Tempat Wisata

Harga tiket dan aktivitas Danau Singkarak

Harga Tiket Masuk Danau Singkarak: Rp 10.000 Jam: 24 jam No Telpon: -Alamat: Jl Singkarak, X Koto Singkarak, Solok, Sumatera Barat, Indonesia, 27356

Sumatera memiliki danau terbesar kedua setelah Danau Toba Danau Singkarak. Situs ini terletak di dua kabupaten di Sumatera Barat yaitu Solok dan Tanah Datar. Danau ini sangat besar sehingga terbentuk oleh peristiwa tektonik. Dan menjadikannya sebuah danau yang indah untuk dikunjungi untuk berwisata.

Pemandangannya begitu mempesona, dengan perbukitan dan pepohonan hijau. Berbagai aktivitas dan wahana juga tersedia untuk dicoba selama Anda berkunjung ke sini. Wisatawan juga bisa mencoba ikan bilih yang hanya endemik di Danau Singkarak. Ada juga langganan event internasional Tour De Singkarak yang menarik peserta dari seluruh dunia.

Tiket Masuk Danau Singkarak

Objek wisata ini mematok harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Selain itu, ada juga biaya parkir yang terjangkau untuk setiap kendaraan.

Biaya masuk
tiket masuk Rp 10.000
tarif parkir
sepeda motor Rp 5.000
mobil Rp 10.000

Baca: Tiket & Aktivitas LAKE MANINJAU

Jam buka Danau Singkarak

Objek wisata ini buka sepanjang hari. Tapi, sebagai aturan, turis datang dari pagi hingga sore.

jam operasional
Setiap hari 24 jam

Takjub dengan keindahan Danau Singkarak

Pemandangan Danau Singkarak yang MenakjubkanPemandangan Danau Singkarak yang menakjubkan. Foto: Gmap/Ridwan Napit

Danau Singkarak adalah danau terbesar kedua di pulau Sumatera. Luasnya 108 kilometer persegi yang membentang di Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Danau ini terbentuk dari tanah oleh aktivitas tektonik. Dulu lebarnya hanya 3 kilometer, tapi lama kelamaan bertambah, dan kemungkinannya semakin besar.

Danau ini memiliki peran penting bagi penduduk setempat. Dimana air tersebut berguna untuk irigasi lahan pertanian dan digunakan untuk pembangkit listrik (PLTA). Air dialirkan ke Batang Anai melalui terowongan yang menembus Bukit Barisan untuk menyalakan pembangkit listrik tenaga air Singkarak. Selain itu tentunya danau ini merupakan tempat wisata yang cukup terkenal yang membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Pemandangannya sendiri begitu memukau, airnya terlihat jernih dan tenang. Pepohonan di sekitarnya juga berkontribusi pada warna hijau yang indah dan menyegarkan. Belum lagi deretan pegunungan yang mengelilingi danau membuatnya semakin menarik. Yang bisa memukau siapa saja yang melihatnya.

Baca: Tiket & Wahana HARAU DREAM PARK

Berfoto di tempat yang fotogenik

Danau Singkarak memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Ini bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto. Ada juga spot unik yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Misalnya situs rel kereta api lama yang sudah tidak aktif lagi.

Dari jalur kereta api ini, wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang danau dan pegunungan. Bahkan, rumah-rumah warga sekitar terlihat berseberangan dengan perbukitan. Membuat foto lebih otentik dan begitu indah. Apalagi di pagi hari saat kabut tipis masih menyelimuti area tersebut.

Jangan lewatkan berfoto di depan Danau Singkarak yang terkenal. Sebuah tanda yang mengatakan Geopark Danau Singkarak, yang merupakan tanda telah mengunjungi danau ini. Bahkan, wisatawan yang lalu lalang di jalan bisa mampir sejenak untuk berfoto. Karena berada di tepi Autobahn, perjalanan tidak akan membosankan.

Baca: Tiket & Aktivitas Lawang Park Agam

Tempat balapan sepeda internasional

Selain Tour de Singkarak, bersepeda normal juga dimungkinkanSelain Tour de Singkarak, bersepeda normal juga dimungkinkan. Foto: Gmap/Hermawan-Tag

Perlombaan sepeda Tour de Singkarak berlangsung secara teratur antara bulan April dan Juni di Danau Singkarak. Kompetisi ini pertama kali diadakan pada tahun 2009 dan masih diadakan setiap tahun hingga saat ini. Pesertanya tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari luar Indonesia. Bahkan, Organisasi Olahraga Amaury, pihak yang bertanggung jawab atas Tour de Singkarak, juga ikut ambil bagian.

Perlombaan dibagi menjadi 7 tahap yang berbeda. Dimana jalurnya melewati pantai, pegunungan dan tentunya Danau Singkarak adalah salah satunya. Tentunya bagi penggemar bersepeda bisa mengikuti ajang bergengsi ini. Bagi yang tidak ikut, wisatawan juga bisa menyaksikan balapan ini dari tepi danau.

Baca: Tiket Gunung Marapi & Jalur Pendakian

Memancing dan menikmati kuliner khas Danau Singkarak

Ikan bilih juga bisa dijadikan oleh-olehIkan bilih juga bisa dijadikan oleh-oleh. Foto: Gmap/Shop Ikan Bilih Dan Sanjai Akbar

Aktivitas lain di danau ini adalah memancing. Bagi wisatawan yang suka memancing, ini adalah kesempatan yang bagus. Karena danau ini memiliki ikan yang sehat dan besar. Tentu saja, jika Anda membuatnya, Anda akan sangat puas.

Jika tidak ingin memancing, wisatawan bisa langsung menikmati masakan khas danau. Dimana terdapat banyak stand yang menyediakan masakan khas. Salah satunya adalah masakan ikan khas Bilih. Ikan bilih merupakan ikan endemik yang hanya hidup di Danau Singkarak. Memiliki ukuran kecil dengan sisik berwarna perak.

Ikan ini diolah dengan berbagai masakan, seperti B. Gulai ikan bilih. Atau digoreng kering dengan tepung dan disiram dengan saus cabai yang lezat. Lebih enak disantap dengan nasi hangat di pinggir danau. Uniknya, jika ikan ini dipelihara selain di Danau Singkarak, tidak akan bertahan hidup.

Dengan perahu di sekitar danau

Dengan perahu di sekitar danauDengan perahu di sekitar danau. Foto: Gmap/Ady Yandra

Wisatawan dapat menikmati pemandangan indah air danau dengan menggunakan perahu. Pergi saja ke dermaga tempat kapal-kapal ini bersandar. Kemudian sewa perahu dengan durasi satu jam. Kemudian wisatawan dapat mengelilingi kawasan danau yang indah ini.

Suasana sejuk dan pemandangan alam yang indah akan menemani perjalanan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini. Apalagi jika Anda bepergian bersama pasangan, Anda bisa merasakan suasana romantis di atas kapal.

Berenang di Danau Singkarak

Danau ini cukup dalam, mencapai kedalaman 268 meter. Meski demikian, wisatawan yang ingin berenang tetap diperbolehkan. Hanya saja hanya di area tepi danau, bukan di tengah danau. Selain itu, hanya perenang berpengalaman yang diperbolehkan berenang.

Lokasi Danau Singkarak

Wisata laut ini mengambil lokasi di Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button