Berita Wisata

Hadeh, banyak wisatawan di Pantai Parangtritis yang sembarangan membuang sampah Solopos.com

SOLOPOS.COM – Sampah berserakan di pantai Parangtritis. – Harian Jogja/Dwi Cahyanti

Solopos.com, BANTUL — Tingkat kesadaran wisatawan di Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta masih rendah. Terbukti masih banyak wisatawan yang membuang sampah sembarangan di kawasan pantai.

Bahkan, pengelola Pantai Parangtritis telah menyediakan tempat sampah di setiap titik pantai.

Promosi Green Tokopedia mengajak UMKM dan masyarakat untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Parangtritis, Tri Waldiyanto mengatakan, liburan Natal dan Tahun Baru yang kali ini bertepatan dengan liburan sekolah memang menyebabkan peningkatan kunjungan wisatawan ke kawasan Parangtritis. Namun, masuknya wisatawan ini juga menyebabkan peningkatan sampah.

Pihaknya meninjau langsung ke kawasan wisata dan menemukan bahwa tingkat kesadaran wisatawan masih sangat rendah dalam hal membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

“Setelah liburan Natal tahun ini, kami menemukan banyak sampah di sepanjang pantai dan memang banyak sampah yang berserakan.” jelas Tri, Senin (26/12/2022).

Baca juga: Jalan Terlalu Gelap, Mobil Terjun ke Sendang Ngembel Bantul

Tri mengatakan, setiap Jumat pihaknya juga bergotong royong membersihkan sampah di pantai. Ia mengimbau wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis untuk bersama-sama menjaga kebersihan pantai dan sekitarnya.

“Buang sampah pada tempat yang disediakan atau ambil sampah di titik yang akan diangkut ke pihak kita. Jangan membuang sampah sembarangan di pantai,” katanya.

Meski ada petugas yang membersihkan dan membawa sampah ke TPS, lanjutnya, faktanya saat liburan seperti ini, proses pengangkutan sering terhambat. Memang, pada hari Minggu, para pemulung libur.

“Minggu banyak turis yang datang, jadi banyak sampah yang dihasilkan. Kasihan pengangkut, Minggu pasti libur. Jadi sampah menumpuk,” kata Tri.

Baca Juga: 253 Anak Sleman Minta Nikah Dini, Utamanya Karena Hamil Di Luar Nikah

Ia tidak memungkiri bahwa banyaknya wisatawan yang berkunjung tentunya memiliki kesadaran yang berbeda terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Untuk itu, ia berharap dengan berkembangnya Pantai Parangtritis, masyarakat dan wisatawan juga menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pantai Parangtrite Penuh Sampah Saat Liburan, Wisatawan Diimbau Jaga Kebersihan

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button