Tempat Wisata

Harga Menu dan Rahasia Mie Ayam Bu Tumini Jogja Bangga Terjual!

Mie ayam tumini – Penasaran dengan Mie Ayam Bu Tumini Jogja? Ini dia ulasan lengkapnya, mulai dari daftar menu, harga, mitos, selera, alamat/lokasi, jam buka, hingga fakta seru seputar rahasia kisah suksesnya.

Mie Ayam adalah hidangan mie yang populer bagi banyak orang. Secara umum mie ayam ada 2 jenis yaitu mie ayam asin gurih dan mie ayam manis. Kedua jenis mie ayam ini memiliki penggemarnya masing-masing.

Penjual mie ayam mudah ditemukan di hampir semua daerah, termasuk Yogyakarta. Nah, salah satu warung mie ayam enak di Jogja yang terkenal melegenda adalah Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu. Bagaimana rasa mie ayamnya? Yuk, baca ulasannya berikut ini.

Mie-Ayam-Bu-Tumini-JogjaIlustrasi oleh Mie Ayam Bu Tumini Jogja

Review Mie Ayam Bu Tumini Sari dengan Jati Ayu Jogja

Keistimewaan Mie Ayam Bu Tumini

Setiap mie ayam tentunya memiliki ciri khas tersendiri, baik dari segi rasa, tekstur mie, bentuk/ukuran mie, dan topping/isian. Sama seperti Mie Ayam Bu Tumini, memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya terasa istimewa saat disantap.

Keistimewaan Mie Ayam Bu Tumini yang membuatnya berbeda dengan mie ayam lainnya terletak pada mienya, kuahnya yang kental dan potongan ayamnya. Ukuran mie yang digunakan besar, dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Kuah kental bercampur potongan ayam, memiliki rasa manis dan gurih serta kaya akan bumbu.

Potongan besar ayam empuk saat Anda menggigitnya. Ceker ayamnya juga lembut dan tidak kenyal, sehingga mudah dikunyah. Tergantung menu yang dipesan, satu porsi Mie Ayam Bu Tumini berisi mie, sawi, kuah kental, ayam, dan ceker.

Perpaduan bahan-bahan tersebut memberikan cita rasa mie ayam yang nikmat. Selain itu rasanya yang manis dan gurih sangat cocok bagi warga Jogja yang sebagian menyukai menu-menu manis. Tak heran jika stand Mie Ayam Tumini selalu dipadati pembeli. Bahkan, bisa dikonsumsi 700 porsi dalam sehari.

Nah, dari uraian di atas, mitos yang beredar tentang warung mie ayam yang menggunakan Pesugihan sebagai penjualnya ini tidak benar atau salah. Rahasia bestseller-nya terletak pada rasa mie ayamnya yang enak, sesuai dengan selera masyarakat Jogja.

Selain itu, porsinya yang cukup besar serta harga yang relatif murah dan terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli. Ditambah dengan viralnya berita di media sosial (baca: media sosial), stand Mie Ayam Bu Tumini laris manis setiap hari karena menjadi destinasi kuliner khas Jogja bagi para wisatawan.

Baca juga : Soto ayam dan sapi enak di Jogja

Daftar menu dan harga makanan Mie Ayam Bu Tumini

Menu makanan dan minuman yang disajikan booth Mie Ayam Bu Tumini sangat beragam. Porsinya bisa dipilih sesuai selera dan kapasitas perut. Ada mie ayam biasa dengan porsi standar, ada juga mie ayam 1/2 dan jumbo yang disebut juga porsi besar. Berikut daftar lengkap menu dan harga makanan, topping dan minuman:

Makanan/Topping/Minuman Harga Makanan/Minuman
Mie ayam biasa 11.000,-
1/2 mie ayam Rp9.000,-
Mie Ayam Jumbo Rp15.000,-
Mie Cakar Ayam Rp15.000,-
1/2 ceker mie ayam 13.000,-
Mie Ayam Cakar Jumbo 20.000,-
ayam mustard Rp9.000,-
sawi hijau Rp9.000,-
ayam cakar 13.000,-
1 porsi cakar (5 potong cakar) Rp.10.000,-
1 porsi ayam Rp.10.000,-
Kerupuk 3 buah Rp2.500,-
Kerupuk 1 buah Rp1.000,-
Es Teh/Teh Kukus Panas Rp 3.000,-
Es Krim/Jeruk Panas Rp 3.000,-
Es teh/teh lemon panas Rp 4.000,-
air es Rp1.000,-
Es Rp1.000,-
Teh dandang segar es/panas Rp1.000,-
Es krim jeruk segar / panas Rp1.000,-
Teh lemon dingin/panas Rp2.000,-

Tabel daftar menu dan harga makanan Mie Ayam Bu Tumini Jogja

Baca juga: Mie Jawa terenak di Jogja

Fakta Menarik Kisah Sukses Mie Ayam Karya Bu Tumini

Ternyata di balik kesuksesan Mie Ayam Bu Tumini ada cerita menarik yang patut menjadi pelajaran bagi semua orang saat memulai bisnis/perusahaan. Bu Tumini pertama kali memulai usaha mie ayam bersama suaminya Suparman yang ahli dalam membuat mie.

Pada tahun 1990, pasangan ini membuka warung mie ayam di sebelah utara pintu masuk terminal Giwangan. Dalam sehari mereka bisa menjual sekitar 30-60 porsi. Adapun harga mie ayam mereka saat itu Rp250,- per porsi. Pada tahun 1996, Suparman meninggal karena kecelakaan.

Nah, sejak ditinggal suaminya, bisnis mie ayamnya beralih ke kerabatnya. Namun, penjualannya menurun karena gaya pencampurannya mungkin berbeda dari Bu Tumini. Akhirnya warung mie ayam diambil alih oleh Bu Tumini dan perlahan mulai laris manis sampai seperti sekarang ini.

Sekarang ibu Tumini pergi mengikuti suaminya. Meninggal dunia pada Sabtu, 8 Februari 2020. Semasa hidupnya, Ibu Tumini dinominasikan pada forum keberlanjutan 2019 Women Creating Change, Unite For Education (UFE).

Meski pemiliknya sudah tiada, warung mie ayam ini tetap laris manis seperti biasanya. Padahal, sudah ada cabang tak jauh dari stand pertama. Jadi kalau ke pusatnya ramai/ramai pengunjung, bisa ke cabang yang punya menu mie ayam yang sama persis.

Baca juga : Sate Klatak paling enak di Jogja

Lokasi/alamat dan jam buka Warung Mie Ayam Bu Tumini

Lokasi stand Mie Ayam Bu Tumini sangat nyaman, berada di pinggir jalan utara pintu masuk Terminal Giwangan. Alamat lengkapnya ada di Jl. tim Imogiri. 187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka adalah pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Sedangkan cabangnya yaitu Mie Ayam Bu Tumini 2 berlokasi di Km 6.5 Nglebeng, Jl. Imogiri Tim., Krobokan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka adalah pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Demikian ulasan singkat tentang booth Mie Ayam Bu Tumini yang legendaris di Yogyakarta. Saya pribadi mencobanya sekali dan rasanya enak sekali, cocok untuk pecinta mie ayam manis. Tidak recommended buat kamu yang suka mie ayam yang gurih dan asin. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Source: www.anekawisata.com

Related Articles

Back to top button