Tempat Wisata

Harga tiket, aktivitas & lokasi MATRAS BEACH Januari 2023

Harga Tiket Masuk Pantai Mattress : Rp 5.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat: Jalan Pantai Matras, Desa Sinar Baru, Sungai Liat, Bangka, Bangka Belitung, Indonesia, 33212.

Pantai Tikar terkenal sebagai pantai terpanjang di Bangka Belitung. Panjang pantainya 3 kilometer dengan area berpasir yang luas. Sekitar 20-30 meter area beraspal pasir putih halus. Wisatawan bisa puas bermain dari ujung ke ujung di pantai.

Di sini wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan menikmati berbagai permainan air. Uniknya, tidak hanya pantainya yang indah, tempat ini juga memiliki sungai air tawar. Itu mengalir di dekat pantai, membentuk cekungan dangkal di dekatnya. Berbagai fasilitas umum pun tersedia bagi para wisatawan untuk membuat berwisata di sini semakin nyaman.

Biaya masuk ke Pantai Matras

Objek wisata ini mematok harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Meski ada penginapan di dekat pantai, tidak lantas membuat tempat ini mahal.

Biaya masuk
tiket masuk Rp5.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Pantai Batu Bedoun

Jam buka kasur pantai

Pantai Matras bisa dinikmati sepanjang hari. Bahkan, wisatawan juga bisa menginap di penginapan terdekat atau mendirikan tenda di pinggir pantai.

jam operasi
Setiap hari 24 jam

Menikmati keindahan Pantai Mat

Pantai TikarPantai Tikar. Foto: Gmap/Willem

Pantai Matras memiliki semua definisi pantai yang eksotik. Pasir pantai yang putih dan lembut akan menyambut wisatawan yang menginjakkan kaki di sini. Hamparannya luas, membentang hingga 3 kilometer dari ujung ke ujung pantai. Terlihat begitu cerah saat terkena sinar matahari.

Air lautnya terlihat begitu tenang dengan air yang jernih. Wisatawan hanya bisa melihat dasar air berupa pasir dari permukaan. Warnanya juga terlihat gradasi, putih di pinggir pantai, lalu hijau dan biru ke arah tengah laut. Suara ombak seolah menyambut mereka dengan tenang, gulungan ombak perlahan menyapu pantai.

Pantai ini juga cukup indah dimana banyak pohon tumbuh di sekitar pantai. Pohon kelapa juga menjadi primadona di sini karena tumbuh begitu tinggi dan tertata rapi. Batu granit berukuran besar juga menghuni kawasan pesisir. Membuatnya terlihat begitu khas pantai di Kepulauan Bangka Belitung ini.

Baca: PANTAI TUING Tiket Murah ke White Sands yang Menakjubkan

Dari bebatuan hingga pantai yang tak ada habisnya

Batu granit di pantaiBatu granit di pantai. Foto: Gmap/Apeade_e

Nama pantai terpanjang di Bangka Belitung ini sepertinya cocok untuk Pantai Matras. Dengan keindahan pantai terbagi menjadi dua bagian yaitu Selatan dan Utara. Di bagian utara ini, wisatawan akan melihat pantai yang seolah tak berujung. Itu membentang sampai Anda tidak bisa melihat ujungnya.

Di sebelah selatan, wisatawan akan melihat bongkahan batu granit besar. Sebuah batu granit coklat muda setinggi beberapa meter. Wisatawan dapat dengan aman memanjat bebatuan ini. Karena permukaan batunya kasar tapi tidak tajam, lebih aman.

Cukup banyak yang datang untuk berfoto di bebatuan ini. Mengingatkan pada film Laskar Pelangi yang tayang pada tahun 2008 lalu. Wisatawan juga bisa bermain lari di antara bebatuan besar tersebut.

Sungai air tawar di pantai

Sungai air tawar di pantaiSungai air tawar di pantai. Foto: Gmap/Joss Kiki

Selain bebatuan granit, di sisi selatan juga terdapat sungai. Sungai air tawar dengan air jernih. Sungai itu membentuk kolam yang dangkal. Dasarnya adalah pasir putih yang sama dengan pasir di area pantai.

Biasanya sungai ini digunakan untuk membilas setelah berenang dan bermain di pantai. Aliran airnya tenang dan terlihat jernih. Tak sedikit anak yang memanfaatkan kolam air tawar ini sebagai tempat bermain. Karena datar, cukup aman untuk dimainkan anak-anak.

Dahulu, kolam ini digunakan oleh anak-anak setempat untuk menambang timah. Dengan cara mengeruk pasir kemudian digoyang-goyangkan hingga muncul timah. Anak-anak ini menggunakan panci atau piring kecil untuk menyaring timah. Harganya juga fantastis, Rp 100.000 per kilogram.

Berenang di Sea Off Mat Beach

Pantai Matras memiliki ombak yang tenang menjadikannya tempat yang sempurna untuk berenang. Selain itu, perairan di dekat pantai masih tergolong dangkal. Wisatawan bisa berenang bebas di laut lepas pantai ini. Untuk lebih nyaman berenang, sebaiknya pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terik.

Anak-anak juga tampak berenang jika ditemani oleh orang tuanya. Berenang dan bermain air dengan pelampung kecil. Beberapa tampaknya bersantai di pantai dan membiarkan ombak menyapu air dan membasuhnya.

Bersantai di bawah pohon yang rindang

Di sekitar pantai terdapat pepohonan yang sengaja ditanam oleh pihak pengelola. Selain pohon kelapa, ada juga pohon pinus yang tinggi. Pohon-pohon berdiri sekitar satu meter dari pohon-pohon lain.

Di garis lateral pohon ada tempat tidur gantung, yang terkait dalam dua pohon. Wisatawan bisa bersantai tempat tidur gantung itu. Nikmati angin sepoi-sepoi membelai sambil berbaring.

Maka jangan lewatkan piknik di bawah pohon-pohon ini. Dengan membawa tikar atau tenda sederhana. Anda juga bisa menikmati kuliner yang dijual di sekitar pantai.

Senja dan malam di pantai Matras

Senja yang indah di pantai MatrasSenja yang indah di pantai Matras. Foto: Gmap/Irwan Syah

Obyek wisata ini memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah. Apalagi saat cuaca cerah saat matahari terbenam di ufuk barat. Matahari bersinar, perlahan semakin gelap dan mulai bergulir di barat. Langit cerah, perlahan gelap dan berubah menjadi malam.

Pada malam hari, suasana di pantai menjadi lebih sepi. Wisatawan dapat menikmati laut sambil melihat pemandangan kapal layar. Sambil makan ubi goreng keju, kolak labu merah, dan pisang goreng keju hangat.

Mitos pantai tikar

Tak hanya pantai-pantai di Pulau Jawa yang punya cerita mistis. Pantai Matras juga memiliki cerita mistis dan mitos yang dipercaya masyarakat setempat. Salah satu mitos tersebut adalah adanya satpam di pantai. Yang sering mencari korban laki-laki untuk menjadi suaminya.

Saat turis tenggelam, mereka diasosiasikan dengan mitos ini. Percaya atau tidak, mitos ini telah berkembang di masyarakat dari generasi ke generasi. Padahal, hal tersebut dibenarkan oleh dukun setempat.

Lokasi pantai kasur

Pantai ini terletak di Jalan Pantai Matras, Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button