Tempat Wisata

Gunung Merbabu: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bagi sebagian orang, mendaki gunung, atau istilahnya “puncak”, adalah hobi yang tidak boleh ditinggalkan. Banyak komunitas pendaki gunung yang terbentuk, baik komunitas komunitas maupun komunitas mahasiswa. Mereka selalu merencanakan untuk mendaki gunung dan mencoba rute dan rute baru untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan mereka.

Bagi para pendaki gunung tentu saja namanya Gunung Merbabu sudah familiar di telinga. Sebagian besar pendaki pasti pernah mendaki gunung yang satu itu. Gunung yang terletak di Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Salatiga, Jawa Tengah ini merupakan gunung yang tak sepi dari wisatawan.

Daya Tarik Gunung Merbabu

perjalanan Gunung Merbabu Sangat cocok untuk anda yang ingin bersantai dari aktivitas sehari-hari yang padat. Tidak ada salahnya pergi ke Salatiga dan mencoba mendaki gunung yang memiliki pesona luar biasa ini. Dijamin Anda akan mendapatkan kesan dan pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan.

1. Ramah masyarakat

Hal pertama yang akan Anda rasakan saat berkunjung ke gunung ini adalah keramahan masyarakat sekitar lereng gunung. Mereka siap membantu Anda mendaki gunung, dan tidak jarang dijumpai warga sekitar tebing yang ramah terhadap wisatawan baik asing maupun lokal.

2. Cerita mistis di dalamnya

Tentu tempat-tempat yang belum pernah dijamah manusia menyimpan cerita mistis. Termasuk cerita mistis yang menyelimuti beberapa gunung di Indonesia, salah satunya adalah cerita mistis Gunung Merbabu. Menurut cerita setempat, ada tempat di gunung yang dihuni oleh makhluk tak terlihat.

Menurut cerita, tempat ini merupakan pintu gerbang istana sakti yang berfungsi sebagai tempat meditasi. Di titik ini terdapat sebuah gua kecil bernama Watu Gubug. Walaupun gua ini kecil, namun dapat menampung sekitar 10 orang. Konon jika seseorang melihat lubang itu kecil, berarti dia tidak akan diterima oleh penguasa istana sakti dan sebaliknya.

3. Panorama yang indah

Lelah dan penat yang anda rasakan dari mendaki gunung dan jalan setapak yang melelahkan akan terbayar lunas saat anda sampai di puncak gunung. Anda dapat merencanakan matahari terbit di puncak gunung dan melakukan perjalanan di malam hari. Begitu sampai di atas, Anda akan disuguhi pemandangan matahari terbit yang indah.

Tidak hanya saat sudah sampai di puncak, namun saat Anda dan rekan turun dari puncak gunung ini, Anda dan rekan akan dimanjakan dengan udara segar dan hamparan padang rumput yang luas serta hutan edelweiß yang memanjakan mata. Bunga-bunga indah yang berlimpah akan menemani Anda langkah demi langkah dalam pendakian Anda.

4. Pemandangan saat pendakian

Anda bisa mendapatkan pemandangan pendakian saat melewati jalur pendakian tertentu. Setiap jalur menawarkan pemandangan yang berbeda. Tergantung pada rute mana yang Anda pilih, ada jalan setapak yang dikelilingi oleh hamparan sabana yang luas, hutan Lammoro, tempat perkemahan, dan tanjakan yang curam.

Jika Anda seorang pemanjat tebing pemula, jangan takut untuk mendaki Mt. Berani dan tentunya tidak mendaki sendiri, ditemani oleh orang-orang berpengalaman. Hati-hati dan jangan melanggar aturan pengelola objek wisata.

Fasilitas Gunung Merbabu

Tersedia juga beberapa fasilitas yang dapat membantu Anda dalam mendaki gunung. Anda tidak perlu khawatir jika ingin mendaki gunung. Meski masih di alam bebas, Gunung Merbabu merupakan objek wisata yang populer dan menawarkan berbagai fasilitas antara lain:

  • Parkir untuk kendaraan
  • Musholla
  • Kamar mandi/MCK
  • zona tenang

Biaya masuk ke Gunung Merbabu

  • Tiket masuk tiket domestik pada weekdays: Rp 5.000
  • Tiket masuk WNA di hari kerja, harga: Rp 150.000
  • Harga tiket domestik akhir pekan: Rp 7.500
  • Harga Tiket WNA Akhir Pekan: Rp 225.000
  • Biaya Pendakian/Pendakian/Pendakian Perorangan Domestik: Rp 5.000
  • Pelacakan Perorangan Asing/Pendakian Mendaki/Berkemah Biaya: Rp 5.000
  • Biaya pelacakan/pendakian/pendakian/berkemah grup domestik: Rp2.500/orang
  • Biaya pelacakan kelompok orang asing/pendakian/pendakian/berkemah: Rp 2.500/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Gunung Merbabu

Lokasi dan jalur Gunung Merbabu

Gunung Merbabu terletak di Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Salatiga, Provinsi Jawa Tengah. Untuk menuju jalur pendakian bisa melalui beberapa jalur, namun jalur via Selo merupakan jalur yang sering digunakan para pendaki karena pemandangannya yang indah. Anda bisa naik bus jurusan Semarang-Solo dan turun di Boyolali lalu melanjutkan perjalanan ke Selo.

Membawa kendaraan pribadi sangat disarankan karena belum ada bus yang bisa mengantarkan Anda ke objek wisata Merbabu untuk menuju Selo. Kelebihan dari jalur Selo ini adalah selama pendakian anda disuguhi hamparan savana yang luas dan hijau. Anda juga bisa mendirikan tenda di sabana. Sediakan air minum yang cukup agar tidak kehabisan air.

Selain Selo, terdapat jalur lain yaitu Jalur Suwanting di Desa Banyuroto Kabupaten Magelang, Jalur Wekas ​​di Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang, Jalur Cunthel di Desa Kopeng Kabupaten Semarang dan Jalur Thekelan. Mereka semua memiliki pemandangan yang menakjubkan dan layak dikunjungi.

Direkomendasikan untuk anda yang ingin mendaki Gunung MerbabuJangan menggunakan jalur apapun selain jalur resmi. Yakni kelima jalur tersebut di atas, karena menggunakan jalur lain sama saja dengan melanggar aturan. Dan jangan salahkan siapapun jika terjadi sesuatu pada anda, karena kelalaian anda adalah tanggung jawab anda sendiri.

Peta lokasi Gunung Merbabu

Tips mengunjungi Gunung Merbabu

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Gunung Merbabu semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Gunung Merbabu adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah bersama orang tersayang ke Gunung Merbabu dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Gunung Merbabu.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Gunung Merbabu.

Galeri foto Gunung Merbabu

Gunung MerbabuGunung Merbabu Sumber: instagram.com/muhammadriezkyananda/Gunung MerbabuGunung Merbabu Sumber: instagram.com/keluyuran62/Potret Gunung Merbabu dari jauhPotret Gunung Merbabu di malam hariMendaki Gunung Merbabukegiatan berkemahTriangulasi Puncak Gunung Merbabu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button