Tempat Wisata

Harga tiket, atraksi, dll!

Telaga Rambut Monte merupakan salah satu tempat wisata yang sedang populer di Blitar. Terletak di perkebunan teh, danau ini menyimpan banyak hal unik.

Bukan hanya tempat untuk menyegarkan tetapi danau ini menyimpan kisah dan legenda sejarah yang menarik. Pura Rambut Monte dikelilingi oleh rerimbunan pepohonan tinggi yang menaungi tempat wisata di Blitar ini. Danau ini terkait erat dengan cerita mistis dan legenda dewa ikan.

Lokasi

Terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gadunsari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur hanya 1 jam dari pusat kota Blitar. Akses jalan menuju objek wisata Telaga Rambut Monte sudah diaspal dengan baik, meski sebagian besar trotoarnya sudah rusak.

Akses jalan tersebut dapat dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Suasana tenang dan hening akan menyambut siapa saja yang datang meski dipadati pengunjung.

Tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam hijau ini sangat memanjakan mata, belum lagi ditambah dengan air danau yang jernih kebiruan. Warung-warung yang ada di sekitar tempat wisata danau menambah suasana menyenangkan untuk mengunjungi tempat wisata di Blitar.

Mari kunjungi juga: Kampung Cokelat Blitar

Biaya masuk ke Danau Rambut Monte

Jika ingin mengunjungi tempat wisata Monte Hair, sebaiknya siapkan tiket masuk atau biaya parkir. Berikut daftar tarif yang dipasang di depan loket masuk tempat wisata tersebut:

  • Dewasa : Rp 3000 per orang
  • Anak-anak : Rp 2000 per orang
  • Grup yang terdiri dari 25 orang atau lebih menerima diskon 15%.

Tarif parkir kendaraan adalah sebagai berikut:

  • Bus Rp 3000 per kendaraan
  • Minibus Rp 2000 per kendaraan
  • Sepeda motor Rp 1000 per kendaraan

Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Keunikan Danau Rambut Monte

Tempat wisata ini dibuka sejak tahun 1996 dan dikelola oleh pemerintah setempat. Pada awalnya danau ini tidak seluas sekarang. Pada tahun 1965, setelah berakhirnya G30S/PKI, danau ini diperlebar oleh bekas tahanan PKI yang masih hidup.

Lokasinya yang tenang, nyaman dan tenang menghadirkan suasana yang romantis. Kemistikan tempat wisata yang satu ini masih terasa di kawasan wisata dan aktivitas masyarakat. Setahun sekali, penduduk setempat mengadakan prosesi – semua jenis seni pengiring dengan biaya Wedu Kendit.

Setelah melakukan kegiatan Gendur (Slametan), daging kurban dibagikan kepada warga desa. Hal ini bertujuan untuk mulai memberi makan masyarakat sekitar danau.

Danau Rambut Monte di Blitar Jawa Timur (foto IG @indoflashlight)Danau Rambut Monte di Blitar Jawa Timur (foto IG @indoflashlight)

Asal usul Monte Hair Pond

Desas-desus dari masyarakat setempat bahwa Kuil Rambut Monte adalah titisan Rahwana dan salah satu yang dikutuk oleh nenek Monte. Di sebelah candi terdapat artefak berupa lingga yoni yang melambangkan kesuburan.

Padahal menurut Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, candi ini tidak terlalu besar. Candi ini memiliki nilai sejarah yang sangat penting, terutama terkait dengan kerajaan Majapahit. Sejauh ini belum ada literatur yang dapat mengungkap secara utuh sejarah Candi Mbah Monte.

Di sekitar candi terdapat danau yang sangat jernih dan indah. Penduduk setempat percaya bahwa ada ikan dewa di danau yang akan muncul kapan saja.

Mengenai masalah ikan dewa, konon ikan yang ada di telaga itu adalah prajurit Mbah Monte. Karena kelalaiannya, Mbah monte marah dan mengutuk para prajurit menjadi ikan yang menghuni danau itu sampai sekarang.

Karena tempat ini cukup sakral, setiap pengunjung harus mematuhi peraturan yang berlaku. Salah satunya harus menjaga perkataan dan perbuatan di sekitar tempat wisata ini. Menurut laporan, Mbah Monte sangat marah dengan orang yang tidak bisa mengontrol apa yang mereka katakan dan apa yang mereka lakukan.

Kunjungi juga: Taman cambuk Kota Blitar

Tempat Menarik di Telaga Rambut Monte Blitar

Ada beberapa hal menarik dari tempat wisata Telaga Rambut Monte Blitar yang membuat tempat wisata ini sangat populer.

1. Kuil Rambut Monte

Kuil Rambut Monte melalui IndoflashlightKuil Rambut Monte melalui Indoflashlight

Bangunan pertama yang Anda lihat saat memasuki tur ini. Ada sebuah candi yang menunjukkan bahwa itu adalah situs sejarah. Di bagian candi ini terdapat artefak “Phallus Yoni” yang merupakan simbol kesuburan.

Adanya artefak tersebut menandakan bahwa Pura Rambut Monte sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia. Candi Monte yang berbentuk monyet dan memiliki pahatan batu naga ini juga terkait dengan kisah Mbah Monte.

Kunjungi juga: Arung Jeram Soko Adventure Blitar

2. Danau Rambut Monte

Sifat hijau rambut Monte.  foto di Gmap dhika railfanSifat hijau rambut Monte. foto di Gmap dhika railfan

Telaga ini menjadi andalan wisata Rambut Monte. Danau dengan airnya yang jernih dan segar serta rimbunnya pepohonan menambah kesejukan tempat wisata ini.

Di tengah danau terdapat mata air yang menghasilkan warna Biru Tosca. Kesejukan Danau Rambut Monte terlihat sempurna dengan ratusan ikan sengkaring.

Lihat juga: 6 kegiatan di Makam Bung Karno Blitar

3. Ada ikan sengkaring

Penghuni Ikan Sengkaring dari Telaga Rambut Monte.  Foto: Gmap/Cashback ManPenghuni Ikan Sengkaring dari Telaga Rambut Monte. Foto Gmap Cashback Man

Ada lebih dari 100 ekor ikan sengkaring di danau ini dengan panjang ikan mencapai 30 cm. Warna ikan mas ini abu-abu kecoklatan dengan sisik yang kokoh, kepala ikan lebih besar dari badannya.

Secara umum, perawakannya merupakan persilangan antara lele dan hiu. Ikan sengkaring termasuk ikan keramat di berbagai daerah di Jawa.

Ikan purba yang hampir punah ini hanya bisa ditemukan di dua tempat, yakni di Pemandian Banyu Biru Pasuruhan dan Telaga Rambut Monte Blitar. Ini adalah ikan keramat, tidak ada yang berani menangkap, membunuh atau memasak ikan ini.

4. Sumber Dandang

Sumber Dandang via MblitarSumber Dandang via Mblitar

Tidak jauh dari danau terdapat bendungan kecil bernama Sumber Dandang. Situs ini dulunya menyerupai Danau Rambut Monte sebelum dibendung. Tempat ini biasanya digunakan oleh penduduk desa untuk mandi. Karena airnya terasa hangat di pagi hari dan dingin di siang hari.

Warna air di Sumber Dandang juga tidak jauh berbeda dengan Telaga karena berwarna kebiruan di sumbernya. Pada malam hari, suara air mengalir mirip dengan suara air mendidih di dalam panci.

Dari kejadian tersebut, nama tempat ini disebut Sumber Dandang. Karena korban turis tenggelam di titik ini, ada larangan mandi yang ketat di sini.

5. Kolam renang

Jika ingin berenang, pemandu menyediakan kolam renang yang lebih aman dari sisi laut. Dulu, tempat ini sering digunakan untuk mencuci pusaka.

Kolam renangnya sumber mata air Sumber Dandang, kalau pagi airnya hangat dan sorenya dingin. Jadi anda bisa memilih mau berenang di tempat yang aman atau di tempat yang keramat.

* * * * *

Itulah ulasan tentang Telaga Rambut Monte Blitar agar Anda tetap tertarik di akhir pekan ini atau musim liburan mendatang. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan untuk Anda dan keluarga atau orang tersayang.

Kunjungi juga: Kebun Taman Rojo Blitar

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button