Tempat Wisata

Harga Tiket dan Objek Wisata Monumen Kapal Selam Januari 2023

Harga Tiket Masuk Monumen Kapal Selam: Rp 15.000. Jam buka: 08.00 – 21.00. Nomor telepon: (031) 5490410. Alamat: Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60277.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan wilayah laut yang sangat luas. Warisannya masih bisa dinikmati hingga saat ini, sebagaimana adanya Monumen Kapal Selam di Surabaya. Ini adalah kapal yang terletak di darat dan dimaksudkan sebagai bangunan museum.

Surabaya juga dikenal sebagai kota kekuatan laut yang besar. Kota ini selalu menjadi pusat perdagangan dunia. Dan monumen kapal selam (Monchasel) ini adalah bukti bahwa surabaya memiliki kekuatan angkatan laut yang besar.

Tiket masuk Monumen Kapal Selam Surabaya

Untuk memasuki objek wisata ini pengunjung dikenakan biaya masuk, namun anda tidak perlu khawatir. Tiket masuk Monkasel cukup terjangkau, hanya Rp 15.000

Tiket masuk Monumen Kapal Selam Surabaya
tiket masuk Rp 15.000

Baca: Kerennya Hutan Bambu Surabaya di Tengah Kota

Jam Buka Monumen Kapal Selam Surabaya

Tempat wisata ini dibuka untuk umum setiap hari. Bahkan, pengunjung bisa menikmati objek wisata ini dari pagi hingga malam hari. Karena jam buka yang panjang.

jam operasi
Senin minggu 08.00 – 21.00

Menelusuri sejarah besar Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam di Surabaya. Foto: Gmap/Afifahn 526

Monkasel adalah monumen KRI Pasopati 410 ukuran penuh. Kapal selam ini milik armada Divisi Timur. Basofi Soedirman, meletakkan batu pertama pembangunan monumen yang dimulai pada Juli 1995.

Meski monumen ini bukan replika, namun dibuat dengan membagi kapal menjadi 16 bagian. KRI Pasopati 410 tersayat di PT PAL Indonesia yang kemudian disambung kembali. Pada tanggal 15 Juli 1998, Monkasel resmi dibuka dan menjadi tempat wisata di Surabaya.

Monumen hijau ini merupakan monumen kapal selam terbesar di Asia. Konstruksinya muncul dari ide para tetua kapal selam dan angkatan laut. Monkasel bukan hanya sebagai tempat wisata tetapi juga merupakan peninggalan sejarah Indonesia sebagai negara laut.

Detail KRI Pasopati 410

Monumen Kapal Selam di SurabayaKRI Pasopati 410 di Monumen Kapal Selam Surabaya. Foto: Gmap/Dieta Singarimbun

KRI Pasopati 410 kelas I terdaftar adalah kelas SS Whiskey dan telah bertugas di Angkatan Laut sejak 29 Januari 1962.

KRI Pasopati 410 memiliki panjang 76,6 x 6,30 meter dan berat 1.300 ton. Kecepatannya mencapai 18,3 knot di atas permukaan laut dan 13,6 knot di bawah permukaan. Khususnya, KRI Pasopati 410 dipersenjatai dengan 12 torpedo uap gas sepanjang 7 meter.

Baca: Tiket dan Wahana Suroboyo Carnival

Di dalamnya terdapat 7 ruangan antara lain ruang torpedo haluan dan ruang mesin diesel. Itu juga dilengkapi dengan tempat komandan dan kru. Lalu ada jembatan utama dan pusat komando yang letaknya berdekatan.

Awal Kedatangan KRI Pasopati 410

KRI Pasopati 410 didatangkan langsung dari Rusia. Sebelum kapal selam ini dibawa, para pelaut muda Indonesia berangkat ke Rusia secara bergelombang. Di sana mereka menjalani pelatihan yang ketat untuk menjadi awak kapal ini.

Saat itu, Indonesia merupakan satu-satunya negara di belahan bumi selatan yang memiliki 12 kapal selam. Kelas Whiskey adalah kapal selam diesel yang menjadi momok blok NATO. Bahkan, Belanda pun kalah bersaing dengan kapal-kapal milik Indonesia saat itu.

Kemampuan kelas Whiskey sempat mengguncang armada Belanda. Pasalnya, kapal selam ini dipersenjatai rudal antipesawat. Selain itu, juga terdapat peluncur torpedo di bagian buritan dan haluan kapal.

Kolam renang Monumen Kapal Selam Surabaya

Kolam renang di Monumen Kapal Selam SurabayaKolam renang anak Monkasel. Foto: Gmap/Dimas Fauzi

Selain wisata sejarah, Monkasel juga menawarkan wahana seru lainnya. Yaitu kolam renang anak. Karena kolam ini dirancang khusus untuk anak-anak, kolam ini dangkal.

Tempat ini didesain khusus sebagai kolam renang saja, jadi tidak ada seluncuran air lainnya. Berbeda dengan di Waterboom yang banyak terdapat seluncuran air. Meski demikian, teriakan gembira anak-anak itu menimbulkan kehebohan.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Ciputra Waterpark Surabaya

Menonton Pertunjukan Reog Ponorogo

Jawa Timur terkenal dengan budaya Reog Ponorogo. Monkasel juga menawarkan atraksi Reog Ponorogo setiap hari Sabtu dan Minggu. Pengunjung bisa melihatnya dengan membayar tiket mulai dari Rp 10.000.

Menyusuri Sungai Kalimas dengan perahu motor

Pengunjung dapat menikmati keindahan air dengan menyusuri Sungai Kalimas. Karena di sini pengunjung bisa menyewa perahu motor untuk mengelilingi Sungai Kalimas. Wahana ini hanya tersedia setiap Sabtu dan Minggu, termasuk pada malam hari, dengan membayar tiket Rp 20.000.

Kontak dan lokasi Monumen Kapal Selam Surabaya

Alamat Monkasel adalah Jalan Pemuda 39 Surabaya. Pengunjung dapat menghubungi 031-5490-410 atau email [email protected]. Monkasel menawarkan fasilitas berupa video recording, live music, stand souvenir dan tempat parkir.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button