Tempat Wisata

Harga tiket, fasilitas, atraksi, aktivitas seru

Danau Biru Cisoka – Tampaknya travel bug kini tengah menjangkiti masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Saat ini traveling bukan hanya sekedar kebutuhan mewah, namun sudah menjadi gaya hidup para pecinta travelling.

Tercatat, banyak tempat wisata baru yang dibuka dalam dua tahun terakhir karena tingginya minat wisatawan untuk menjelajahi kawasan tersembunyi. Bahkan tempat-tempat biasa pun kini berubah menjadi destinasi menyenangkan yang patut dikunjungi.

Salah satu destinasi seru tersebut adalah objek wisata Telaga Biru di Tangerang. Ingin mengenal destinasi wisata Telaga Biru di Tanggerang?

Informasi Umum

  • alamat: Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Tangerang, Banten
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00 – 18.00
  • Biaya masuk: Rp.12.000 per orang, Rp.2000 (sepeda motor), Rp.10.000 (mobil), Rp.20.000 (sewa perahu)
  • peta: Google Peta

Kali ini Wisataseru.com mengajak kamu untuk berlibur dan bersenang-senang bermain di Danau Cisoka biru yang sedang populer di Tangerang. Langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Keunikan Telaga Biru Cisoka

Keunikan Telaga Biru Cisoka melalui instagram.com @likeinidKeunikan Telaga Biru Cisoka melalui instagram.com @likeinid

Tempat wisata di Telaga Biru ini mempunyai keunikan tersendiri yang menarik untuk kita lihat. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik banyak orang sehingga tertarik untuk datang kesini dan menikmati keindahannya. Berikut beberapa keistimewaan Danau Cisoka berwarna biru yang menjadi daya tarik utama tempat wisata di Tangerang ini:

1. Berasal dari bekas wilayah pertambangan

Keunikan pertama dari telaga biru ini adalah proses pembentukannya berasal dari bekas lubang-lubang penambangan pasir yang berbentuk lubang-lubang yang kemudian diisi air hujan.

Kawasan bekas tambang yang terbengkalai ini tidak digarap melainkan terbengkalai dan lama kelamaan kawasan bekas tambang tersebut tergenang air dan lama kelamaan membentuk telaga atau kolam.

Awalnya air telaga ini keruh dan tidak sejernih sekarang, namun lama kelamaan airnya menjadi jernih dan berwarna kebiruan seperti yang kita lihat sekarang.

2. Tiga danau sekaligus

Tiga Danau Air Cisoka instagram.com @lestariuwieTiga Danau Air Cisoka instagram.com @lestariuwie

Tahukah Anda kalau danau biru itu tidak hanya ada satu, melainkan tiga danau? Ketiga danau tersebut memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari danau kecil sedang hingga sedang, dan danau besar mengapit danau kecil tersebut. Kedalaman danau pun bervariasi bahkan warnanya pun tidak sama.

Kedalaman telaga terkecil sekitar 5 meter, sedangkan telaga tengah kedalamannya sekitar 15 meter, dan telaga terbesar kedalamannya sekitar 20 meter.

3. Warna air bisa berubah

Tahukah Anda kalau telaga biru ini memiliki keunikan karena warnanya bisa berubah-ubah? Meski warnanya berubah, nama telaga ini tetaplah telaga biru. Pada waktu-waktu tertentu warna telaga ini berubah menjadi hijau kehijauan bahkan kekuningan.

Perubahan warna air danau ini disebabkan oleh keasaman air danau akibat penggalian penambangan sebelumnya.

Selain keasaman, alga yang ada di danau ini juga mempengaruhi perubahan warna air. Saat tumbuhan alga terkena sinar matahari, warna alga dapat berubah sehingga membuat warna air tampak berubah total.

Lokasi Objek Wisata Telaga Biru Cisoka di Tangerang

Mungkin tidak ada yang menyangka jika objek wisata Telaga Biru yang kini tampak begitu indah ini dulunya merupakan bekas lokasi penggalian pasir di Kabupaten Tangerang.

Telaga Biru sebenarnya merupakan bekas lubang pasir di Desa Cigaru, tepatnya di Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Lubang hasil penambangan tersebut digenangi air hujan dan diubah menjadi danau buatan yang terlihat sangat keren.

Rute menuju objek wisata Telaga Biru Cisoka

Alamat Telaga Biru Cisoka sudah jelas, namun pastinya sebagian orang masih bingung menentukan jalur mana yang harus ditempuh. Untuk menuju telaga atau telaga ini dari Jakarta bisa menggunakan angkutan massal seperti KRL tujuan Tanah Abang – Maja lalu turun di Stasiun Tigaraksa, Tangerang Banten.

Sesampainya di Tigaraksa, silakan naik angkutan umum atau ojek untuk menuju danau ini. Jika Anda datang dengan kendaraan umum, Anda harus berjalan kaki sekitar 300 meter dari stasiun kereta untuk sampai ke halte angkutan umum. Sesampainya disini, kamu bisa naik angkutan umum jurusan Adiyasa-Balaraja dan turun di pertigaan SMAN 08 gang Cisoka.

Kemudian dilanjutkan dengan ojek atau jalan kaki menuju danau. Sesampainya di gerbang masuk Wisata Telaga Biru Cisoka, wisatawan harus berjalan kaki sejauh 200 meter untuk mencapai Telaga Biru yang indah dan Instagrammable.

Biaya masuk Danau Cisoka

Kabar gembira sekali bagi wisatawan yang ingin berwisata ke sini karena bisa masuk hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 12.000 per orang. Kemudian Anda juga membayar ongkos kendaraan yaitu Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua. Kini dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Jadi jangan berpikir dua kali, jika Anda tinggal di kota Tangerang, cobalah mengunjungi tempat wisata Telaga Biru yang populer dan Instagramable.

Fasilitas di Telaga Biru Cisoka

Agar pengunjung merasa nyaman, pihak pengelola tempat ini telah menyediakan beberapa fasilitas penunjang yang bisa Sahabat Seru gunakan. Berikut daftar fasilitas Telaga Biru:

  • Tempat parkir kendaraan luas
  • tempat peristirahatan umum
  • Warung makan
  • Penyewaan perahu
  • Paviliun untuk beristirahat
  • tempat bermain
  • Kolam renang

Aktivitas seru di Telaga Biru Cigaru

Penduduk setempat menyebutnya “Danau Biru Cigaru” karena penampakan air danaunya yang berwarna biru, terkadang berubah menjadi jernih dan kekuningan.

Dulunya telaga ini tidak pernah diperhatikan, namun pada tahun 2015, saat musim kemarau panjang, warna air telaga ini berubah menjadi biru dan langsung menarik perhatian warga sekitar.

Tempat Wisata Telaga Biru Cisoka melalui @edi_wahyudi3006Tempat Wisata Telaga Biru Cisoka melalui @edi_wahyudi3006

Danau ini dulunya merupakan kawasan penambangan pasir yang sudah lama tidak dimanfaatkan. Lubang-lubang sedalam puluhan meter ini kemudian terisi air hujan sehingga menjadi danau yang indah. Faktor alam yang dipicu oleh musim kemarau panjang menyebabkan air danau berubah warna menjadi biru indah.

Nah, sejak saat itu, kabar kemunculan telaga biru ini mulai banyak diketahui kalangan traveler, dari mulut ke mulut dan dipercepat dengan membanjirnya foto di media sosial. Kemudian danau tersebut dikelola oleh pemerintah setempat dan dikembangkan menjadi destinasi wisata. Setiap akhir pekan, kawasan wisata Telaga Biru di Tangerang tidak pernah sepi, didominasi oleh anak muda.

Terlihat jelas bahwa telaga biru di Tangerang mampu menarik cukup banyak pengunjung dalam waktu singkat, karena panorama telaga ini terlihat sangat sejuk dan indah jika difoto.

Dengan kapal

Apalagi di kawasan Tangerang yang tergolong kawasan padat penduduk, jarang ditemukan tempat sekeren ini. Kini pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan telaga biru dari tepian pantai, tapi juga bisa berkeliling telaga dengan menggunakan sampan.

Wisata Danau Cigaru dengan perahu melalui HipweeWisata Danau Cigaru dengan perahu melalui Hipwee

Faktanya, air telaga ini tidak hanya sekedar berwarna biru saja, pada waktu-waktu tertentu bisa berubah warna dari kekuningan menjadi jernih atau tidak berwarna.

Begitu memasuki kawasan telaga atau danau, Anda akan melihat dua buah telaga berwarna biru di sebelah kanan pintu masuk latar belakang Tebing pasir putih yang terbentuk dari hasil penggalian penambangan pasir.

Selain kedua telaga tersebut, traveler juga bisa melihat keindahan telaga lain yang ada di sisi kiri dan berbeda karena warnanya berbeda, yaitu hijau.

Tempat foto siap Instagram

Danau cantik ini juga sering dijadikan subjek foto prewedding karena menawarkan banyak lokasi keren.

Meski airnya terlihat indah, namun dilarang berenang di sini, selain karena dalam dan air di sini sangat asam.

Namun jangan khawatir, Anda bisa menyusuri danau ini dengan perahu yang bisa Anda sewa di sana kapan saja.

Hanya dengan Rp 20.000, kamu sudah bisa menjelajah setiap sudut Telaga Biru Cisoka dan mengambil spot-spot foto yang lagi hits dan Instagrammable.

Tempat unik di lokasi Telaga Biru Cisoka via @dhalliaocttaTempat unik di lokasi Telaga Biru Cisoka via @dhalliaoctta

Coba Sensasi Flying Fox

Bagi sobat seru yang menyukai tantangan, bisa mencoba sensasi mengendarai Flying Fox yang menantang. Anda akan diajak menyeberangi danau menggunakan gendongan besi yang akan menguji adrenalin Anda. Tentu saja, jangan terlalu bersemangat.

Sahabat Seru diajak menikmati indahnya pemandangan Telaga Biru Cisoka dari ketinggian. Terlihat lebih indah lagi, akan menjadi pengalaman yang akan selalu Anda ingat.

Kenikmatan kuliner di Telaga Biru Cisoka

Usai berfoto di sini atau menikmati seharian, tentu Anda akan segera merasa lapar. Jadi Anda tidak perlu jauh-jauh untuk membeli bahan makanan karena di tempat ini terdapat banyak warung makan bagi Anda yang ingin makan dengan santai.

Menutup

Demikian informasi Tempat Wisata Telaga Biru Cisoka dari kami. Semoga dapat bermanfaat. Dan itu bisa menjadi tempat dimana Anda bisa menghabiskan waktu atau berlibur bersama orang yang Anda cintai.

Jangan lewatkan juga: Liburan di objek wisata Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button