Tempat Wisata

Gunung Ungaran: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Gunung Ungaran merupakan destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh pecinta aktivitas outdoor seperti hiking. Sekalipun menyandang nama gunung yang terdengar “sulit ditaklukkan”, itu sepadan dengan uang yang dikeluarkan. Terkenal dengan keindahan dan pesona alam yang ditawarkannya, tak heran jika gunung ini begitu digandrungi banyak orang.

Gunung Hungaria

Daya tarik gunung Hungaria

1. puncak

Salah satu tempat menarik yang selalu menjadi tujuan para pendaki adalah Puncak Telomoyo. Dari atas sini Anda bisa mengagumi mahakarya alam yang sangat indah. Di pagi hari awan berkumpul, udara bersih dan sejuk, dan saat cuaca cerah Anda juga bisa melihat keindahan Puncak Telomoyo dari kejauhan.

2. matahari terbit

Meski tak setenar gunung lain di Jawa Tengah, keindahan sunrise di Ungaran tak bisa diabaikan begitu saja. Fenomena matahari terbit yang indah menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Menunggu matahari muncul dari balik kabut ditemani secangkir teh atau kopi tentu akan menjadi momen yang tak terlupakan.

3. matahari terbenam

Tak hanya dikenal dengan fenomena sunrise yang indah, sunset di Ungaran juga tak kalah eksotis. Namun untuk bisa melihat sunset ini, pendaki harus menempuh perjalanan pada siang hari agar tidak ketinggalan. Menyaksikan pergantian siang dan malam dari puncak gunung memang menyenangkan.

4. Kemping

Bagi Anda yang menginginkan pengalaman berkemah di hutan belantara, Gunung Ungaran bisa menjadi pilihan. Ada perkemahan terkenal di sini yang disebut Shadow Peak. Jadi anda bisa mendirikan tenda di area posko ini. Menghabiskan malam di pegunungan ditemani bintang-bintang pasti tak akan terlupakan.

5. Foto Tugu 401

Saat mendaki Ungaran, jangan lupa berfoto dengan tugu 401 yang merupakan salah satu landmark dari gunung ini. Dengan gambar banteng yang diembos dan tulisan “Bull Raiders”, tugu peringatan ini benar-benar unik dan terlihat sangat fotogenik dan pantas untuk diabadikan dengan kamera. Bisa dijadikan pengingat saat mendaki Ungaran.

6. berburu foto

Menawarkan keindahan alam pegunungan liar yang sangat megah. Ada banyak spot hunting foto di gunung yang menjulang hingga 2.050 meter di atas permukaan laut ini. Agar lebih unik lagi, Anda bisa mulai mengabadikan momen-momen tak terlupakan yang Anda alami saat pendakian pertama ke puncak. Dijamin koleksinya keren.

7. Perkebunan Teh Medini

Di awal perjalanan Anda pasti akan menjumpai perkebunan teh yang sangat fotogenik. Jadi tidak ada salahnya berfoto dulu di tempat ini. Selain itu, taman ini juga menjadi salah satu penanda bahwa Anda akan menempuh jalur pendakian yang sebenarnya. Dengan kata lain, jalan menanjak menanti Anda di depan mata.

8. Perkebunan kopi sikendil

Mendaki Gunung Ungaran dari Basecamp Mawar akan memberikan pemandangan perkebunan kopi dan beberapa pondok yang unik. Di sini pendaki bisa beristirahat dan bersantai sambil menikmati sejuknya angin pegunungan.

9. Candi Gedong Songo

Bagi Anda yang menyukai tantangan dan memiliki fisik yang kuat, Base Camp Gedong Songo bisa menjadi pilihan. Dari namanya, Anda mungkin sudah bisa menebaknya sendiri. Pendakian dari kawasan ini akan membawa Anda ke salah satu candi paling terkenal yaitu Gedong Songo. Di mana Anda dapat mengambil foto yang indah.

10 Menikmati kelap-kelip lampu kota

Di malam hari, pemandangan kota Semarang dari puncak gunung menjadi kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Kelap-kelip lampu di kejauhan akan terlihat seperti gugusan bintang jika dilihat dari puncak gunung yang diselimuti kegelapan malam. Jika Anda mendaki bersama pasangan, Anda dapat menikmati romansa di sini.

Pabrik Gunung Hungaria

Secara umum, tidak ada fasilitas yang ditawarkan di atas tiga puncak Gunung Ungaran. Pendaki harus membawa bekal dari bawah. Di base camp kalian bisa singgah dulu di tribun yang ada. Tak perlu khawatir soal air karena ada dua sumber air yang bisa dijadikan solusi alternatif. Ini antara pos 1 dan 2, lalu di pos jaga 3.

Masih ada shelter di pos 1 dan 2 saat Anda naik dari base camp Mawar. Selain itu, terdapat beberapa tempat sampah di sekitar perkebunan teh. Ada toilet umum di sekitar base camp.

Biaya masuk ke Gunung Ungaran

  • Harga tiket masuk pendaftaran camping: Rp 15.000/orang
  • Biaya masuk ke Tektok: Rp 10.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Gunung Ungaran

Lokasi dan jalur Gunung Ungaran

Rute mendaki Gunung Ungaran dari Rose Base Camp sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika Anda datang dari arah Semarang, segera ambil arah Ungaran. Kemudian ambil jalan lurus dari gapura bertanda “Kawasan Wisata Candi Gedong Songo”. Lanjutkan sepanjang jalan ini hingga Anda mencapai Pasar Jimbaran. Nanti Anda akan menemukan sebuah gang dengan tanda bertuliskan “Rose Basecamp”.

Sebaliknya, jika Anda datang dari arah Yogyakarta, Solo atau Magelang, Anda bisa mengambil jalur Ambarawa. Setelah itu, pergi ke desa Baran dan terus berjalan sampai Anda mencapai pasar Bandungan. Kemudian ambil petunjuk arah yang bertuliskan ‘Wisata Umbul Sidomukti’.

Gunung Ungaran juga bisa menjadi solusi alternatif bagi anda yang ingin menikmati keindahan panorama pegunungan. Tapi tidak cukup kuat untuk mendaki ke puncak atau kekurangan waktu. Karena dari lereng gunung Anda bisa menikmati banyak pemandangan yang luar biasa. Selain itu, Anda juga bisa berkemah di kaki gunung.

Peta lokasi Gunung Ungaran

Tips mengunjungi Gunung Ungaran

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Gunung Ungaran semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik mengunjungi Gunung Ungaran adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah bersama orang-orang tersayang ke Gunung Ungaran dan rasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Gunung Ungaran.

Galeri Foto Gunung Ungaran

Gunung HungariaUmbul Hungaria Sumber : instagram.com/septihdy_/Gunung HungariaSumber Gunung Hongaria: instagram.com/kiyrantt_/Gunung Hungaria BerkabutPotret Gunung UngaranberkemahPuncak Bondolan, Rute Menuju Gunung Ungaran

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button