Berita Wisata

Gus Halim menyebut pelestarian alam sebagai cikal bakal desa wisata

TAGAR.id, Jakarta – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) menegaskan, pengembangan desa wisata harus dimulai dengan pelestarian alam. Alam yang indah didukung oleh budaya yang unik dan kearifan lokal akan menarik wisatawan untuk berkunjung.

“Jadi harapannya desa wisata itu bukan tujuan, tapi dampak dari pelestarian alam yang dilakukan warga masyarakat, maka alamnya indah, airnya bagus,” kata menteri yang akrab dipanggil itu. Gus Halim. pada malam penganugerahan pemenang Tahap II Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara 2022 di Hotel Pullman, belum lama ini.

Menurut Gus Halim, pengelolaan alam yang baik oleh masyarakat desa akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung sehingga menjadi desa wisata yang layak untuk dipromosikan. Dengan demikian, desa wisata merupakan efek domino dari pelestarian alam yang telah dicapai.

Kami terus mengembangkan prinsip dan paradigma ini secara perlahan meskipun membutuhkan sedikit kesabaran dan ketekunan.

“Jadi membangun desa wisata tidak sesuai dengan perspektif paradigma yang sedang kita bangun, tetapi ada alam yang indah yang harus dijaga dan harus dikelola agar tetap indah selamanya dan seterusnya, orang-orang kemudian datang ke sana. ,” dia menambahkan. dikatakan.

Prinsip ini akan terus disosialisasikan oleh Gus Halim di berbagai pelosok desa. Ia meyakini bahwa desa di Indonesia harus memiliki berbagai potensi alam, budaya, dan kearifan lokal yang menjadi ciri khas desa.

“Prinsip dan paradigma ini terus kami kembangkan secara perlahan, meski butuh sedikit kesabaran dan ketekunan,” jelasnya.

Sebagai informasi, Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara II ini merupakan lanjutan dari Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara Tahap I yang telah diumumkan pada Juli 2022 lalu.

Kontes berhadiah total 1 miliar ini diselenggarakan untuk mendorong desa wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dan BUM Desa Bersama untuk tumbuh dan bangkit pascapandemi.

Kriteria pemilihan pemenang kontes kedua ini adalah 50 Desa Wisata yang berhasil mendapatkan like terbanyak dari pengunjung atau wisatawan berkat aplikasi Desa Wisata Nusantara yang dapat diunduh di Android dan IOS.

Turut hadir dalam acara tersebut Menko PMK Mujadjir Effendy, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Sekjen Kementerian Desa PDTT Taufik Madjid, perwakilan negara sahabat dan mitra kerja kementerian desa PDTT. Turut hadir para Bupati, Pejabat Senior. Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian Desa PDTT. []

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button