Tempat Wisata

Harga Tiket Kedungjati Oya Valley dan Aktivitas Serunya

LEMBAH OYA KEDUNGJATI
Tiket masuk: Bebas
Jam buka: 24 jam
Nomor telepon: 0838-6640-1256
Alamat: Kedung Jati, Selopamioro, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782

Daerah Imogiri dan Dlingo di Kabupaten Bantul memang merupakan daerah yang paling signifikan dalam sektor pariwisata. Beberapa tahun belakangan ini, bermunculan sejumlah tempat wisata, terutama wisata gunung yang menawarkan pemandangan alam dan matahari terbit yang indah.

Akhir-akhir ini pariwisata semakin meningkat di sepanjang Sungai Oya di Kecamatan Imogiri. Ada sejumlah wisata baru yang bermunculan di kawasan tersebut. Salah satunya adalah lembah Oya Kedungjati yang terletak di kecamatan Selopamioro.

Tujuan wisata di sungai ini menawarkan pemandangan dan kesan yang menakjubkan. Aliran sungai yang jernih dan hijau berpadu dengan perbukitan karst dengan bentuk yang unik menciptakan suguhan visual yang menyegarkan mata. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di sini.

Sungai Oya sendiri membentang sepanjang 106km dari Gunung Kidul hingga pantai selatan Jawa. Selain itu, ada juga sejumlah tempat wisata menarik lainnya di sekitar Lembah Oya Kedungjati seperti Desa Wisata Seri Keminut, Selopamioro Adventure Park, dll.

Biaya masuk ke lembah Kedungjati Oya

Destinasi wisata ini relatif murah, bahkan tidak memungut pajak. Kecuali jika Anda ingin berkemah atau menikmati permainan seperti kano. Berikut adalah daftar harganya

JENIS TIKET HARGA
tiket masuk Bebas
Taman Rp3.000
perjalanan kano 10.000 Rp
berkemah 10.000 Rp

Perabot

Meskipun Lembah Oyo sudah ada sejak lama, namun baru-baru ini dikembangkan sebagai tujuan wisata. Jadi pilihannya masih terbatas. Ada tempat parkir, bumi perkemahan, area kano, dan penjual makanan yang menjual bakso, mie instan, dan beberapa minuman.

jam buka

jam operasi
Sehari-hari 24 jam

Aktivitas seru di Lembah Oya Kedungjati

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan pengunjung, terutama yang berkaitan dengan kegiatan di luar ruangan. Selain menikmati keindahan Sungai Oya dan perbukitan di sekitarnya, Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut:

Naik kano

Perjalanan kano di lembah Oya, Kedung Jati via ig @lembahoyo_kedungjatiPerjalanan kano di lembah Oya, Kedung Jati via ig @lembahoyo_kedungjati

Inilah yang sedang viral di media sosial, baik di TikTok maupun Instagram. Kano ini bisa dikemudikan oleh 2 orang, sehingga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama pasangan. Di TikTok pun viral karena disebut Vibes, mirip dengan film My Heart yang diperankan oleh Acha Septriasa dan Irwansyah.

Ini cocok untuk mereka yang senang membuat konten video pendek untuk Tiktok dan Reels. Anda juga akan mendapatkan pelampung nanti, jadi jangan khawatir jika pelampungnya terbalik.

Ciblon

Kegiatan seru lainnya tentu saja Ciblon yang artinya berenang di sungai. Ada Kedung, atau bagian dari sungai, yang cukup dalam dan lebar untuk digunakan berenang. Anda bahkan bisa melompat dari bebatuan di tepi sungai. Kegiatan ini akan menyenangkan ketika Anda berkumpul dengan teman-teman.

berkemah

Perkemahan di Selopamioro ImogiriPerkemahan di Selopamioro Imogiri

Ada area yang bisa digunakan untuk berkemah. Berkemah di tepi sungai bisa menjadi pilihan seru lainnya selain berkemah di pegunungan. Ada juga peralatan berkemah yang bisa Anda sewa dengan harga terjangkau.

Lokasi lembah Oya Kedungjati

Seperti namanya, alamatnya berada di Dusun Kedung Jati, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY. Akses kesana dari kota jogja bisa melalui jalan imogiri selatan, melewati pasar imogiri dan sriharjo lalu terus ke desa selopamioro. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membuka Google Maps disini.

Itu tadi informasi wisata Lembah Oya Kedungjati yang sedang viral saat ini. Yuk, ajak sahabatmu untuk mencoba destinasi wisata seru di Bantul ini.

Source: travelandword.com

Related Articles

Back to top button