Tempat Wisata

Harga Tiket dan Objek Wisata Embung Bansari Januari 2024

Waduk Bansari

  • Biaya masuk: 5.000 hingga 15.000 Rp
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon: +62 822-2587-0910
  • Alamat Lokasi : Desa Bansari, Bansari, Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia, 56265

Terletak di kaki Gunung Sindoro dan Sumbing, Temanggung menawarkan sejumlah tempat wisata menarik. Di ujung timur kota Temanggung terdapat destinasi wisata baru bernama Waduk Bansari. Kolam penampungan air hujan yang terletak di atas bukit. Kolam ini awalnya dibuat untuk mengairi sawah dan kebun warga. Namun karena potensinya, tempat ini akhirnya akan dikelola sebagai objek wisata pada akhir tahun 2020.

Berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, menawarkan pesona pemandangan alam yang luar biasa. Dari atas, wisatawan bisa melihat sebuah kolam besar, di belakangnya berdiri megah Gunung Sindoro. Meski cuaca cerah, Anda bisa melihat delapan gunung di Jawa Tengah. Gunung Sumbing, Merbabu, Merapi, Telomoyo, Prau, Andong, Ungaran hingga Muria. Bahkan pada malam hari, wisatawan bisa melihat kerlap-kerlip lampu kapal di Laut Utara Jawa dari kejauhan.

Biaya masuk Bansari Embung

Meski objek wisata Embung Bansari tergolong baru, namun setiap wisatawan sudah dikenakan biaya masuk. Tak perlu khawatir karena harga tiketnya sangat terjangkau mulai dari Rp5.000 hingga Rp15.000. Bahkan di hari-hari tertentu, wisatawan juga mendapat pelet. Pelet ini bisa digunakan untuk memberi makan ikan di area kolam.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp5.000
Tiket berkemah Rp.15.000
PARKIR MOTOR Rp5.000
area parkir Rp10.000
Parkir bus Rp20.000
Tempat parkir untuk motorhome Rp75.000

Biaya masuk Bansari Embung

Baca: Tiket dan Aktivitas EMBUNG KLEDUNG Temanggung

Jam buka Bansari Embung

Wisatawan bisa mengunjungi Embung Bansari kapan saja. Tempat wisata ini selalu buka 24 jam sehari. Waktu terbaik berkunjung adalah pagi atau sore hari saat cuaca sedang cerah. Kawasan ini juga ramai dikunjungi pengunjung yang berkemah pada malam hari.

aktivitas jam buka
berkemah 24 jam
Liburan 07.00 – 17.00

Jam buka Bansari Embung

Waduk di kaki Gunung Sindoro

Waduk dengan pemandangan yang sangat indahWaduk dengan pemandangan yang sangat indahKeindahan Embung terletak pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut di kaki Gunung Sindoro. Foto: Gmaps/Soepiti Hatta

Yang unik dari Embung Bansari adalah letaknya yang berada di atas bukit. Berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan menakjubkan. Didirikan pada tahun 2019 dan diubah menjadi destinasi wisata pada tahun 2021, tempat ini langsung menjadi favorit. Pesona Gunung Sindoro yang tampak memukau menjadi hidangan utamanya. Ditambah lagi dengan pemandangan persawahan dan perkebunan warga sekitar juga menambah keindahannya.

Suasana sejuk khas desa pegunungan sangat terasa di tempat ini. Embung Bansari bisa menjadi tempat yang tepat untuk menyegarkan pikiran. Bahkan di pagi hari, wisatawan bisa merasakan sensasi berada di atas awan. Melihat lautan awan di bawah kaki Anda tentu menjadi pemandangan alam yang sungguh menakjubkan. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas alam, termasuk berkemah.

Baca : Tiket Masuk dan Aktivitas PARIWISATA POSONG

Panorama lanskap Bansari-Embung

Jika Anda membutuhkan penyegaran mata, Embung Bansari adalah pilihan yang tepat. Suasana pedesaan yang sejuk dengan hamparan perkebunan akan menyambut Anda begitu memasuki desa Bansari. Tips Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi sempurna. Karena tempat parkir wisata ini berada di bagian atas dan tepat di samping waduk. Namun kelebihannya adalah wisatawan tidak perlu berjalan menanjak.

Begitu Anda mencapai puncak, pemandangan menakjubkan menanti Anda. Kolam dengan luas 2453m² ini memiliki bentuk yang indah. Apalagi berpadu dengan pesona pegunungan di sekitarnya. Saat hari cerah, total ada sembilan gunung yang terlihat dari lokasi ini. Tentunya yang paling terlihat adalah Gunung Sindoro di sebelah timur.

Baca : Tiket Masuk Pikatan Water Park dan Aktivitasnya

Lautan awan di pagi hari

Pesona Embung dengan lautan awanPesona Embung dengan lautan awanDi pagi hari, wisatawan berkesempatan melihat lautan awan di tempat ini. Foto: Gmaps/Sonny Gouw

Jika ingin menikmati pemandangan yang lebih indah lagi, wisatawan bisa datang pada pagi hari. Berada di ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, Embung Bansari menawarkan pesona yang luar biasa di pagi hari. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati momen matahari terbit, tapi juga serasa berada di atas awan.

Di pagi hari, lautan awan di bawah bukit Embung Bansari akan meramaikan suasana. Saat itu panorama di sekitar kawasan wisata tampak spektakuler. Salah satu momen yang sangat tidak boleh Anda lewatkan selama menginap di sini.

Baca: Sibajag Green Canyon: Tiket Masuk dan Berbagai Aktivitasnya

Memberi makan ikan

Beri makan ikan di kolamBeri makan ikan di kolamDi tempat ini wisatawan juga bisa memberi makan ikan-ikan yang banyak hidup di waduk tersebut. Foto: Gmaps/Agus Susanto

Bagi yang mengajak anak-anak, ada kegiatan menariknya. Yaitu memberi makan pada ikan-ikan yang hidup di kolam. Berbagai jenis ikan hidup di waduk ini. Kegiatan seperti ini tentu akan sangat menyenangkan bagi anak-anak.

Nikmati matahari terbenam

Jika sulit untuk datang dan menikmati matahari terbit di pagi hari, wisatawan bisa menikmati matahari terbenam saja. Momen matahari terbenam dari tempat ini pun tak kalah menakjubkan. Wisatawan bisa bersantai menikmati matahari terbenam sambil menikmati berbagai makanan dan minuman hangat di warung-warung tersebut.

Baca: CLOTHING PASS: Tiket masuk dan pesona 2 gunung

Berkemah di Embung Bansari

Pesona malam di atas puncak Embung BansariPesona malam di atas puncak Embung BansariSaat malam hari, tempat ini menyuguhkan pemandangan indah kerlap-kerlip lampu kota. Foto: Gmaps/Raden Mas Yogi Priyanto

Karena lokasinya yang sangat indah dan alami, tempat ini menjadi tempat berkemah yang populer. Terdapat tempat untuk mendirikan tenda di sekitar waduk. Dengan lahan yang cukup luas dan space untuk banyak tenda. Saat berkemah, wisatawan berkesempatan menikmati pemandangan malam yang sangat romantis.

Saat cuaca cerah, kerlap-kerlip lampu kota Temanggung dan Wonosobo terlihat sangat indah. Selain itu, jika menengok ke utara, Anda juga akan melihat kerlap-kerlip lampu kapal-kapal dari Laut Utara Jawa. Kemudian ketika wisatawan berkemah, mereka tidak akan melewatkan indahnya pemandangan pagi hari Embung Bansari.

Baca: Nepal Van Java: Tiket Masuk dan Keajaiban

Fasilitas Waduk Bansari

Meski merupakan objek wisata baru, namun tempat ini sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Beberapa di antaranya memiliki tempat parkir yang luas, toilet, bangku, musala, serta stand makanan dan minuman. Sementara pilihan akses masih berupa jalan berbatu dan menanjak. Oleh karena itu, seseorang perlu ekstra hati-hati saat mengunjungi tempat ini.

Lokasi Waduk Bansari

Objek wisata ini terletak di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Letaknya sekitar 18 km dari pusat kota Temanggung dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button