Tempat Wisata

Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi, Spot Instagrammable

Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi, Spot Instagrammable

Batu Asing – Bicara tentang kota istimewa di Pulau Jawa memang tidak ada habisnya. Salah satu yang sangat menarik perhatian adalah destinasi wisata alam di dalamnya.

Kota Jogja memiliki sejuta wisata yang wajib dikunjungi. Kota ini akan memanjakan Anda dengan pesonanya yang tak terkalahkan. Satu area yang tidak boleh dilewatkan adalah Alien Rock Nature Tour.

Padahal namanya cukup unik, batu ini bukan berasal dari luar angkasa seperti di film Alien atau Space, melainkan berasal dari perut bumi akibat letusan Gunung Merapi.

Disebut Batu Alien karena batu raksasa tersebut memiliki wajah yang mirip dengan alien. Wisata alam batu asing ini lokasinya tidak jauh dari pusat kota yaitu di kabupaten Sleman Yogyakarta. Lokasinya berada di sekitar lereng Gunung Merapi.

Anda tidak hanya bisa melihat keunikan batu alien tersebut tetapi juga keindahan alam di sekitar Gunung Merapi. Anda bisa melihat sendiri betapa indahnya ciptaan Tuhan.

Batu raksasa bergambar wajah alien ini pertama kali ditemukan warga setelah Gunung Merapi meletus pada 2010.

Awalnya, batu tersebut tidak menjadi pusat perhatian, namun penemuan sebuah lukisan unik membuat banyak orang penasaran akan keberadaannya dan kini telah menjadi objek wisata dengan pesona tersendiri.

Batu Alien CangkringanBatu Alien Cangkringan

Tempat wisata alam batu mancanegara

Seorang warga setempat menemukan sebuah batu besar yang awalnya tampak seperti batu vulkanik biasa. Setelah diperiksa lebih dekat, seseorang menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak biasa pada batu itu.

Anda bisa melihat sebuah lukisan menarik dengan wajah lengkap mulai dari hidung, mata, mulut dan telinga, dan jika kita lihat sepintas terlihat seperti wajah makhluk luar angkasa dari luar bumi, biasa disebut extraterrestrial director ke atas.

Batu tersebut ditemukan di kawasan Desa Jambu, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55583.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya berjarak sekitar 20 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dalam lalu lintas normal. Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat wisata alam yang terbuat dari batu asing karena tempat ini sangat populer karena terletak di lereng Gunung Merapi.

Spot foto menghadap MerapiSpot foto menghadap Merapi

Rute menuju lokasi wisata alam Alien Stone

Jika anda termasuk orang yang penasaran dengan keunikan wajah yang terlukis di bebatuan besar, silahkan datang ke daerah Sleman dan alamat lengkapnya sudah jelas tertera di atas.

Sekarang kita akan membahas lebih lanjut tentang kawasan wisata ini. Pembahasan selanjutnya berkisar pada rute yang bisa ditempuh untuk menuju ke lokasi Batu Alien tersebut.

Kita bisa memulai perjalanan dari Semarang – Jogja. Setelah itu silahkan dilanjutkan ke kawasan Ring Road Utara atau Kabupaten Jogja.

Kemudian lanjutkan perjalanan ke arah utara sesampainya di pertigaan Kaliurang, atau menuju Tugu Jogja dan Jalan Malioboro, kemudian terus berjalan hingga menemukan pertigaan, selanjutnya silahkan belok kanan ke arah timur.

Sesampainya di kawasan tersebut, Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan yang akan mengantarkan Anda ke tempat tujuan yaitu Wisata Alam Batu Alien di Kabupaten Sleman.

Rute yang akan Anda ambil nanti sangat berharga karena semua jalan yang dilalui sudah diaspal dengan baik. Selain itu kawasan ini selalu ramai dengan kendaraan dan merupakan desa wisata sehingga selalu mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat.

Jika Anda takut tersesat, Anda juga bisa menggunakan Google Maps yang akan membawa Anda dengan cepat dari pusat kota ke kawasan wisata Alien Rock menggunakan petunjuk arah peta yang tercetak di smartphone Anda.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Batu Alien

Tak jauh dari lereng Gunung Merapi, Wisata Alam Batu Alien masih termasuk dalam Wisata Merapi Kaliurang. Karena itu, tidak ada alasan untuk meragukan keindahan yang mengelilinginya.

Meski demikian, harga tiket yang dipatok pada bagian ini tidak terlalu mahal dan sangat ramah kantong. Anda cukup membayar 5.000 rupiah saja maka anda sudah bisa memasuki kawasan ini dan menikmati segala keindahan yang ada disana.

Pengunjung yang datang dengan sepeda motor atau mobil harus membayar biaya tambahan sebagai sewa tempat parkir kendaraan mereka. Namun sekali lagi, Anda tidak perlu khawatir karena harga tiketnya juga tidak terlalu mahal dan standar yang digunakan.

Harga tiket parkir kendaraan roda dua atau motor cukup membayar 2.000 rupiah, untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5.000 rupiah, sedangkan jika mengendarai minibus atau bus pariwisata silahkan membayar tiket parkir masing-masing 10 dan 10 rupee, 20.000 rupee.

Fasilitas wisata yang tersedia

Kawasan wisata alam batu asing ini masih merupakan bagian dari wisata Merapi Kaliurang, jadi tentunya jika dilihat dari segi fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Setiap wisatawan yang datang termasuk:

  • area parkir Ini cukup luas dan tentunya bisa menampung banyak kendaraan pribadi sesama traveller
  • Tempat sampah diletakkan di beberapa sudut tempat mengajarkan kita pentingnya membuang sampah pada tempatnya
  • tempat peristirahatan umum Dapat digunakan oleh setiap pengunjung yang datang namun harus membayar biaya kebersihan sebesar 2.000 rupiah
  • warung makan tersedia di sekitar tempat ini cukup untuk memuaskan rasa lapar Anda setelah berkeliling kawasan wisata dan berfoto selfie. Menu lokal yang tersedia cukup lengkap dengan rasa yang sangat nikmat dan harga yang ditawarkan juga sangat murah.

Alien Stone Sunrise via Detik TravelAlien Stone Sunrise via Detik Travel

Keunikan Batu Alien

Mengunjungi lereng Merapi saat liburan memang menjadi momen yang tak terlupakan. Dari jauh kita sudah bisa melihat keindahan Gunung Merapi yang berdiri kokoh.

Gunung ini merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia yang kerap menunjukkan reaksinya, salah satunya letusan Gunung Merapi tahun 2006 yang sulit untuk dilupakan.

Serangan sampah Wedu yang memporak-porandakan wilayah Jogja. Namun kini, setelah beberapa puluh tahun, kondisinya jauh lebih baik, bahkan terlihat lebih subur dari sebelumnya.

Abu vulkanik yang keluar dari interior bumi membuat kondisi tanah di sekitarnya menjadi lebih subur. Letusan Gunung Merapi tahun 2010 memunculkan cerita yang cukup unik.

Saat gunung berapi meletus atau meletus, batuan vulkanik yang sangat besar terlontar dari perut bumi. Dilihat dari kejauhan, batu tersebut terlihat seperti batu biasa dan hampir sama dengan batu lainnya.

Namun siapa sangka saat ini batu ini menjadi tujuan banyak wisatawan, baik yang tinggal di dekat kota jogja maupun yang datang dari luar daerah maupun dari luar negeri.

Kenapa ini? Ternyata ada keunikan yang tidak biasa di balik penampakan batuan vulkanik tersebut. Jika kita melihat lebih dekat kita bisa melihat wajah dicat ke atas di atas batu.

Lukisan itu dilengkapi dengan kedua mata, bibir, telinga dan hidung. Namun wajah ini tidak sama dengan lukisan manusia pada umumnya, melainkan wajah yang menyerupai alien atau makhluk aneh yang datang dari luar negeri.

Kini batu alien tersebut menjadi primadona dan diburu oleh banyak traveler karena penasaran dengan keunikan yang ada di dalamnya. Selain itu, pemandangan alam di sekitarnya juga menjadi tujuan para traveler.

Tempat wisata di sekitar JogjaholicTempat wisata di sekitar Jogjaholic

Anda bisa melihat pepohonan hijau dan rindang yang mengelilingi area batu alien tersebut. Di sebelah utara terlihat jelas lereng Gunung Merapi yang sejuk. Anda juga bisa melihat sejumlah bunga unik dan langka yang hanya bisa ditemukan di lereng pegunungan, termasuk bunga edelweis.

Anda juga bisa berfoto selfie di tengah hamparan bunga yang bermekaran. Memotret dari sudut yang tepat dapat menghasilkan bidikan seperti kreasi profesional.

Penambahan spot foto yang Instagramable dan beberapa viewpoint yang dikelola warga sekitar juga menambah keunikan tempat ini.

Di hari yang cerah, keindahan di sisi barat pun tak kalah indah, apalagi saat cuaca sangat cerah Anda bisa melihat matahari sore menyinari punggung Gunung Merapi, membuat pemandangan semakin mempesona. Belum lagi menjelang matahari terbenam, Anda bisa melihat matahari terbenam yang mempesona di ujung barat dan sulit bagi kita untuk mengabaikannya.

Tur keliling Alien Rocks

Selain mengunjungi batu luar angkasa ini, Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lain di dekatnya. Berikut beberapa yang bisa Anda kunjungi:

Bukit Sungai Kuning

Bukit Kali Kuning melalui AlodiatourBukit Kali Kuning melalui Alodiatour

Setelah menyusuri kawasan Batu Alien, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat indah di kawasan tersebut, salah satunya adalah Wisata Alam Bukit Kali Kuning yang wajib dikunjungi.

Panorama di tempat ini juga sangat menarik dan sangat cocok untuk para pecinta alam camping. Terdapat pula tebing-tebing batu andesit yang berdiri kokoh di sekitar kawasan perbukitan Kali Kuning, terlihat sangat menawan dengan latar Gunung Merapi.

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem melalui ShutterstockBunker Kaliadem melalui Shutterstock

Sekarang ke kawasan wisata berikutnya, destinasi wisata yang menjadi benteng pertahanan dari panasnya awan Merapi.

Dari tempat ini kita bisa melihat betapa ganasnya gunung berapi tersebut saat menyemburkan awan panas dan mulai meletus, berpotensi membunuh jutaan orang.

Bukit Klangon

Gunung Klangon Merapi via @adik_prastyo_wGunung Klangon Merapi via @adik_prastyo_w

Untuk melihat kegagahan Gunung Merapi, tersedia gardu pandang yang diberi nama Kawasan Bukit Klangon. Kawasan ini juga menawarkan pemandangan yang tak kalah menyeramkan.

Anda dapat dengan jelas melihat panorama hutan belantara hijau yang membuat setiap orang yang memandangnya sejuk. Tempat ini sangat cocok untuk hunting foto dengan panorama alam yang luar biasa.

  • Kubah Stonehenge
  • Kastil dunia yang hilang
  • Museum Gunung Merapi
  • logo putri

tips liburan

Agar liburan anda kali ini lebih seru dan menyenangkan, tanpa kendala yang berarti, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal saat berlibur di kawasan wisata Batu Alien, antara lain :

  • Sebelum anda melakukan perjalanan sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi cuaca, jika hari mendung atau akan hujan maka tunda dulu perjalanan liburan anda untuk saat ini.
  • Bepergian ke daerah Merapi sangat dingin, jadi pakailah pakaian hangat agar tidak kedinginan dan menyebabkan hipotermia, flu, dan masalah kesehatan lainnya
  • Saat berlibur di kawasan wisata Batu Alien, jangan lupa memakai sepatu yang nyaman agar tidak mengganggu perjalanan liburan anda ke kawasan wisata tersebut.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah yang jarang kita nikmati, apalagi di momen liburan.

Jangan lupa untuk mengambilnya saat sunset dan di beberapa spot selfie yang menawan, karena momen seperti itu jarang terjadi. Tunggu apalagi, segera kunjungi tempat wisata alam Alien Rock bersama keluarga, agar liburan semakin seru dan menyenangkan. Suasana di sekitar Batu Alien bisa Anda rasakan dari dekat yang masih berada di kawasan wisata lereng Merapi-Kaliurang. Nikmati liburan Anda, kurang dan kurang menyesal. Cukup sekian dan terima kasih.

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button