai dan air terjun, gunung ini juga bisa Anda kunjungi sebagai objek wisata alam. Tempat wisata ini mempunyai pesona yang tidak kalah indahnya dengan tempat wisata lainnya.

Gunung Daik merupakan salah satu gunung di Kepulauan Riau yang terkenal dengan gunung berlengan tiga. Masyarakat sudah mengenal Gunung Daik sebagai objek wisata pendakian yang memiliki daya tarik tersendiri. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Kepulauan Riau dengan ketinggian 1165 mdp.

Pesona Gunung Daik

Gunung Daik mempunyai keindahan yang mempesona sehingga menggugah minat yang besar di kalangan pendaki. Meski jalur yang dilalui terkenal terjal dan berkelok-kelok, namun hal ini diimbangi dengan keindahan alam sekitar gunung yang masih sangat hijau dan asri. Sebelum memulai pendakian, Anda akan disambut oleh sebuah gerbang bertanda Objek Wisata Pendakian Gunung Daik.

Suasana hutan alami menanti Anda di sepanjang jalur pendakian. Di kaki gunung terdapat sungai-sungai yang airnya sangat jernih. Air sungai ini menjadi sumber penghidupan masyarakat Lingga.

Pendakian memakan waktu semalaman. Sesampainya di puncak gunung, Anda akan disuguhkan pesona keindahan kota Lingga dan sekitarnya. Selain itu, jika Anda bermalam di gunung ini, Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbit di pagi hari.

Sejarah Gunung Daik

Gunung Daik memiliki legenda yang sangat dipercaya oleh masyarakat sekitar gunung. Pada zaman dahulu, gunung ini dihuni oleh makhluk halus bernama Bunian. Saat ini masyarakat Bunian sangat dekat, bahkan tidak jarang masyarakat meminjam peralatan atau bahkan perabotan Bunian saat perayaan.

Namun suatu hari tidak ada yang mengembalikan furnitur yang dipinjam Bunian, sehingga membuat Bunian marah. Hal ini telah menjadi mitos tentang Gunung Daik yang diyakini masyarakat setempat.

Fasilitas di Gunung Daik

Seperti gunung lainnya Gunung Daik Tidak ada fasilitas seperti warung makan atau fasilitas lainnya. Di sana hanya terdapat satu pos penjagaan yang berguna untuk memberi tahu wisatawan sebelum pendakian.

Namun banyak fasilitas yang ada di kota Lingga seperti pertokoan, warung makan, toilet, hotel, akomodasi dan fasilitas lainnya yang dapat menunjang perjalanan anda sebelum atau sesudah pendakian.

Berburu foto di tur ini

Berburu foto menjadi momen yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan, termasuk para pendaki gunung. Anda bisa berfoto di depan gerbang pintu masuk via ferrata sebagai pembuka.

Selanjutnya, Anda bisa mengambil foto keindahan alam yang masih alami saat mendaki. Sesampainya di puncak, Anda bisa mengambil foto keindahan kawasan Lingga yang terlihat dari atas. Selain itu, Anda juga bisa mengambil foto saat matahari terbit yang pastinya akan memberikan hasil jepretan yang memuaskan.

Baca Juga: Pantai Setokok, Lukisan Alam dari Pulau Batam

Tips berwisata ke Gunung Daik

Gunung Daik merupakan wisata pendakian yang membutuhkan banyak persiapan. Oleh karena itu, ada beberapa tips sebelum melakukan pendakian: Siapkan perlengkapan yang diperlukan untuk pendakian, misal: Seperti logistik, pakaian hangat, korek api dan senter untuk penerangan, sepatu gunung, perlengkapan camping bagi yang ingin menginap dan perlengkapan pendakian lainnya.

Anda juga perlu mempersiapkan diri secara fisik agar tetap kuat untuk mendaki gunung hingga ke puncak. Karena jalur pendakiannya yang cukup sulit, maka Anda harus dalam keadaan sehat sebelum memulai pendakian. Jangan lupa membawa kantong plastik untuk menampung sampah di gunung karena Anda harus menjaga gunung tetap bersih dan lestari.

Akses ke Gunung Daik

Untuk mencapai tempat wisata Gunung Daik, Anda bisa memulai perjalanan dengan speedboat dari Tanjung Pinang menuju Pelabuhan Pancur di Kabupaten Lingga. Sesampainya di Lingga, Anda bisa naik ojek atau kendaraan pribadi yang Anda sewa menuju kawasan wisata.

Jam buka dan biaya masuk

Pendakian ke Gunung Daik tidak ada batasan waktu, sehingga Anda bisa mendakinya kapan saja. Selama ini pendaki tidak dipungut biaya masuk saat memasuki jalur pendakian, namun bagi anda yang membutuhkan pemandu harus membayar biaya sebesar Rp 100.000. 200.000

Wisata Gunung Daik merupakan salah satu objek wisata yang layak untuk dikunjungi ketika anda berada di Kepulauan Riau, terutama bagi anda yang menyukai wisata alam atau bahkan menyukai panjat tebing. Gunung Daik menjadi salah satu jalur pendakian alternatif yang patut Anda coba karena merupakan jalur pendakian yang memacu adrenalin.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai kawasan wisata pendakian Gunung Daik. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memperkaya destinasi wisata Kepri anda.

Galeri Foto Gunung Daik

Potret Gunung Daik dari lautan memperlihatkan 3 puncak
Mendaki Gunung Daik
Potret indah Gunung Daik
Sungai Rocky di kawasan pendakian Gunung Daik
Potret hutan di Gunung Daik
Puncak Gunung Daik, 1065 MDPL

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button