Tempat Wisata

Gunung Lawu: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Liburan bersama keluarga dan teman atau bersama pasangan pasti sangat mengasyikkan. Anda bisa bersenang-senang dan mengunjungi berbagai tempat wisata yang menawarkan banyak objek wisata untuk menyegarkan pikiran. Untuk menikmati liburan yang menyenangkan, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena sebenarnya di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Apalagi jika Anda tinggal di Jawa Timur dan sedang mencari wisata yang menawarkan adrenalin sekaligus keindahan alam. Segera ke Magetan karena ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi termasuk Puncak Lawu.

Puncak Lawu merupakan objek wisata istimewa yang banyak dikenal baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Wisata Puncak Lawu dapat dicapai melalui pintu masuk yang terletak di Desa Cemorosewu, Kecamatan Plaosan. Gerbang masuknya berada di jalan provinsi yang menghubungkan Magetan-Solo via Tawangmangu, sehingga objek wisata dapat mencapai puncak Gunung Lawu dengan mudah diakses dari Magetan dan Karanganyar.

Daya tarik resor ini adalah tempat di mana Anda dapat menikmati keindahan alam, hutan alam, tumbuhan dan hewan khusus, udara segar dan pemandangan alam yang indah dan matahari terbit. Bahkan, tempat ini juga digunakan untuk wisata ritual karena banyak sekali peninggalan Prabu Brawijaya V. Karena keindahan tempat ini, tak heran jika Puncak Lawu banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai kota di sekitar Jawa Timur, luar pulau Jawa, bahkan mancanegara.

Memang, keindahan panorama Puncak Lawu menjadi magnet tersendiri bagi Anda yang menyukai aktivitas menantang seperti hiking atau berkemah. Jika Anda mengundang banyak anggota keluarga atau teman, dijamin Anda mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Dikelilingi hijaunya alam Puncak Lawu, kamu bisa membuat api unggun sambil bercengkerama dengan teman-teman. Di malam hari Anda juga bisa melihat keindahan bintang-bintang di langit karena kawasan ini secara alami jauh dari polusi cahaya. Jika anda ingin menikmati pemandangan indah di pagi hari, anda bisa bangun sebelum matahari terbit atau mendaki karena dari Puncak Lawu anda bisa melihat betapa indahnya pemandangan matahari terbit yang bisa membuat anda tertawa. Jadi tunggu apa lagi? Lengkapi liburan seru Anda dengan mendaki ke puncak Gunung Lawu.

Fasilitas di Puncak Lawu

Mengingat objek wisata ini berada di atas gunung, jangan berharap terlalu banyak karena seperti tempat wisata lainnya juga tersedia fasilitas penunjang yang cukup memadai. Namun ada beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan atau manfaatkan disana. Yaitu perkemahan. Bagi Anda yang ingin menginap atau menikmati pemandangan Puncak Lawu, tersedia area yang bisa Anda gunakan untuk mendirikan tenda. Sambil menunggu matahari terbit anda bisa melihat indahnya bintang di langit malam. Selain itu, ada juga warung bernama Warung Mbok Yem yang disebut-sebut sebagai warung tertinggi di Indonesia karena letaknya di Puncak Lawu. Selain menyediakan makanan dan minuman bagi para pendatang lokal atau pendaki gunung, Warung Mbok Yum juga menyediakan penginapan berkapasitas 30 orang bagi yang tidak membawa tenda.

Berburu foto di Puncak Lawu

Bagi Anda yang menyukai fotografi dan wisata alam, mengunjungi Cemoro Sewu akan memberikan perasaan dan pengalaman tersendiri yang pasti tidak akan Anda lupakan. Persiapkan kamera Anda, baik kamera dari ponsel atau kamera profesional dari rumah Anda, karena Anda tidak ingin melewatkan pemandangan indah di sana. Pinus dan pepohonan lain yang berada di sana bisa menjadi target foto yang sempurna, baik Anda hanya sekedar memotret pemandangan alam atau juga menggunakannya sebagai background foto Anda bersama keluarga atau teman. Jangan lupa untuk menguploadnya di berbagai media sosial, agar teman-teman tahu bahwa masih banyak tempat wisata menarik yang ada di negeri sendiri. Saat Anda menyaksikan matahari terbit, Anda juga dapat menggunakan momen ini untuk mengambil foto sebanyak yang Anda suka. Jika Anda membawa kamera berkualitas, Anda juga bisa mengambil foto bintang-bintang yang terlihat jauh lebih terang daripada saat kita melihatnya di kota.

Baca Juga: Taman Rekreasi Selecta, Menyaksikan Indahnya Keajaiban Taman Bunga

Akses ke Puncak Lawu

Untuk menuju Puncak Lawu, Anda bisa menempuh rute melalui Cemoro Sewu. Teruslah mendaki hingga mencapai pos 5 yang memakan waktu sekitar 4,5 jam. Gunung Lawu memiliki tiga puncak yaitu Hargo Dumiling, Hargo Dalem tempat Warung Mbok Yem berada dan Hargo Dumilah yang merupakan puncak tertinggi dengan ketinggian 3.256 mdpl. Dari Puncak Hargo Dalem menuju Puncak Hargo Dumilah membutuhkan waktu sekitar 16 menit dengan jalan berbatu yang menanjak lebih terjal.

Biaya masuk ke Puncak Lawu

  • Biaya masuk: Rp 10.000 hingga 25.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Lawu jam puncak operasi

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tips Liburan di Puncak Lawu

  • Persiapkan stamina karena mendaki ke puncak gunung tentunya membutuhkan tenaga lebih
  • Gunakan alas kaki yang sesuai yaitu sepatu agar kaki terlindungi dengan baik
  • Jangan dibuang
  • Karena suasana spiritual di sana masih cukup padat, sebaiknya perhatikan tingkah laku dan perkataan Anda
  • Berhati-hatilah saat mendaki selama musim kemarau karena kebakaran hutan dapat terjadi di sini

Galeri Foto Gunung Lawu

Selamat mendaki Gunung Lawu
Mendaki Gunung Lawu
tempat istirahat
Kabut di bawah Gunung Lawu
Puncak Lawu, 3265 mdpl
Matahari terbenam di Gunung Lawu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button