Tempat Wisata

Harga Tiket GREEN RIVER dan Keunikannya Januari 2024

Sungai Hijau

  • Biaya masuk: Rp5.000
  • Jam buka: 8 pagi hingga 6 sore
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Bangkinang, Salo, Kampar, Riau, Indonesia, 28554

Riau mempunyai sungai-sungai dengan keunikan tersendiri. Sungai itu diberi nama Sungai Hijau. Berbeda dengan sungai pada umumnya, air sungai di sini jernih dan berwarna hijau. Warna hijau berasal dari alga yang terdapat di dalam air dan lumut yang tumbuh di permukaan tanah.

Sungai ini memiliki lebar 3 hingga 6 meter dan kedalaman 30 hingga 50 sentimeter. Dengan kedalaman tersebut, sungai ini masih menjadi tempat yang aman bagi anak-anak untuk berenang. Kemudian sungai ini memiliki panjang 400 meter dari hulu hingga hilir.

Terdapat empat sungai di sini yaitu sungai I, II, III dan IV yang masing-masing sungai mempunyai pengelolanya masing-masing. Sungai tersibuk adalah Sungai III. Pilihan permainan untuk anak-anak lebih banyak di sini, seperti perosotan dan papan loncat.

Kini tersedia tujuh pintu masuk bagi pengunjung untuk masuk ke kawasan sungai. Selain berenang, pengunjung juga bisa piknik atau mendirikan tenda di sini.

Biaya Masuk Sungai Hijau

Harga tiket masuk Green River cukup terjangkau, hanya Rp 5.000 saja. Tidak ada biaya parkir yang termasuk dalam tiket. Untuk menggunakan fasilitas yang ada di kawasan wisata, pengunjung harus membayar biaya tambahan.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp5.000
PARKIR MOTOR Rp5.000
area parkir Rp10.000

Biaya Masuk Sungai Hijau

Baca: Tiket Masuk dan Wahana BOMBARA WATERPARK

Jam Buka Sungai Hijau

Kawasan wisata sungai ini buka mulai pukul 08.00 hingga 18.00. Untuk merasa nyaman saat berenang, sebaiknya berkunjung saat cuaca cerah. Lalu jika ingin merasakan suasana tenang, datanglah ke sini pada hari biasa.

Nikmati segarnya air Sungai Hijau

Pengunjung berenang di Sungai HijauPengunjung berenang di Sungai HijauDi Sungai Hijau, pengunjung bisa berenang menikmati segarnya air sungai yang jernih. Foto: Google Map/Hendra Sanjaya

Kesegaran air di Sungai Hijau memang tak perlu diragukan lagi. Sungai ini juga memiliki air yang jernih. Sesuai dengan namanya, air di sungai ini berwarna hijau alami. Warnanya berasal dari ganggang hijau dan lumut.

Untuk membuktikan bahwa airnya benar-benar hijau, beberapa warga setempat melakukan percobaan. Seorang warga mengambil air dalam jumlah besar dan membawanya ke tempat yang jauh. Airnya dicek disana dan hasilnya masih hijau.

Ada beberapa wahana untuk anak-anak di sungai ini. Wahana permainannya berupa papan loncat dan jembatan kayu. Kalau kesini belum lengkap kalau tidak berenang. Kesegaran airnya langsung terasa di tubuh. Hal ini memungkinkan kelelahan tubuh hilang.

Piknik di Sungai Hijau

Piknik keluarga di Sungai HijauPiknik keluarga di Sungai HijauSelain berenang, pengunjung juga bisa piknik atau mendirikan tenda di tempat piknik yang telah ditentukan. Foto: Google Map/12_Riga Aryadi Pratama

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan di Sungai Hijau adalah piknik. Suasana alam yang sejuk dan asri membuat piknik semakin menyenangkan. Ada banyak ruang terbuka hijau di sini. Pengunjung bisa menggelar tikar atau mendirikan tenda di sana.

Temani piknik Anda dengan jajanan dan makanan yang dibawa atau dibeli dari warung-warung sekitar sungai. Selain makanan, pengunjung juga bisa membawa sendiri Permainan papan bermain dengan keluarga. Bermain membuat piknik semakin menyenangkan.

Sungai Hijau adalah tempat yang cocok untuk bersantai

Pepohonan di kawasan sungai hijauPepohonan di kawasan sungai hijauSungai yang hijau cocok dijadikan tempat bersantai karena suasananya sejuk dan rindang. Foto: Google Map/12_Riga Aryadi Pratama

Jika tidak ingin berenang, Anda juga bisa berjalan-jalan di sini dan menikmati pemandangan alam. Daerah sungai ditumbuhi pohon karet dan pohon lainnya. Meski panas, pengunjung tidak akan kepanasan karena dilindungi oleh dedaunan yang rimbun. Kawasan sungai ini cukup panjang, sekitar 400 meter dan bisa menjadi kawasan yang menarik untuk dilalui.

Selain berjalan kaki, Anda juga bisa menikmati pemandangan sambil duduk-duduk di gazebo. Pemandangan air sungai yang jernih juga mampu menaklukan pikiran. Suasana menenangkan semakin diperkuat dengan gemericik air sungai yang terdengar selama berkunjung ke sini.

Area foto di sekitar sungai

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengambil foto saat berkunjung ke sini. Pemandangan sungai dan pepohonan bisa menjadi latar foto yang indah. Tempat pertama yang bagus untuk mengambil foto adalah tepian sungai dengan latar belakang pepohonan.

Gaya foto yang bisa diambil di sini adalah pose duduk dan mencelupkan kaki ke dalam sungai. Area sungai juga dihiasi dengan botol-botol plastik bercat cerah yang digantung di antara pepohonan. Dekorasi ini dapat mempercantik foto yang diambil di sungai ini.

Ada pula replika sayap kupu-kupu yang sengaja dibuat pihak pengelola sebagai properti foto. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto sambil terjun ke dalam kolam renang.

Terdapat jembatan kayu dengan pegangan bercat kuning dan merah. Ada juga jembatan yang pegangannya dicat biru dan dihiasi ban bercat merah putih.

Bagian tengah jembatan ini bisa dijadikan sebagai area berfoto bagi pengunjung. Lokasi foto lainnya ada di kolam renang. Ambil foto keluarga atau teman saat berenang atau melompat dari menara. Pemandangan taman juga bisa dijadikan spot foto yang indah.

Perabot

Sungai Hijau telah memiliki beberapa fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain toilet, kamar mandi, ruang ganti, pendopo, dan musala. Ada juga pilihan persewaan ban renang dan warung makan. Terdapat papan loncat, perosotan, dan jembatan kayu di Sungai III. Bagi yang datang membawa mobil, tersedia tempat parkir yang cukup luas.

Lokasi Sungai Hijau

Sungai Hijau terletak di Desa Salo Kecil, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau. Jalan di sini masih belum beraspal dan belum beraspal. Jika Anda berangkat dari Pekanbaru, perjalanan memakan waktu kurang lebih dua jam. Ada dua jalur untuk menuju kawasan wisata ini.

Jalur pertama melalui Bangkinang dan selanjutnya menuju Monumen Batu Belah. Dari tugu belok kiri hingga mencapai Komplek Kantor Pemerintahan Kabupaten Kampar. Tanda yang menunjukkan lokasi Sungai Hijau terletak jauh dari kompleks.

Lalu jalur kedua lewat Bangkinang dan selanjutnya ke Jalan Ahmad Yani. Dari situ jalan berlanjut ke Tuanku Tambusai. Sungai Hijau tidak jauh dari tempat ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button