Tempat Wisata

Harga Tiket dan Objek Wisata SAUNG ANGKLUNG UDJO Oktober 2023

Harga Tiket dan Objek Wisata SAUNG ANGKLUNG UDJO Oktober 2023

Saung Angklung Udjo Biaya masuk: Rp60.000 – Rp120.000. Jam buka: Pukul 09.00 – 17.00 WIB. Nomor telepon: (022)7271714 / +62 821-8282-1200. Alamat/Lokasi : Jl. Padasuka No.118 Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40192

Saung Angklung Udjo Didirikan pada tahun 1966, ini adalah tujuan rekreasi dan pendidikan budaya Sunda. Lengkap dengan ballroom, aneka kerajinan bambu, dll bengkel tentang alat musik yang terbuat dari bambu.

Menambah suasana segar dan asri di kawasan Bandung Timur dan sangat cocok untuk dinikmati. Menampilkan elemen interior unik yang didominasi bambu, pemandangan dan dekorasi mempesona, serta suara gemerincing alat musik bambu mewakili keselarasan antara budaya dan alam.

Biaya masuk Saung Angklung Udjo

Harga tiket masuk Saung Angklung Udjo tidak berbeda pada hari biasa maupun akhir pekan. Harga antara Rp 60.000 hingga Rp 120.000 masih terbilang terjangkau untuk menikmati keindahan alam dan edukasi budaya.

Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk dewasa domestik Rp85.000
Tiket masuk untuk anak domestik (3-11 tahun) Rp60.000
Tiket masuk internasional untuk dewasa Rp120.000
Tiket masuk untuk anak internasional (3-11 tahun) Rp85.000

Biaya masuk Saung Angklung Udjo

Baca : Tiket, Studio dan Pertunjukan Trans Studio Bandung

Harga tiket anak berlaku untuk anak berusia 3 tahun ke atas.

Jam operasional Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo buka setiap hari, Senin hingga Minggu, mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Ada pula pertunjukan pada pukul 10.00, 13.00, dan 15.30 WIB. Atraksi ini akan dibagi menjadi 3 sesi.

Sejarah Singkat Saung Angklung Udjo

Saung ini didirikan oleh seorang tokoh bernama Udjo Ngalagena (Mang Udjo) dan istrinya. Tujuan didirikannya tempat ini adalah untuk melestarikan budaya dan seni tradisional Sunda.

Mang Udjo sendiri merupakan seniman Angklung asal Jawa Barat yang lahir pada tanggal 5 Maret 1929. Seni Angklung sudah ia kenal sejak usia empat tahun, itulah sebabnya Mang Udjo mendirikan tempat ini karena kecintaannya terhadap alat musik bambu tersebut.

Baca: Tiket Masuk BAMBU DUSUN Bandung dan Aktivitas Serunya

Sepeninggal Mang Udjo, Saung Angklung Udjo tidak berhenti begitu saja. Semasa hidupnya, ia dikaruniai sepuluh orang anak, yang hingga saat ini mengikuti jejak ayahnya dan melestarikan budaya Sunda.

Saung Angklung Udjo masih ada untuk mengedukasi pengunjung tentang seni dan budaya Sunda. Di sini pengunjung dihibur dengan keindahan alam sekitar sambil menjajal alat musik Angklung.

Hal yang dapat dilakukan di Saung Angklung Udjo

Pertunjukan oleh Orkestra Angklung Pertunjukan oleh Orkestra Angklung. Gambar: Midori

Banyak kegiatan edukasi yang bisa dilakukan di Saung Angklung Udjo Bandung. Kegiatan tersebut terutama bertujuan untuk mempopulerkan budaya Sunda dan alat musik Angklung. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke sini.

1. Wayang

Wayang Golek merupakan pertunjukan wayang kayu khas Sunda dengan kostum. Pertunjukan ini biasanya berlangsung setiap hari pada pembukaan seluruh atraksi.

Di akhir karya biasanya terdapat pesan moral yang dapat diambil pelajaran oleh pengunjung. Durasi pertunjukan wayang golek kurang lebih 10 sampai 20 menit dan dilanjutkan dengan atraksi selanjutnya.

2. Helen

Atraksi ini biasanya berlangsung pada saat upacara khitanan dan upacara panen padi. Helaran bertujuan untuk menghibur dan mengungkapkan rasa syukur, sehingga musik di Helaran biasanya ceria dan penuh semangat.

Dalam pertunjukan ini ditampilkan berbagai tarian Sunda sambil dilantunkan lagu-lagu khas Sunda. Selain itu, ada juga penampilan musik Angklung oleh para pelajar di sini.

3. Tari topeng

Tarian ini merupakan bagian dari pertunjukan rutin setiap hari. Kisah tari topeng diawali dari seorang penyiar berita dari Majapahit yang menyelidiki keadaan Kerajaan Blambangan.

Dalam tarian ini, seorang penari berperan sebagai pembawa berita yang menyamar dengan topeng. Topeng ini berguna agar penarinya terlihat seperti seorang pemberani saat melawan Prabu Menakjingga.

4. Suara orkestra

Dalam atraksi ini, Angklung dimainkan oleh para seniman pertunjukan hingga menghasilkan suara yang indah. Suara musiknya akan selaras dengan tari Jawa Barat yang luwes.

Lagu-lagu yang dibawakan alat musik Angklung pada panggung ini antara lain Balonku, Twinkle Twinkle Little Star, lagu Dangdut dan lagu daerah. Pengunjung akan terkesima dengan perpaduan musik dan tarian Jawa Barat yang turut menyumbang kekayaan budaya Sunda.

5. Memainkan Angklung bersama-sama

Pengunjung dapat memainkan Angklung Udjo bersama murid-murid Saung Angklung pada sesi ini. Nantinya, setiap pengunjung mendapat sebuah angklung dan memainkannya sesuai instruksi.

Pemain menggoyangkan angklung ketika kondektur memberikan kode dengan isyarat tangan. Sebelum memainkan Angklung bersama, pengunjung terlebih dahulu mendapat pelajaran cara membunyikan Angklung yang benar.

6. Menari bersama

Pada sesi ini, pengunjung juga dapat menarikan tarian tradisional Jawa Barat. Dengan mengikuti gerak tari yang dilakukan oleh para penari.

Kegiatan ini jelas bersifat mendidik khususnya bagi anak-anak, mengenalkan mereka pada budaya Sunda. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena terdapat musik pengiring yang ceria. Atraksi ini biasanya berlangsung pada sesi terakhir program pertunjukan setiap harinya.

7. Wisata Kuliner Angklung Dapoer

Pengunjung juga bisa menikmati beragam kuliner di Dapoer Angklung. Makanan yang dijual di sana bermacam-macam, seperti batagor dan siomay khas Bandung. Ada juga menu Western yang rasanya tak kalah nikmat dan nikmat. Harganya juga cukup terjangkau.

Baca: Wisata Kampung Gajah: Tiket Masuk dan Wahana Seru

8. Beli oleh-oleh

Terdapat ruangan khusus yang berisi berbagai oleh-oleh khas Sunda. Berbagai cinderamata dijual di ruangan ini antara lain gantungan kunci, kipas angin, kaos oblong, gelang, sandal, tas dan replika Angklung.

Sedangkan harga oleh-oleh masih cukup murah dan terjangkau. Di dekat loket penjualan tiket, pengunjung bisa menemukan berbagai oleh-oleh.

9. Foto

Karena kelestarian dan keindahan alam Saung Angklung Udjo, tak heran jika banyak orang yang memanfaatkannya sebagai kesempatan berfoto. Pengunjung bisa menikmati sejuknya lingkungan sekitar sembari mengambil foto.

Hampir seluruh kawasan dipenuhi pohon bambu yang berdesir jika diterpa angin. Situasi yang menawarkan pengunjung suasana tradisi pedesaan yang tak terlupakan.

10. Bernyanyi bersama

Selain bermain alat musik Angklung bersama, pengunjung juga diajak bernyanyi bersama. Lagu yang dibawakannya pun beragam, mulai dari lagu anak-anak hingga lagu daerah.

Kegiatan ini sangat menghibur karena membuat pengunjung lebih aktif dan mengenalkan budaya Sunda. Selain itu, dapat menghibur sekaligus mendidik pengunjung, terutama anak-anak.

Fasilitas di Saung Angklung Udjo

Wisata ini menawarkan berbagai fasilitas seperti Buruan Sari Asih yang berfungsi sebagai tempat bersantai menikmati suasana Sunda. Lalu ada Balai Penyuluhan Kehutanan sebagai unit kegiatan yang memberikan edukasi tentang merawat pohon dan berkontribusi terhadap perlindungan lingkungan hidup.

Selain itu ada Bale Karesemen yang berguna sebagai tempat pertemuan dan juga tempat pertunjukan seni. Dan Sentra Produksi Angklung, dimana pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan Angklung dengan kualitas terbaik.

Transportasi umum ke Saung Angklung Udjo

Tempat ini hanya dilayani oleh angkutan umum. Untuk menuju lokasi dapat menggunakan angkutan umum nomor 06 jalur Cicaheum-Ciroyom kemudian turun di perempatan Padasuka.

Dari Persimpangan Padasuka, pengunjung dapat mencapai lokasi hanya dengan berjalan kaki 500 meter. Jika berkenan, pengunjung juga bisa menggunakan jasa ojek untuk masuk ke Gerbang Saung Angklung Udjo.

Alamat Saung Angklung Udjo dan Kontak

Udjo Angklung Saung terletak di Jalan Padasuka No. 118, Bandung, Jawa Barat 40192. Letaknya tak jauh dari pusat kota Bandung. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi (022)7271714 dan (022)7101736. Atau melalui email [email protected] atau Instagram di @angklungudjo.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button