Tempat Wisata

Harga menu dan atraksi

Kalau disuruh rekomendasi sate terenak di Kota Kembang, Sate Hadori Bandung pasti jadi yang teratas. Hidangan daging yang ditusuk lalu dibakar di atas arang ini sangat populer bahkan menjadi legenda kuliner di Bandung.

Pak Jokowi, Presiden Indonesia, adalah salah satu pelanggan tetap warung sate ini. Hampir setiap berkunjung ke Bandung pasti menyempatkan diri mampir ke Sate Hadori.

Daya Tarik Sate Hadori Bandung

Daya Tarik Sate Hadori BandungDaya tarik Hadori Sate Bandung gambar oleh @khojib_jatanras

Pak Presiden baru saja mampir, tentunya patut mampir bila berkunjung ke Bandung. Sate Hadori sudah memiliki banyak pelanggan dan bisa menyajikan puluhan hingga ratusan porsi setiap harinya. Berikut atraksi lainnya:

1. Sudah ada sejak tahun 1940

Ternyata warung sate ini sudah ada sejak lama, bahkan sebelum Indonesia merdeka yaitu pada tahun 1940. Pendiri warung sate legendaris ini adalah Kakek Inung dan Nenek Una, namun ia membuka warung tersebut pada tahun daerah Garut. , yang merupakan daerah asalnya.

Beberapa waktu kemudian sang pendiri memutuskan untuk pindah ke Bandung dan menjual dagangannya sambil jalan-jalan hingga akhirnya mereka memiliki sebuah kios yang disebut juga dengan warung.

Saat ini, Sate Hadori masih berlokasi di tempat pertama kali mereka membuka standnya. Pengelola atau pemilik warung Sate ini bermaksud untuk terus melestarikan nilai sejarah tempat ini seiring dengan awal berdirinya Sate Hadori di Bandung.

2. Asal Nama Sate Hadori

Padahal, pada awal berdirinya toko ini bernama Sate Inung dan nama Hadori belum melekat pada toko ini. Hal ini bermula pada tahun 1960an ketika usaha sate yang dirintis oleh Kakek Inung dan Nenek Una dilanjutkan oleh menantunya Hadori.

3. Menu paling enak

Sate Hadori sebenarnya menawarkan menu sate dan gule yang beragam, namun dari semua menu tersebut, sate kambing lah yang lebih enak. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sate tidak berasal dari kambing biasa, karena kambing yang dipilih adalah kambing muda.

Kambing muda tersebut berumur antara 1 hingga 1,5 tahun dan berjenis kelamin betina. Bagian tubuh yang digunakan untuk membuat sate adalah paha belakang, sehingga tidak heran jika dagingnya sangat empuk.

Namun masih banyak menu sate lainnya yang bisa Anda pesan, apalagi jika Anda tidak menyukai sate kambing, yaitu sate ayam dan sate sapi. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati lezatnya sate jeroan kambing atau sineurut sineurut di sini.

4. Pengunjung dapat melihat proses pembuatan sate

Berbeda dengan warung sate lainnya, di Sate Hadori pengunjung bisa melihat langsung cara pembuatan sate tersebut. Mulai dari memotong daging menjadi kubus, lalu proses menusuk daging, hingga proses pembakarannya bisa disaksikan semua orang.

Inilah yang menjadi daya tarik terbesar dari Sate Hadori, sehingga pengunjung dapat melihat sendiri kualitas daging, bumbu dan tentunya kebersihan produksi sate.

5. Langganan dari pejabat Indonesia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu pelanggan tetap Sate Hadori adalah Presiden Indonesia yaitu Bapak Jokowi. Namun, yang mendaftar bukan hanya satu dua pejabat tinggi negara saja, melainkan masih banyak lagi.

Banyak pejabat negara baik dari Kota Bandung sendiri maupun luar kota yang turut berkunjung, termasuk Gubernur Jawa Barat saat ini yaitu Ridwan Kamil. Selain itu Pak Sandiaga Uno juga sempat mampir ke sini.

6. Potongan dagingnya besar tapi empuk

Meski menggunakan daging berkualitas, Sate Hadori tidak pernah berhemat pada pelanggannya, bahkan potongan daging di setiap tusuknya cukup besar.

Siapa yang tidak tergiur dengan ukuran daging besar yang menggiurkan? Meskipun di beberapa tempat daging berukuran besar dikenal sangat keras, namun tidak demikian halnya dengan Sate Hadori. Meski berukuran besar, Anda tidak akan kesulitan memakannya karena super empuk.

Potongan dagingnya yang empuk kemudian disajikan di atas piring, ditemani sepiring kecil kecap asin dan irisan bawang bombay, cabai, dan sambal kacang. Jadi Anda bisa meracik bumbu sendiri sesuai selera masing-masing.

Dalam satu porsi sate didapat 10 tusuk sate, namun jika dirasa terlalu banyak bisa pesan setengah porsi saja yakni 5 tusuk. Meski hanya membutuhkan 5 tusuk sate, satenya dijamin mengenyangkan karena potongan dagingnya besar dan empuk.

Harga Menu Sate Hadori Bandung

Harga Menu Sate Hadori BandungHarga menu Sate Hadori Bandung, gambar oleh @restaurun

Sate Hadori merupakan salah satu kuliner yang sangat digemari oleh wisatawan dalam dan luar negeri. Harga sate ini tidak sama dengan harga sate pinggir jalan, karena kualitasnya sangat bervariasi. Berikut daftar harganya:

Sate
Sate kambing Sineureu Rp 65.000 per 10 tusuk sate
Sate Kambing Sederhana Rp 60.000 per 10 tusuk sate
Sate kambing campur lemak Rp 60.000 per 10 tusuk sate
Sate ayam Rp 50.000 per 10 tusuk sate
Sate sapi Rp60.000
Gule dan Sop
Gule Kambing 1 porsi Rp50.000
Gule Kambing ½ porsi Rp.30.000
Sup kambing 1 porsi Rp50.000
Sop kambing ½ porsi Rp.30.000
beras
nasi putih Rp6.000
Nasi kambing goreng Rp35.000
Nasi goreng dengan ayam Rp25.000
Minum
jus mangga Rp18.000
jus jambu Rp18.000
Jus belimbing Rp18.000
Jus sirsak Rp18.000
jus jeruk Rp18.000
Jus alpukat Rp20.000
jus jeruk Rp18.000
Jeruk panas Rp18.000
botol teh Rp6.000
Air mineral Rp6.000
Es teh manis Rp6.000
Es teh segar Rp 4.000
Udang renyah
Kerupuk putih Rp8.000
Kerupuk Gendar Rp8.000
Menerima Rp5.000

Jam buka Sate Hadori Bandung

Jam buka Sate Hadori BandungJam buka Sate Hadori Bandung, gambar oleh @restaurun

Anda bisa meluangkan waktu untuk mengunjungi Sate Hadori karena jam bukanya yang cukup lama. Warung sate legendaris di Bandung ini buka setiap hari setelah matahari terbit dan tutup hingga larut malam.

Tak jarang stand tersebut tutup pada tengah malam yakni pukul 00:00 WIB. Wah, pas banget kalau tengah lapar tengah malam. Anda bisa langsung menuju ke warung Sate Hadori yang ada di Bandung.

Fasilitas Negeri Bandung Hadori

Fasilitas Negeri Bandung HadoriFasilitas Sate Hadori Bandung, gambar oleh @ubuleats

Beberapa fasilitas umum tersedia di Sate Hadori untuk menambah kenyamanan konsumen saat memutuskan makan di tempat. Berikut beberapa fasilitas yang dimaksud:

  • area parkir
  • Toilet bersih
  • Bawa pergi
  • Meja dan kursi yang nyaman
  • Dll.

Lokasi Negeri Hadori Bandung

Lokasi Negeri Hadori BandungLokasi Sate Hadori Bandung, gambar oleh @siska_1203_silvia

Bagi anda yang tertarik untuk menikmati Sate Hadori khas Bandung silahkan datang langsung ke tempatnya yaitu Jln. Stasiun Selatan Nomor 11-12 Kebonjerok yang masih masuk wilayah Kecamatan Andir Kabupaten Bandung.

Dari Alun-Alun Kota Bandung, hanya membutuhkan waktu 30 hingga 40 menit untuk menuju lokasi Sate Hadori dengan kendaraan pribadi. Bisa juga menggunakan transportasi umum, misalnya bus kota, ojek online, dan lain sebagainya.

Jika Anda memulai perjalanan dari Stasiun Kereta Api Bandung, silakan keluar stasiun melalui pintu masuk selatan lalu ikuti jalan kecil yang membentang tepat di belakang Tugu Kereta Api. Di Sate Hadori Anda akan menemukan dua pintu, keduanya bisa Anda masuki.

Dengan Sate Hadori Bandung anda bisa melengkapi wisata kuliner anda di kota kembang dan yakinlah akan sangat memuaskan. Cita rasa daging panggang yang khas dipadukan dengan bumbu kacang yang nikmat menjadi perpaduan rasa yang sulit untuk dilupakan.

Kunjungi juga:

Source: suwatu.com

Related Articles

Back to top button