Tempat Wisata

Harga Tiket Masuk CURUG PUTRI KENCANA dan Kegiatan Agustus 2023

Air Terjun Putri Kencana Biaya masuk: 12.500 hingga 25.000 rupiah. Jam buka: 07.00 – 17.00. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

Air Terjun Putri Kencana merupakan salah satu air terjun yang ada di Bogor. Air terjun ini pernah ditayangkan oleh stasiun TV swasta sebagai destinasi wisata alam yang menarik. Jangan salah, tempat wisata ini menawarkan keindahan alam sekaligus berbagai aktivitas outdoor yang menantang.

Biaya masuk ke Air Terjun Putri Kencana

Tiket masuk kawasan wisata Air Terjun untuk anak-anak dan dewasa tidak berbeda harganya. Hal yang sama berlaku untuk harga tiket pada hari kerja dan akhir pekan. Tidak ada biaya masuk untuk anak kecil.

Biaya masuk
Tiket dewasa 25.000 Rp
Tiket masuk untuk anak-anak 12.500 Rp

Baca: Tiket dan Aktivitas CURUG LEUWI HEJO

jam operasi

Kawasan wisata air terjun ini buka setiap hari. Tidak disarankan mengunjungi tempat ini saat musim hujan karena akses menuju air terjun terlalu licin dan berbahaya serta arus air yang terlalu kencang. Untuk alasan keamanan lebih baik datang pada musim kemarau.

jam buka
Selasa Jumat 07.00 – 17.00 WIB
Senin Sabtu 07.30 – 17.00 WIB
Minggu 08.00 – 17.00 WIB

Daya tarik Air Terjun Putri Kencana

Gerbang utama Air Terjun Putri KencanaPintu masuk Wana Wisata Curug Putri Kencana – Foto: Google Maps/ranny run.away 0809

Air Terjun Putri Kencana terletak di kawasan wisata Gunung Pancar. Pada musim kemarau, airnya yang bersih dan jernih membuat wisatawan dapat melihat dengan jelas dasar sungai dari atas permukaan air. Suasana alam yang masih asri sangat menyejukkan hati.

Air terjun ini dinamakan Putri Kencana karena terkait dengan mitos yang berkembang di sana. Menurut warga setempat, penampakan wanita cantik bak putri dan kereta emas sering terlihat pada malam Jumat. Meski ada cerita mistis yang terkait dengan air terjun ini, namun tidak mengurangi kunjungan wisatawan yang penasaran akan keindahannya.

Kesaktian Air Terjun Putri Kencana

Pemandangan air terjun Putri KencanaAir terjun Putri Kencana diapit tebing batu dan memiliki pancaran air yang jernih – Foto: Google Maps/nhazz mad

Air Terjun Putri Kencana merupakan air terjun yang tingginya sekitar 7 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing tinggi dan hutan liar. Airnya dikenal berwarna biru kehijauan dan sangat jernih. Suara berbagai satwa liar seperti kicauan burung menghiasi kawasan ini dan membuat setiap orang yang datang merasa menyatu dengan alam.

Baca: Tiket Masuk CURUG CIPAMINGKIS dan Berbagai Aktivitas Serunya

Air sungai yang mengalir dari air terjun hanya setinggi satu kaki. Aliran airnya yang jernih membuat pengunjung dapat melihat permukaan dengan jelas. Namun, danau di sekitarnya bisa mencapai kedalaman 4-6 meter. Perenang pemula harus berhati-hati agar tidak bermain air di air terjun.

Kegiatan di Air Terjun Putri Kencana

Pengunjung dapat menyewa pelampung di Air Terjun Putri KencanaMenikmati keindahan kawasan sekitar air terjun, bersantai di atas pelampung – Foto: Google Maps/muchtarom Ridho

Tebing bebatuan yang mengapit air terjun sangat cocok bagi pengunjung yang menyukainya Loncat tebing. Untuk mencapai tebing tertinggi di samping air terjun, pengunjung harus sedikit menapaki jalan setapak dan berjalan kaki sampai ke jembatan. Jika nyali Anda kurang kuat, lebih baik memilih bebatuan besar di sekitar danau sebagai perhentian Loncat tebing.

Jika tidak menyukai aktivitas yang menantang, pengunjung bisa sekedar bersantai di danau atau bermain di sungai. Ada persewaan pelampung di sekitar air terjun yang menawarkan pelampung berbagai bentuk dengan harga berbeda. Aliran air yang tenang dan alam terbuka yang mengelilinginya akan menghanyutkan rasa lelah dan menggantinya dengan rasa nyaman di hati.

Baca: Tiket dan Aktivitas CURUG BIDADARI

Ingin kegiatan yang lebih menarik? Pengunjung dapat menyewa pelampung dan mencoba aktivitas arung jeram. Menyusuri sungai secara perlahan sambil menikmati segarnya air tentu sangat menantang sekaligus menyenangkan.

Jika ingin bermalam, di sini tersedia petak-petak untuk camping yang bisa disewa. Ada juga berbagai jenis akomodasi dengan biaya yang berbeda.

Deret Curug dan Leuwi

Pengunjung menikmati Curug CintaAir terjun berbentuk hati di Curug Cinta – foto; Google Maps/AL_VI SQUY

Wana Wisata Curug Putri Kencana bukan sekedar air terjun. Mengikuti jalur pendakian menuju air terjun ini, pengunjung akan disuguhi berbagai air terjun dan sungai lainnya. Air terjun dan sungai juga bisa menjadi tempat rekreasi yang aman hanya untuk bermain air. Seri terdiri dari Leuwi Pariuk, Leuwi Demang, Leuwi Baliung, sampai Curug cinta spesial.

Leuwi Pariuk merupakan sungai kecil dengan air terjun yang tinggi. Sungai ini dihiasi dengan batu-batu besar yang tersebar di sekitar air terjun. Ketinggian air hanya sejengkal kaki. Tempat ini sangat cocok untuk berfoto bersama kerabat atau kolega.

Leuwi Demang dan Leuwi Baliung semakin luas. Leuwi Demang memiliki air terjun kecil dan sungai setinggi setengah betis orang dewasa. Bagi yang suka bermain air dan berenang, tempat ini sangat aman dan bisa menjadi pilihan.

Baca: Obyek Wisata CURUG HORDENG Sentul

Seri terakhir adalah Curug cinta Itu sekitar 30 menit berjalan kaki dari air terjun ini. Disebut “cinta” karena air terjun ini terbagi di tengah oleh batu sehingga terlihat seperti bentuk hati. Airnya tidak kalah jernih dari air terjun ini. Pengunjung bisa bermain air sepuasnya di sini.

Perabot

Fasilitas meliputi tempat parkir, toilet, mushola, penjual makanan dan persewaan pelampung. Ada juga tempat perkemahan, shelter dan kabin atau paviliun yang bisa disewa untuk istirahat dan relaksasi.

Lokasi Air Terjun Putri Kencana

Kawasan wisata air terjun ini terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini dapat dicapai dari Jakarta dalam waktu sekitar satu jam. Jalur pendakian mengikuti arah yang sama dengan jalur menuju tempat wisata Jungle Land dan Hutan Pinus Gunung Pancar.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button